Terkuak! Manfaat Teh Jahe Untuk Kesehatan


SoPasti.Com – Jahe telah digunakan selama ribuan tahun untuk rempah-rempah makanan dan mengobati penyakit. Jahe merupakan tanaman asli Asia dan berbunga tanaman Zingiberaceae keluarga. Akar, atau batang, menambah rasa untuk berbagai jenis masakan, tapi juga kuno obat herbal untuk berbagai penyakit. Mari kita simak Manfaat Teh Jahe Untuk Kesehatan.

Minum teh jahe dapat membantu dengan segala sesuatu dari mabuk sampai pencegahan kanker.

Manfaat Teh Jahe Untuk Kesehatan

Berikut adalah hanya beberapa dari manfaat teh jahe.

Mabuk

Pengobatan tradisional menunjukkan bahwa teh jahe dapat membantu menenangkan motion sickness dengan gejala seperti pusing, muntah, dan berkeringat dingin. Sebagian besar penelitian belum mampu menunjukkan efektivitas; obat mabuk dengan hasil terbaik.

Salah satu studi yang lebih lama memang menunjukkan bahwa jahe membantu mengurangi mabuk. Jika Sobat menderita mual di kendaraan yang bergerak, mencoba jahe mungkin membuat sobat lebih nyaman.

Mual dari morning sickness

Beberapa ahli percaya komponen aktif dalam jahe — minyak atsiri, dan senyawa fenol yang disebut gingerol — dapat membantu meredakan mual yang disebabkan oleh kehamilan, kemoterapi, atau operasi. (Konsultasikan dengan dokter sebelum menggunakan jahe setelah operasi, karena dapat mengganggu pembekuan.)

Para peneliti menyarankan bahwa jahe mungkin bermanfaat alternatif untuk tradisional obat anti-mual pada orang yang sedang hamil atau menjalani kemoterapi dan tidak dapat memiliki atau mentolerir obat standar.

Tekanan darah dan kesehatan jantung

Manfaat Teh Jahe Untuk Kesehatan
Bankitwangi

Penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi jahe dapat menjadi pelindung terhadap penyakit jantung. Manfaat lain dapat membantu:

  • menurunkan tekanan darah
  • mencegah serangan jantung
  • mencegah pembekuan darah
  • meredakan mulas
  • menurunkan kolesterol
  • meningkatkan sirkulasi darah

Berat badan dan kontrol gula darah

Studi dari Columbia University tahun 2012 yang melibatkan 10 pria kelebihan berat badan menemukan bahwa minum teh jahe panas (dalam hal ini, bubuk jahe yang dilarutkan dalam air panas) meningkatkan perasaan kenyang dan mengurangi rasa lapar.

Sebuah tinjauan penelitian menunjukkan bahwa jahe dapat efektif dalam mengelola obesitas. Namun, kebanyakan dari percobaan yang telah tikus studi, yang menunjukkan bahwa jahe dapat membantu mencegah obesitas dan obesitas berhubungan dengan komplikasi.

Jahe dapat membantu meningkatkan kontrol gula darah, mengurangi A1C, insulin, dan trigliserida antara orang-orang dengan diabetes tipe 2, beberapa penelitian menunjukkannya.

Nyeri

Jahe telah digunakan untuk mengobati peradangan selama berabad-abad dan praktek ini sekarang memiliki bukti ilmiah di balik itu. Hal ini telah ditunjukkan dalam beberapa studi untuk membantu mengurangi rasa sakit dari osteoarthritis lutut pada khususnya.

Teh jahe juga dapat membantu meringankan sakit kepala, kram menstruasi, nyeri otot, dan jenis lain dari nyeri.


Baca Juga :


Meningkatkan kekebalan tubuh dan pencegahan kanker

Hal ini diyakini bahwa antioksidan dalam jahe dapat membantu memperkuat kekebalan tubuh dan mengurangi stres. Menghirup uap dari teh jahe juga dapat membantu meredakan hidung tersumbat dan masalah pernapasan lainnya dari pilek atau alergi lingkungan.

Penelitian bahkan telah menunjukkan bahwa jahe dapat membantu mencegah kanker. Di laboratorium penelitian jahe telah terbukti untuk melawan beberapa jenis sel kanker, termasuk kanker pankreas dan kanker usus besar.

Efek samping

Minum teh jahe dapat memiliki efek samping, tetapi anda tidak mungkin untuk mengalami masalah kecuali jika anda mengkonsumsi jumlah yang sangat besar.

Orang-orang yang paling sering melaporkan gas, kembung, mulas, dan mual jahe-efek samping terkait. Karena jahe dapat menurunkan tekanan darah dan mungkin memiliki efek pengencer darah, orang-orang pada pengencer darah atau obat tekanan darah, harus berkonsultasi dengan dokter mereka sebelum mengkonsumsi tambahan jahe


Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.

Pastikan Komentar