Manfaat Tempe Untuk Kesehatan


SoPasti.Com – Tempe adalah makanan yang sangat popular di Indonesia, hampir di semua tempat tak terlepas dari yang makanan satu ini. Karena makanan ini banyak disukai oleh masyarakat Indonesia. Inilah artikel Manfaat Tempe Untuk Kesehatan. Tempe terbuat dari fermentasi kacang kedelai . Meskipun tidak dikenal di luar diet vegetarian , perlahan-lahan menjadi populer.

Banyak orang yang mengolah makanan ini, karena seperti yang diketahui tempe memiliki kandungan protein nabati, vitamin B12 dan kalsium dan zat besi. Bahkan menurut para peneliti yang mengkaji pangan Indonesia menjelaskan bahwa kandungan vitamin B12 pada tempe bisa setara dengan daging, bahkan lebih dari itu, tergantung cara pembuatan dan pengolahannya, dilansir dari cnnindonesia.com (dimuat, 23/08/2018).

Manfaat Tempe Untuk Kesehatan

  • Enzim yang diproduksi dalam proses fermentasi istirahat dan sebagian mencerna minyak kedelai dan protein dan membuatnya lebih dapat diasimilasi.
  • Mensintesis vitamin B
  • Ini menghasilkan agen antibakteri alami yang bertindak sebagai antibiotik terhadap beberapa mikroorganisme berbahaya di usus.
  • Mengurangi risiko penyakit jantung
  • Membantu mencegah beberapa jenis kanker, terutama yang terkait dengan saluran pencernaan
  • Mengatur kadar gula darah
  • Mengandung antioksidan alami dan mengaktifkan vitamin E.
  • Ini mengandung mineral seperti kalium, mangan, magnesium, tembaga, besi, kalsium, dll.
  • Itu tidak mengandung kolesterol, karena ini adalah 100% sayuran, dan itu rendah lemak.
  • Ini memiliki kandungan serat yang tinggi
Manfaat Tempe Untuk Kesehatan
utamakankesehata.com

Cara sederhana untuk memasaknya adalah dengan memotongnya menjadi irisan tipis, goreng seperti keripik, atau di iris agak tebal digoreng biasa pakai minyak yang non kolesterol, maka akan lebih sehat. Ketika mengkonsumsi makanan apapun yang dibuat dengan kedelai, kita harus memastikan bahwa itu organik, karena saat ini sebagian besar adalah transgenik.

Vitamin

Para peneliti lainnya yang ada di Indonesia, seperti seorang ahli mikrobiologi yang bernama Antonius Suwanto. Dia menjelaskan bahwa tidak ada makanan nabati yang mengandung vitamin B12 yang sangat tinggi, kecuali tempe. Hal ini dikarenakan sebab tempe mengandung vitamin B12 yang tinggi berasal dari bakteri-bakteri baik yang berkembang pada tempe karena proses fermentasi, ditambah lagi bakteri tersebut berguna bagi imun tubuh manusia, dilansir dari cnnindonesia.com (23/08/2018).


Baca Juga:


Bahkan, hal baik yang dilansir dari manfaat.co.id (23/08/2018) bahwa manfaat tempe dapat menjadi “pembunuh” bakteri jahat di usus, menjadi zat antioksidan, dan merangsang perkembangan saraf otak. Manfaat tempe bahkan melebihi dari kandungan daging yang lebih dominan terhadap kolestrol yang tinggi.

Oleh karena itu, tempe adalah makanan yang sangat terjangkau, tentu bisa membuat anda makin sehat dan sangat berguna bagi tubuh, dan tentunya bisa setara dengan daging ataupun lebih dari itu, tergantung proses pembuatan dan pengolahannya.

Itulah Manfaat Tempe Untuk Kesehatan semoga bermanfaat.


Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.

Pastikan Komentar