JAKARTA, – Kucing memiliki perilaku yang lucu, salah satunya suka bersembunyi. Kucing yang masih kecil paling senang melakukan perilaku ini. 

Melansir dari Cuteness, Senin (6/9/2021), bersembunyi adalah perilaku alami yang biasa dilakukan kucing, baik kucing peliharaan maupun kucing liar. 

Baca juga: 10 Penyebab Kucing Tidur Lebih Sering dari Biasanya

Sebagian besar perilaku ini dilakukan sebagai upaya untuk tetap aman dari potensi bahaya. Taktik bertahan hidup ini tak terlepas dari nenek moyang kucing peliharaan yang diyakini sebagai kucing liar atau macan tutul Afrika Utara atau Asia Tenggara menurut The Library of Congress.

Kucing liar secara alami mencari perlindungan di kandang sehingga memungkinkannya untuk tidak terlihat dan dijangkau oleh pemangsa serta menjaganya terlindung dari kondisi cuaca buruk.  

Sementara itu, kucing rumahan atau peliharaan jelas menghadapi bahaya yang lebih kecil daripada kucing liar atau yang tinggal di luar ruangan.

Baca juga: 3 Cara agar Lebih Dekat dengan Kucing Peliharaan, Menurut Dokter Hewan

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun, kucing peliharaan mencari perlindungan dari pemicu stres seperti suara keras, pengunjung baru, atau saat berada di tempat yang tidak menyenangkan. 

Kucing juga dapat bersembunyi ketika mengalami kesakitan atau menderita penyakit. Hal ini dilakukan kucing untuk menghemat energi.

Jika Anda memperhatikan kucing peliharaan tiba-tiba bersembunyi, pemeriksaan kesehatan umum mungkin perlu dilakukan.

Sedangkan, untuk kucing sehat yang bersembunyi, biarkan mereka bersembunyi sebagai upaya menikmati kesendirian. 

Baca juga: Kucing Tiba-tiba Nakal? Ini Penjelasan Dokter Hewan 

Tempat persembunyian kucing 

Banyak kucing rumahan merasa lebih nyaman meringkuk di sudut yang aman dan tenang daripada berbaring di tempat terbuka.

via Kompas