Manfaat Tomat untuk Kesehatan menurut Ahli Nutrisi


Tomat (Solanum lycopersicum syn. Lycopersicum esculentum) adalah tumbuhan dari keluarga Solanaceae, tumbuhan asli Amerika Tengah dan Selatan, dari Meksiko sampai Peru. Tomat merupakan tumbuhan siklus hidup singkat, dapat tumbuh setinggi 1 sampai 3 meter. Tomat sebagai sumber vitamin yang punya segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Karena itu buah yang sangat mudah didapat ini sebaiknya jangan sampai terlewat dari menu harian Anda. Manfaat Tomat untuk Kesehatan menurut Ahli Nutrisi dari amerika.

Ahli nutrisi asal New York, Cynthia Sass, mengatakan tidak ada salahnya mengonsumsi tomat dalam berbagai variasi. Misalnya dicampurkan dalam salad sayuran hingga diolah menjadi pasta spageti.

Inilah Manfaat Tomat untuk Kesehatan menurut Ahli Nutrisi

Lalu, apa sebenarnya manfaat menakjubkan dari tomat hingga kita perlu untuk mengonsumsinya? Dilansir dari Health, inilah tujuh manfaat yang bisa dipetik dari tomat menurut Cynthia Sass.

Tomat kaya akan vitamin

Satu buah tomat bisa memasok 40 persen kebutuhan harian minimum vitamin C. Selain itu, tomat mengandung vitamin A yang menjaga daya tahan tubuh, kesehatan mata, dan kesehatan kulit. Tomat juga punya vitamin K yang baik bagi tulang, kontraksi otot, dan menjaga kestabilan tekanan darah.

Tomat menjaga kesehatan mata

Kandungan likopen pada tomat juga berguna menjaga kesehatan mata. Lutein dan betakaroten pada tomat mencegah katarak dan penurunan penglihatan karena usia.

Tomat memperbaiki kualitas pencernaan

Manfaat Tomat untuk Kesehatan menurut Ahli Nutrisi

Serat dan cairan pada tomat ampuh mengatasi konstipasi. Namun pada sebagian orang yang punya perut sensitif, terlalu banyak makan tomat bisa memicu asam lambung.

Tomat menjaga kesehatan pasien diabetes

Orang dengan diabetes tipe dua disarankan rajin mengonsumsi tomat masak untuk menurunkan peroksidasi lemak. Reaksi tersebut berkaitan dengan radikal bebas yang meningkatkan risiko serangan jantung. Selama ini diabetes diketahui meningkatkan risiko strok dan penyakit jantung.

Tomat menjaga kesehatan jantung

Buah bernama latin Lycopersicum esculentum ini mengandung antioksidan yang disebut likopen dan membuat warnanya menjadi merah. Riset menyebut likopen mampu menjaga kesehatan jantung karena menjaga tekanan darah tetap stabil.

Baca juga :

 

Tomat menjaga kesehatan kulit

Studi yang dilakukan pada 2011 menemukan kombinasi pasta tomat dan minyak zaitun menjaga kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari. Campuran tersebut juga mendorong produksi kolagen yang menjaga kulit tetap kenyal dan awet muda.

Tomat melindungi dari serangan kanker

Lagi-lagi likopenlah yang punya peran penting dalam hal ini. Likopen mampu mencegah terjadinya kanker pada prostat, rahim, paru-paru, dan perut.

Itulah Manfaat Tomat untuk Kesehatan menurut Ahli Nutrisi. semoga Bermanfaat.


Pastikan Komentar