pengertian relationship officer

<div>Mengenal Tugas & Tanggung Jawab Client Relationship Officer</div>

Website – Bagi kamu yang sedang mencari lowongan kerja dan ingin terjun di dunia perbankan, pasti kamu sering menemukan posisi untuk client relationship officer atau customer relationship officer. Tapi apa sebenarnya pengertian relationship officer itu dan apa tugasnya? Jika kamu penasaran, simak ulasan redaksi Ajaib berikut ini mengenai pengertian relationship officer.

Pengertian Relationship Officer

Dalam sebuah dunia perbankan, pengkreditan bahkan dalam usaha koperasi sekalipun sering ada yang namanya lowongan pekerjaan untuk posisi relationship officer. Pengertian relationship officer adalah sebuah posisi pekerjaan dalam perusahaan keuangan atau perbankan yang mana terlibat langsung dalam dunia marketing atau penjualan.

Jika dilihat secara dalam, arti dari relationshiop officer adalah sebuah posisi dengan tugas membangun hubungan yang mana merupakan sebuah cara dalam menjaga sebuah bentuk hubungan baik. Sedangkan arti dari kata customer/client relationship officer adalah posisi atau divisi yang bertugas untuk menjaga hubungan baik dengan nasabah perusahaan dalam dunia perbankan, baik secara internal perusahaan maupun dalam ekternal di perusahaan.

Adapun beberapa perusahaan keuangan atau perbankan yang menggunakan istilah lain daripada relationship officer yakni, business relationship officer dan credit analyst officer.

Hanya saja nama ini pada dasarnya juga memiliki arti yang sama seperti relationship officer pada umumnya. Perlu kamu tahu, relationship officer juga sering dikategorikan termasuk ke dalam marketing officer dan juga pekerjaan salesman officer yang bergantung daripada bisnis perusahaan dan juga aktivitas penjualan produk perusahaan yang mengurus pekerjaan dalam relationship management.

Tugas Relationship Office

Nah, lalu setelah mengetahui apa itu relationship office, kini kamu mungkin bertanya-tanya apa itu tugas dari relationship officer? Berikut penjelasannya :

1. Melakukan Analisis Potensi Pasar

Relationshiop officer juga memliki tugas dan tanggungjawan dalam melakukan analisis potensi pasar yang mana ini dilakukan untuk mengetahui segemen pasar yang potensial berdasarkan kategori-kategori tertentu, misalkan usia, pendidikan, pekerjaan dan lain sebagainya,

2. Membantu Pekerjaan Sales dan Marketing

Relationship officer juga memiliki peran dalam tugas dan tanggung jawab sebagai sales dan marketing. Bagi perusahaan yang kecil biasanya posisi relationship officer juga disebut sebagai pekerja yang merupakan ujung tombak perusahaan.

Namun demikian, ada juga yang memisahkan antara kedua jabatan atau posisi ini. Misalkan relationship officer yang biasanya membantu sales dan marketing untuk untuk tujuan dan target penjualan produk yang sama.

3. Menjembatani Hubungan Baik

Relationship officer juga bertugan menjaga hubungan baik antara perusahaan dan juga nasabah. Relationshio officer selaku penghubung antara perusahaan dan nasabah akan menjadi perwakilan bila mana terjadi sebuah komunikasi yang terhambat atau miskomunikasi.

4. Mengenalkan Produk

Relationship office juga mengenalkan produk kepada konsumen. Hal ini tentunya tak berbeda dengan marketing officer tentunya, Dalam melakukan sebuah usaha pengenalan produk kredit pada konsumen dan produk lainnya kepada nasabah potensial, seorang relationship officer memiliki kedudukan yang sama dengan sales atau marketing.

5. Mencapai Target yang Telah Ditentukan

Seorang relationship officer pada dasarnya juga memiliki target yang harus dilakukan layaknya sebuah perusahaan yang menerapkan program evaluasi pegawai sebagai ujung tombak pada sebuah perusahaan, maka dari itu akan selalu ada target yang ditetapkan perusahaan kepada karyawan dengan jabatan relationship officer. Target ini tentunya harus dicapai bersama dengan divisi daripada sales dan marketing secara bersama sama dalam jangka waktu tertentu.

6. Analisis Risiko Bisnis Kredit

Seorang relationship officer juga harus pintar dalam menganalisis pengkreditan seorang customer atau nasabah. relationship officer juga harus bisa melakukan analisis setiap nasabah potensial dan perusahaan lainnya dalam risiko bisnis untuk pembayaran kredit kedepannya.

Skill yang Harus Dimiliki Seorang Relationship Officer

Selanjutnya ada beberapa skil yang harus dimiliki seorang relationship officer. Skill ini penting untuk memudahkan seorang relationship officer dalam memperoleh target konsumen yang ditetapkan perusahaan. Antara lain :

1. Menguasai Produk Perusahaan

Penguasaan produk adalah hal terpenting dalam profesi relationship officer. Dengan penguasaan produk seorang relationship officer akan lebih mudah dalam melayani konsumen dan mampu menjawab apapun pertanyaan dan kendala konsumen.

2. Bisa Menjaga Sikap dan Perilaku

Seorang relationship officer bekerja untuk memasarkan produk perusahaan. Untuk menjaring konsumen tentunya seorang relationship officer harus menjaga sikap ramah dan prilaku sopan santun dalam menghadapi konsumen. Hal ini karena konsumen merupakan raja, maka servis yang loyal akan meningkatkan kepuasan konsumen, ini akan meningkatkan jumlah konsumen kamu dan juga target kamu.

3. Menguasai Komputer dan Software

Skill yang sangat dibutuhkan oleh seorang relationship officer adalah skill penguasaan komputer dan software. Dengan menguasai komputer dan software maka kamu akan lebih mudah dalam memasarkan produk kamu. Apalagi saat ini zamannya digital dimana segala sesuatunya harus menggunakan teknologi. Penguasaan teknologi merupakan nilai plus bagi kamu seorang relationship officer.

4. Menguasai Analisis Risiko Bisnis

Seorang relationship officer juga harus menguasai analisis risiko bisnis. Degnan penguasaan ini, maka kamu sekaligus akan mengurangi beban konsumen dalam memberikan complain dan keluah atas produk perbankan yang kamu pasarkan. Oleh sebab itu, penguasaan analisis risiko bisnis sangat perlu kamu miliki untuk posisi relationship officer.

5. Skill Public Speaking yang Baik

Hal terakhir yang paling penting adalah penguasaan public speaking yang kamu miliki. Dengan penguasaan public speaking, maka kamu otomatis akan lebih mudah dalam menarik minat konsumen. Kepiawaian kamu dalam public speaking secara tidak langsung akan menimbulkan rasa kepercayaan konsumen tehadap produk perbankan yang kamu tawarkan.

Dengan begitu, maka public speaking sekaligus membantu kamu dalam meningkatkan jumlah konsumen sekaligus meudahkan kamu dalam mendapatkan target konsumen yang ditetapkan oleh perusahaan kamu.

Itulah beberapa pengertian dari pekerjaan relationship officer. Jika kamu masih penasarang dengan berbagai artikel mengenai perbankan, pekerjaan dan lain sebagainya kamu bisa mengunjungi halaman Ajaib atau men-download aplikasi Ajaib. kamu juga bisa mulai belajar investasi dengan mudah.

Bukan hanya belajar dan update informasi, di Ajaib kamu juga bisa memulai investasi kapan dan di mana saja. Di sini, kamu bisa memilih instrumen investasi reksa dana maupun saham dengan mudah, cepat, dan aman.

Hanya dengan modal mulai dari Rp10 ribu, kamu sudah bisa memulai investasi reksa dana, dan Rp100 ribu untuk memulai investasi saham. Jadi tunggu apalagi? Yuk pilih instrumen investasi sesuai karakteristik kamu sekarang! Selamat mencoba!

via ajaib