MANFAAT BERPUASA


Halo sobat sopasti.com sebelum mengetahui Manfaat Berpuasa, tahukah sobat arti istilah puasa? Puasa adalah menahan diri dari makan dan minum serta segala perbuatan yang bisa membatalkan puasa, mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari, dengan syarat tertentu.

Pada saat puasa ramadhan sebenarnya yang terjadi adalah perubahan pola makan, dari semula tiga kali menjadi dua kali. Diperkirakan perubahan frekuensi makan ini secara kuantitatif menurunkan jumlah asupan gizi yang masuk ke dalam tubuh. Kebutuhan gizi saat berpuasa sebenarnya sama dengan ketika tidak sedang berpuasa. Namun, saat berpuasa tubuh tidak mendapat asupan gizi dalam jangka waktu yang cukup panjang yaitu sekitar 14 jam. Agar tubuh tetap dapat menjalankan fungsinya dengan baik, sel-sel tubuh harus mendapatkan zat gizi dalam jumlah yang cukup setiap saat.

Baca Juga : Cara Memasak Nasi Putih Pulen

Asupan gizi yang baik yaitu dengan memenuhi konsumsi makanan yang lengkap dan seimbang saat sahur dan berbuka puasa. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa puasa dapat merubah komposisi lemak tubuh yang ditandai dengan penurunan berat badan. Hal ini akan mempengaruhi status gizi  seseorang   setelah   menjalani  puasa  ramadhan   selama  satu  bulan.Oleh karena itu, kita harus bisa mengatur asupan makanan agar tubuh tetap memiliki energi saat tidak menerima asupan zat gizi saat puasa.

MANFAAT BERPUASA

  • Mengontrol berat badan

Berpuasa dapat membuat tubuh untuk lebih mudah menurunkan berat badan dengan akan makanan sehat secukupnya selama berpuasa. Berpuasa membuat usus-usus dalam tubuh akan lebih bersih sisa endapan makanan yang jika kadarnya berlebih dapat menjadi lemak dalam perut. Selain itu berpuasa juga memperbaiki sistem pencernaan kita, sehingga proses metabolisme menjadi lebih lancar.

  • Mengeluarkan racun dalam tubuh

Ketika tubuh memakan cadangan lemak untuk mendapatkan energi, cadangan lemak akan membakar setiap racun yang berbahaya dalam tubuh. Karena lemak tubuh terpakai maka sisa-sisa zat buangan atau racun yang terdapat dalam sel-sel lemak tubuh akan terurai dan terbuang dari tubuh.

MANFAAT BERPUASA

Baca juga : Benarkah, Manfaat Kopi Hijau Bikin Langsing?

  • Membantu menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah

Berpuasa memiliki dampak yang baik untuk kesehatan jantung, ketika berpuasa, tubuh melakukan peningkatan HDL dan penurunan LDL yang baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah.
Beberapa penelitian menyebutkan sebenarnya tidak terdapat perbedaan yang mencolok saat berpuasa dibandingkan saat tidak berpuasa. Saat berpuasa ternyata terjadi peningkatan HDL dan apoprotein alfa1. Penurunan LDL sendiri ternyata sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah. Beberapa penelitian “chronobiological” menunjukkan saat puasa Ramadhan berpengaruh terhadap ritme penurunan distribusi sirkadian dari suhu tubuh, hormon kortisol, melatonin dan glisemia. Berbagai perubahan yang meskipun ringan tersebut tampaknya juga berperan bagi peningkatan kesehatan manusia.

  • Menurunkan kadar kolesterol

Sebuah penelitian di Uni Emirat Arab menyimpulkan bahwa orang yang berpuasa terjadi pengurangan kadar kolesterol dalam darah. Kadar kolesterol rendah meningkatkan kesehatan jantung, sehingga dapat mengurangi risiko terserang penyakit jantung atau stroke. Terlebih lagi jika mengikuti program diet sehat, tingkat kolesterol pun dapat diturunkan dengan mudah. Ketika berpuasa, tubuh tidak hanya menggunakan glukosa sebagai sumber energi tubuh melainkan juga menggunakan lemak. Lemak tubuh yang dibakar dari penyimpanannya akan berpengaruh terhadap penurunan profil lipid tubuh.

  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Ketika berpuasa maka akan terjadi peningkatan Limfosit bahkan sampai 10 kali lipat dalam tubuh, hal ini dapat memberikan pengaruh yang besar dan baik terhadap sistem kekebalan tubuh, sehingga puasa dapat menghindarkan dari berbagai virus dari lingkungan luar/makanan yang tidak baik. Kendati keseluruhan sel darah putih tidak berubah ternyata sel T mengalami kenaikkan pesat. Pada penelitian terbaru menunjukkan bahwa terjadi penurunan kadar apo-betta, menaikkan kadar apo-alfa1 dibandingkan sebelum puasa. Kondisi tersebut dapat menjauhkan serangan penyakit jantung dan pembuluh darah.

Itulah Manfaat Berpuasa ya sobat, semoga kita menjadi semakin sehat.

Cak Toni


Pastikan Komentar