Selain memiliki rasa yang segar, buah jeruk juga kaya akan vitamin yang baik bagi tubuh. Tak heran, buah berwarna oranye ini kerap dikonsumsi dalam bentuk jus maupun dimakan secara langsung. Bukan hanya itu, jeruk juga sering dijadikan sebagai bumbu masakan untuk menambah cita rasa. Inilah Manfaat Kulit Jeruk yang Tak Terduga.

Kalau Sobat makan jeruk, kamu apakan sih kulitnya? Pada umumnya orang biasanya akan langsung membuang begitu saja si kulit jeruk tersebut. Tanpa kamu sadari kalau vitamin dari kulit jeruk tersebut akan terbuang percuma, lho. Daging buah jeruk kaya akan vitamin C termasuk kulit jeruknya, tapi kandungan fitonutrien dan flavonoidnya tidak sebanyak pada kulit jeruk. Tahukah sobat, ternyata kulit jeruk juga tak kalah bermanfaat seperti daging buahnya?

Aroma harum dari kulit jeruk tak hanya mampu menghilangkan berbagai bau tak sedap, namun juga efektif untuk mengusir serangga. Tak perlu repot mengolahnya, hanya dengan memanfaatkan kulit utuhnya saja, maka kulit jeruk sudah bisa digunakan dalam berbagai hal.

Inilah Manfaat Kulit Jeruk yang Tak Terduga

Dilansir UCNews, berikut Manfaat Kulit Jeruk :

1. Atasi Tanda-Tanda Penuaan

Kulit jeruk kaya akan antioksidan yang dapat melawan radikal bebas dan mengatasi keriput. Kulit jeruk juga bermanfaat sebagai toner wajah yang sangat bagus. Cara membuatnya, campurkan 1 sendok makan bubuk kulit jeruk, madu dan oatmealsecukupnya. Aduk hingga rata lalu oleskan secara merata pada wajah Anda. Biarkan selama 30 menit lalu bilas dengan air dingin.

2. Memutihkan Gigi

Manfaat Kulit Jeruk yang Tak Terduga

Kesal dengan warna gigi yang menguning? Menggunakan kulit jeruk adalah jawaban yang tepat. Kulit jeruk mengandung senyawa yang disebut d-limonene, yang dapat membantu mengurangi warna kuning pada gigi yang disebabkan oleh berbagai hal. Gosok bagian dalam kulit jeruk pada gigi Anda selama 2-3 menit, lalu bilas. Lakukan hal ini dengan rutin dua kali sehari, maka gigi Anda akan kembali memutih.

3. Mengurangi Berat Badan

Vitamin C telah terbukti membantu menurunkan berat badan. Dalam proses diet Anda, ganti kopi atau soda yang sering Anda konsumsi dengan teh kulit jeruk. Keringkan beberapa kulit jeruk organik, di tempat sejuk dan kering. Masukan 1 sendok makan kulit kering dalam 1 cangkir air panas. Tutup gelas dan biarkan selama 10 menit. Buang kulitnya lalu tambahkan beberapa sendok madu. Minum 2 cangkir teh per hari secara rutin.

4. Hilangkan Ketombe

Memiliki rambut yang indah adalah dambaan setiap perempuan, untuk terhindar dari ketombe pun Anda dapat menggunakan kulit jeruk. Caranya, campurkan kulit jeruk rebus dengan air dan biarkan semalam. Oleskan cairan tersebut ke seluruh kulit kepala dan helaian rambut hingga merata untuk menghilangkan ketombe sekaligus membersihkan rambut.


Baca Juga :


5. Redakan Sakit kepala

Siapa sangka dari kulit jeruk dapat membantu Anda terhindar dari pusing atau depresi. Hal tersebut karena kulit jeruk sangat baik digunakan sebagai terapi aroma. Caranya pun mudah, Anda ambil kulit jeruk dan panaskan dalam microwave sejenak. Lalu keluarkan dan kulit jeruk akan memberikan aroma semerbak yang harum dan menenangkan. Terapi aroma dengan menghirup kulit jeruk dipercaya dapat mengatasi sakit kepala, cemas, dan depresi.

Itulah Manfaat Kulit Jeruk yang Tak Terduga. Jangan dibuang dulu ya sobat.