Tak ada yang lebih membahagiakan bagi umat muslim di seluruh dunia selain kehadiran bulan Ramadhan, bulan suci penuh ampunan. Segala amal ibadah pun akan dilipat gandakan pada bulan ini, hingga tak heran setiap umat manusia berlomba-lomba melakukan ibadah kepada Allah dan kebaikan pada sesama.

Hadirnya bulan Ramadhan juga membawa berkah tersendiri bagi para musisi. Di mana banyak musisi tanah air maupun mancanegara yang merilis lagu regili pada bulan Ramadhan. Kamu juga bisa download kumpulan lagu Ramadhan ini untuk menemani hari-harimu agar suasana religi lebih terasa di setiap waktumu.

Daftar Isi

  • Lagu Ramadhan Terbaru 2020-2021
    • 1. Bismillah Cinta – Ungu ft Lesti Kejora
    • 2. Khodijah Istri Nabi – Syakir Daulay
    • 3. Ampuni Dosaku – Inka Christie
    • 4. Semesta Bershalawat – Cici Paramida & Siti KDI
    • 5. Li Khamsatun: Antara Azab dan Ujian – Anisa Rahman (Anisa Sabyan)
    • 6. Sapu Jagad – Sabyan
    • 7. Allah Jagalah – Arif Afsyah
    • 8. Jangan Sampai Pasrah – Hanin Dhiya & Sabyan
    • 9. Menuju SurgaMu – Sigit Wardana
    • 10. Jalan Panjangku – Ungu
    • 11. Al Wabaa’ – Sabyan
  • Lagu Paling Populer Diputar Saat Ramadhan
    • 1. Marhaban Ya Ramadhan – Haddad Alwi
    • 2. Ramadhan Tiba – Opick
    • 3. Ramadan (English Version) – Maher Zein
    • 4. Ku Mohon – Afgan
  • Kesimpulan

Lagu Ramadhan Terbaru 2020-2021

Daftar lagu regili terbaru ini wajib masuk dalam play-listmu selama bulan Ramadhan.

1. Bismillah Cinta – Ungu ft Lesti Kejora

Kumpulan Lagu Ramadhan Terbaik dan Terbaru 2021

Setelah vakum cukup lama dari blantika musik Indonesia, Ungu kembali hadir dengan single terbarunya berjudul Bismillah Cinta. Single hasil kolaborasi dengan Lesti Kejora ini merupakan lagu religi dengan penyampaian yang cukup sederhana.

Lagu ini mengusung tema Ramadhan yang penuh suka cita di tengah pandemi dan cinta jarak jauh. Meski pesan yang disampaikan cukup ringan, namun nuansa Islami dari lagi ini sangat terasa.

2. Khodijah Istri Nabi – Syakir Daulay

ramadhan

Setelah sukses dengan single Aisyah Istri Rasulullah yang rilis pada 2020 lalu, di tahun ini pemain sinetron sekaligus penyanyi asal Aceh ini kembali meramaikan blantika musik religi Indonesia.

Menjelang Ramadhan tahun ini, Syakir Daulay merilis lagu berjudul Khodijah Istri Nabi. Tak jauh berbeda dengan versi Aisyah, lagu ini juga menceritakan tentang sosok agung Khodijah, istri tercinta Nabi Muhammad SAW.

3. Ampuni Dosaku – Inka Christie

Tak mau ketinggalan dengan musisi-musisi sebelumnya, lady rocker Indonesia, Inka Christie juga turut meramaikan Ramadhan tahun ini dengan singlenya yang berjudul Ampuni Dosaku.

Berbeda dengan lagu-lagu terdahulunya, kali ini Inka menampilkan lantunan lagu dengan sentuhan musik yang lebih lembut dan pelan. Cocok untuk menemani kamu menunggu waktu berbuka puasa.

4. Semesta Bershalawat – Cici Paramida & Siti KDI

Meski lebih terkenal sebagai penyanyi dangdut, namun dua bersaudara ini tampak begitu cocom menyanyikan lagu religi dengan makna mendalam.

Melalui lagu terbarunya yang berjudul Semesta Bersalawat, Cici Paramida dan Siti KDI mengajak seluruh umat muslim untuk sama-sama bersalawat pada Nabi Muhammad SAW.

5. Li Khamsatun: Antara Azab dan Ujian – Anisa Rahman (Anisa Sabyan)

ramadhan songs

Lagu religi dari Anisa Rahman atau yang lebih akrab disapa Anisa Sabyan yang rilis pada Ramadhan 2020 lalu ini juga wajib masuk dalam play-list musikmu.

Lagu yang mengisahkan suasana Ramadhan di tengah pandemi corona ini terdengar begitu lembut dan menyentuh. Pendengar seakan diajak untuk mengandalkan Tuhan YME dalam menghadapi kondisi ini, dan tentu tetap mematuhi protokol kesehatan demi keamanan bersama.

6. Sapu Jagad – Sabyan

kumpulan lagu

Kumpulan lagu Ramadhan berikutnya juga hadir dari band Sabyan. Lagu religi terbaru ini menyiratkan tentang kekhilafan yang memaksa seseorang melepas apa yang sudah dimilikinya selama ini.

Terlepas dari makna tersirat dari single yang rilis pada bulan Maret 2021 ini, lagu Sapu Jagad dibawakan dengan begitu lembut dan pastinya cocok didengarkan saat Ramadhan.

7. Allah Jagalah – Arif Afsyah

lagu ramadhan

Dalam rangka menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1442 H, penyanyi asal Sasak, Pasaman Barat ini merilis lagu bertajuk Allah Jagalah. Walaupun tak banyak mengisahkan tentang suka cita Ramadhan, namun lagu yang dibawahakn Arif Afsyah terdengar begitu apik.

Dalam lagu religi bernuansa roman ini, Arif Afsyah mengisahkan peran pria dalam mendukung wanitanya untuk meraih impiannya.

8. Jangan Sampai Pasrah – Hanin Dhiya & Sabyan

Lagu Religi

Awal tahun 2021 lalu, Sabyan Gambus bersama penyanyi muda Hanin Dhiya merilis lagu bertajuk Jangan Sampai Pasrah. Kolaborasi apik ini membuahkan lagu dengan alunan yang begitu merdu dan enak didengar.

Jangan Sampai Pasrah sendiri mengisahkan tentang hakikat kehidupan yang selalu diliputi dengan cobaan. Meski begitu, setiap orang harus tetap tegar, berusaha dan bersabar dalam menghadapinya.

9. Menuju SurgaMu – Sigit Wardana

lagu islami

Vokalis band Base Jam, Sigit Wardana juga sukses merilis lagu religi terbarunya yang bertemakan taubat. Lirik penuh makna pada lagu ini berhasil membuat setiap pendengarnya terbawa suasana dan tertegun.

Kisahnya yaitu tentang penyesalan seseorang terhadap dosa-dosanya di masa lalu, dan permohonan ampun serta petunjuk pada Allah agar bisa kembali ke jalan yang lurus.

10. Jalan Panjangku – Ungu

Lagu Ramadhan Ungu

Pada Ramadhan tahun lalu, Ungu merilis mini albun yang berisi 11 lagu, termasuk di dalamnya lagu religu berjudul Jalan Panjangku.

Sang gitaris, Enda Ungu menulis lagu ini dengan inspirasi dari kehidupan almarhum ayahnya. Di mana Enda mengenal ayahandanya sebagai sosok yang selalu mendedikasikan waktunya untuk Allah.

11. Al Wabaa’ – Sabyan

lagu ramadhan

Hadir sebagai band gambus, tak heran jika kumpulan lagu Ramadhan terbaik selalu didominasi oleh band yang terdiri dari tiga personil ini. Sesuai judulnya, Al Wabaa’ merupakan lagu religi yang mengisahkan tentang pandemi wabah Corona-19.

Seperti biasanya, lagu ciptaan kiboardis Sabyan, Ayus, ini juga dikemas dengan komposisi yang begitu lembut dan nyaman di telinga.

Lagu Paling Populer Diputar Saat Ramadhan

Selain kumpulan lagu Ramadhan terbaru di atas, sederet judul lagu Ramadhan terbaik sepanjang masa ini juga bisa kamu download dan wajib masuk masuk play-list MP3-mu.

1. Marhaban Ya Ramadhan – Haddad Alwi

Salah satu lagu terbaik dan terpopuler yang selalu terdengar setiap kali Ramadhan datang adalah Marhaban Ya Ramadhan. Dengan pembawaan yang ceria namun tetap penuh makna, lagu ini berhasil jadi favorit berbagai kalangan, orang dewasa, remaja bahkan anak-anak.

2. Ramadhan Tiba – Opick

Siapa sih yang tidak tahu lagu dari penyanyi religi ternama Indonesia ini? Sana seperti lagu sebelumnya, Ramadhan Tiba dari Opick juga selalu terdengar di berbagai media ketika Ramadhan tiba, seperti TV dan radio.

3. Ramadan (English Version) – Maher Zein

Menjadi salah satu penyanyi religi terbaik di dunia, Maher Zein juga sudah sangat populer di Indonesia. Termasuk lagu-lagunya yang seakan sudah begitu familiar di telinga masyarakat Indonesia, seperti single Ramadan.

4. Ku Mohon – Afgan

Penyanyi yang identik dengan kacamata dan suara lembutnya ini juga memiliki satu single religi yang masih populer hingga saat ini. Ku Mohon, merupakan salah satu lagu religi terbaik Afgan yang hadir dengan lirik sangat menyentuh.

Kesimpulan

Kumpulan lagu Ramadhan dari beberapa musisi kenamaan di atas bisa jadi musik terbaik untuk kamu dengarkan selama bulan suci Ramadhan.

Mulai dari lagu religi bertemakan roman, wabah Corona, taubat hingga single dengan pembawaan suka cita menyambut Ramadhan, semuanya menyiratkan pesan yang cukup mendalam.

Selain untuk memeriahkan Ramadhan, lagu-lagu religi di atas juga menjadi jembatan untuk mengetuk hati setiap umat muslim di Indonesia. Lirik-liriknya yang dalam seakan mengingatkan para pendengarnya untuk selalu kembali dan mengingat Allah Yang Maha Esa.

via deewezz