Sumber: Freepik

Website – Terdapat berbagai jenis produk perbankan yang ditawarkan oleh bank. Jika kamu menjadi nasabah di salah satu bank milik BUMN maupun swasta, secara otomatis kamu akan dibebankan beragam biaya administrasi, lho.

Biaya administrasi dalam perbankan merupakan biaya yang dibebankan oleh bank kepada nasabah atau pemegang rekening di bank tersebut.

Besaran biaya admin yang beragam disesuaikan dengan produk dan layanan yang ditawarkan dan dikenakan nominal yang berbeda di setiap bank. 

Banyaknya produk perbankan yang ditawarkan oleh bank, biasanya memiliki keunggulan dan sering kali disertai dengan promo yang menarik. 

Namun, meskipun banyak keunggulan dan juga promosi yang menarik, jangan lupa yah ada sejumlah biaya yang akan kamu tanggung, lho

Nah, pada pembahasan berikut ini akan dijelaskan rincian besaran  beban administrasi yang dikenakan oleh beberapa bank BUMN kepada nasabahnya. Apakah kamu salah satu nasabah bank BUMN? Yuk, simak rincian biaya adminyang perlu kamu ketahui.

Biaya Administrasi Bank Negara Indonesia (BNI)

Bank Negara Indonesia atau Bank BNI merupakan salah satu bank yang dimiliki oleh BUMN. Berikut ini adalah biaya admin bank BNI, yakni:

  • Kartu Debit BNI

Bank Negara Indonesia memiliki beragam kartu debit yakni,  kartu debit Silver, Gold, dan Platinum. Kartu debit BNI merupakan salah satu jenis fasilitas yang diberikan untuk nasabah BNI. Berikut ini adalah jenis kartu debit BNI dan biaya administrasinya:

1. BNI Mastercard Silver

Jika kamu menginginkan biaya admin yang murah, maka kamu dapat memilih kartu debit jenis ini. Biaya kartu ATM BNI Mastercard Silver dikenakan biaya Rp4.000 setiap bulannya dengan tunggakan biaya admin Rp10.000. 

2. BNI Mastercard Gold

Biaya admin kartu BNI Mastercard Gold yaitu Rp7.500 per bulan dengan denda tunggakan biaya admin Rp10.000. Biaya admin kartu ini lebih mahal dibandingkan dengan BNI Mastercard Silver namun terdapat beberapa keuntungan yang diperoleh nasabah jika menggunakan kartu ATM ini. 

3. BNI Mastercard Platinum

Dengan kartu BNI Mastercard Platinum, nasabah dikenakan biaya admin yang lebih besar, yaitu Rp10.000 setiap bulan dengan denda tunggakan biaya admin sebesar Rp10.000.

Selain itu, layanan nasabah bank BNI lainnya juga dikenakan biaya admin, lho. Dibawah ini adalah rincian biaya admin layanan bank BNI. 

Jenis Layanan Biaya Administrasi
Transfer antar bank menggunakan SMS Banking Rp6.500
RTGS Rp25.000
Kliring Rp5.000
Pembayaran kartu kredit bank lain Rp7.500

Biaya Administrasi Bank Mandiri

Bank Mandiri merupakan bank BUMN terbesar di Indonesia. Bank  Mandiri juga memiliki beragam produk dan juga layanan perbankan, oleh karena itu bank ini juga memiliki beragam besaran biaya administrasi untuk layanan perbankan yang diberikan. 

Biaya admin rekening yang dibebankan untuk nasabah bank BUMN ini adalah sebesar Rp12.500 setiap bulannya, dengan biaya admin kartu ATM yakni Rp4.500 sampai dengan Rp8.500 setiap bulannya tergantung dari jenis kartu yang digunakan oleh nasabah.

Jenis Layanan Biaya Administrasi
Penutupan rekening Rp50.000
Penarikan <Rp10 juta di teller Rp10.000 per transaksi
Penggantian buku tabungan haji mandiri karena rusak  Rp5.000
Penggantian buku tabungan haji mandiri karena hilang Rp15.000
Biaya permintaan rekening koran di luar rekening koran triwulanan tabungan rencana mandiri Rp2.500
Denda penalti pembatalan sebelum jatuh tempo tabungan rencana mandiri Rp150.000

Berikut ini adalah biaya admin e-banking Bank Mandiri, yakni:

Jenis Layanan Internet Banking SMS Banking Phone Banking
Kliring antar bank Rp5.000 Rp2.500
RTGS antar bank Rp15.000 Rp15.000
Pembayaran kartu kredit bank lain Rp7.500 Rp7.500 Rp7.500
Pembayaran PLN Rp3.500 Rp3.500 Rp3.500
Pembayaran PBB Rp2.500 Rp2.500 Rp2.500
Pembayaran PGN Rp2.500
Token Mandiri pertama kali Rp20.000

Biaya Administrasi Bank Tabungan Negara (BTN)

Bank Tabungan Negara juga merupakan salah satu bank BUMN.  Bank BTN memiliki komitmen untuk menjadi bank pemerintah  yang melayani dan juga mendukung pembiayaan di sektor perumahan, perbankan, bisnis dan juga syariah.

Biaya administrasi kartu ATM bank BTN adalah:

Jenis Layanan Jaringan ATM BTN Jaringan ATM Bersama Jaringan ATM Link Jaringan ATM Visa dan Plus
Cek Saldo Rp4.500 Rp4.000
Tarik Tunai Rp7.500 Rp30.000
Transfer Antar bank Rp6.500 Rp6.500 Rp4.000

Terdapat beberapa jenis tabungan layanan perbankan yang ditawarkan oleh bank BTN tentunya dengan beragam biaya admin yang dibebankan kepada nasabah. 

Berikut ini adalah beberapa jenis layanan tabungan BTN dan juga rincian biaya administrasinya, antara lain:

  • BTN Batara
Jenis Layanan Biaya Administrasi
Biaya administrasi per bulan Rp12.500
Penutupan Rekening Rp50.000
Penggantian buku tabungan  Rp15.000
Cetak rekening koran Rp5.000 per lembar
Penggantian kartu debit Rp15.000
Denda saldo minimal Rp5.000
  • BTN Cermat

Tabungan BTN Cermat hanya dikenakan biaya penutupan rekening sebesar Rp5.000.

  • BTN Pensiunan
Jenis Layanan Biaya Administrasi
Biaya penarikan habis Rp10.000
Penggantian buku tabungan  Rp10.000
Biaya administrasi per bulan Rp2.000

Biaya Administrasi Bank Rakyat Indonesia (BRI) 

Bank Rakyat Indonesia adalah bank yang sangat populer di kalangan masyarakat, terutama masyarakat di pedesaan  karena BRI adalah bank BUMN yang menjangkau masyarakat dan dapat ditemui hingga di pedesaan. 

Sama halnya dengan bank BUMN lainnya, nasabah BRI juga dikenakan biaya administrasi untuk setiap layanan perbankan yang diterima. Berikut ini adalah rincian biaya administrasi Bank Rakyat Indonesia, yakni:

Jenis Layanan Biaya Administrasi
Biaya administrasi per bulan dengan saldo <Rp10 Juta  Rp11.000
Biaya administrasi per bulan dengan saldo >Rp10 Juta Rp12.000
Biaya kartu bulanan Classic  Rp2.000
Biaya kartu bulanan Gold Rp6.500 
Transfer antar bank Rp6.500
Penarikan di teller Rp10.000
Tutup rekening  Rp50.000
Penggantian buku karena rusak Rp25.000

Dengan mengetahui informasi mengenai biaya administrasi pada bank-bank BUMN di atas, kamu akan lebih mudah memutuskan untuk memilih jenis tabungan maupun bank yang cocok untukmu. 

Kamu dapat memilih rekening dengan biaya dan juga keunggulan dari layanan perbankan setiap bank. Pastikan kamu memilih yang sesuai dengan fasilitas yang kamu inginkan dan juga biaya yang tidak memberatkanmu yah. 

Sama halnya dengan pilihan aplikasi investasi, lho. Meskipun saat ini sangat banyak  pilihan yang ditawarkan, namun kamu harus memilih aplikasi investasi yang aman dan terpercaya.

Nah, Ajaib adalah aplikasi investasi yang terpercaya karena terdaftar dan diawasi oleh OJK sehingga aman untuk kamu berinvestasi. Kamu dapat download aplikasi Ajaib di smartphone favoritmu, tunggu apalagi?

Sumber: Bank Mandiri – Tarif Layanan, BNI – E-Banking, Kartu ATM / Debit BTN, Biaya Admin BTN 2021 : BTN Batara, Juara & TabunganKu, Ini Rincian Biaya Admin Bank BRI Britama dan Simpedes Terbaru, dan Banking Services, dengan perubahan seperlunya.

via ajaib