JAKARTA, - Kain berbahan mikrofiber tak hanya populer di kalangan ibu rumah tangga, tetapi juga para ahli kebersihan menyarankan menggunakan kain berbahan mikrofiber untuk membersihkan rumah.

Kemampuan menyerap dan menghilangkan bakteri membuat kain mikrofiber banyak digunakan untuk membersihkan rumah seperti permukaan jendela, meja dapur, bak mandi, bahkan lantai.

Baca juga: 5 Tips Membuat Kegiatan Membersihkan Rumah Menjadi Lebih Seru

Dilansir dari Today, Kamis (19/8/2021), menggunakan kain mikrofiber dapat membantu menghemat uang karena kain ini dapat digunakan kembali serta tahan lama.

Menurut Leslie Reichert, pelatih pembersihan ramah lingkungan, kain lap biasa memiliki serat hanya sekitar 50 ribu per inci persegi karenanya kurang maksimal untuk membersihkan rumah dan hanya bertahan selama 50 kali pencucian.

Baca juga: 10 Trik Membersihkan Rumah dengan Bahan-bahan di Dapur, Patut Ditiru 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun, kain lap mikrofiber mempunyai 3,1 juta serat per inci persegi dan bisa bertahan sebanyak 300 kali pencucian.

Selain itu, untuk mencuci kain, kamu tidak perlu menggunakan bahan kimia yang berbahaya bagi lingkungan, cukup air mengalir. 

Baca juga: Jangan Mencuci Kain Mikrofiber dengan Mesin Cuci, Kenapa?

Cara menggunakan lap mikrofiber

Karena memiliki jutaan serat, kain mikrofiber dapat dengan mudah mengikat dan menahan kotoran, minyak, cairan, dan bakteri yang ada pada permukaan keramik atau kaca.

Serat pada kain mikrofiber terdiri atas serat poliester bermuatan positif dan serat nilon bermuatan negatif yang benar-benar menarik apa pun pada permukaan yang dibersihkan. 

Baca juga: Ingat, Spons Cuci Piring Bisa Menampung Banyak Bakteri

Untuk memaksimalkan pembersihan, gunakan hanya satu sisi kain dalam satu waktu pembersihan.

Sedangkan, untuk membersihkan debu yang menempel, gunakan kain yang kering. Namun, untuk membersihkan permukaan, sebaiknya basahi kain terlebih dahulu.

Baca juga: 5 Trik Membersihkan Rumah dengan Cepat dan Praktis

via Kompas