JAKARTA, —Kucing terkenal sebagai hewan peliharaan yang tenang dan juga mandiri. Namun terkadang, hewan menggemaskan ini juga bisa bertingkah nakal karena berbagai hal.

Dokter hewan Dr Katrina Warren, mengungkapkan bahwa perilaku nakal kucing yang tiba-tiba terjadi karena beberapa alasan.

Sebagai pemilik, kita bisa saja mengatasi perilaku tak biasa ini asalkan tahu alasnannya. Berikut adalah empat alasan mengapa kucing tiba-tiba nakal seperti dilansir dari Reader’s Digest, Minggu (5/9/2021).

Baca juga: Tips agar Kucing Tak Naik ke Meja

1. Sakit

Perubahan perilaku kucing sering kali disebabkan oleh masalah kesehatan. Rasa sakit dapat menyebabkan kucing berperilaku sangat berbeda.

Kita seringkali langsung menilai bahwa perubahan pada kucing adalah masalah perilaku, padahal hal itu bisa juga terjadi karena masalah medis.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jika kamu mengamati perubahan signifikan pada perilaku kucing, kunjungan ke dokter hewan adalah yang terbaik. Waspadai perubahan dalam makan, minum, atau kebiasaan membuang sampah sembarangan.

Terlebih jika kucing seringkali bersembunyi dan menghindari disentuh. Pastikan untuk melaporkan semua perubahan ke dokter hewan.

Ada banyak masalah kesehatan kucing yang dapat segera ditangani untuk meredakan gejala dan rasa sakit pada kucing.

2. Ada kucing yang lain

Perlu diingat bahwa kucing tidak suka berbagi atau mengantri. Berbagi banyak hal seperti baki kotoran dan mangkuk makanan dapat menyebabkan stres dan kecemasan bagi kebanyakan kucing.

Sebaiknya sediakan minimal kotak kotoran, makanan, mangkuk air, dan tempat tidur yang berbeda untuk setiap kucing. Bahkan lebih baik satu kotak kotoran untuk setiap kucing ditambah satu kotak, begitu pula beberapa tempat tidur dan tiang garukan tambahan.

Baca juga: Kenali, Ini 5 Tanda Kucing Sedang Marah

via Kompas