Website – Investor pemula mungkin jarang mendengar saham abba dan masih bertanya-tanya ABBA itu saham apa? Bagaimana kinerjanya, apakah menguntungkan jika dibeli? Nah untuk lebih jelasnya, di bawah ini kita akan membahas berbagai hal mengenai saham ABBA.

Saham ABBA dari PT Mahaka Media Tbk merupakan salah satu saham dari perusahaan milik Grup Mahaka yang didirikan oleh Menteri BUMN Erick Thohir. Meski sudah dikenal,

Mengenal Saham ABBA

PT Mahaka Media Tbk (ABBA) telah melakukan gebrakan dengan melakukan aksi korporasi yaitu membangun perusahaan patungan yang berfokus pada kegiatan usaha di bidang periklanan. Perusahaan patungan ini dilakukan antara PT Trinugraha Thohir dan PT Kreasi Karya Bangsa, dan telah mendapatkan pengesahan dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia pada 26 Februari 2021.

Hubungan afiliasi ini dilakukan antara Erick Thohir dan Garibaldi Thohir. Di mana Erick Thohir adalah pemegang saham di PT Trinugraha dan merupakan pemegang saham tidak langsung di Perseroan. Sedangkan Garibaldi Thohir adalah pemegang saham di PT Trinugraha dan merupakan pemegang saham serta Komisaris Utama di PT Beyond Media yang merupakan salah satu pemegang saham Perseroan.

Komposisi Kepemilikan Saham

Aksi korporasi ini membuat komposisi kepemilikan saham pun berubah, bagaimana komposisinya?

  1. PT Trinugraha Thohir sebanyak 1.600 per lembar saham dengan nilai nominal sebesar Rp1,6 miliar (40%).
  2. PT Kreasi Karya Bangsa sebanyak 1.600 per lembar saham dengan nilai nominal sebesar Rp1,6 miliar (40%).
  3. PT Mahaka Media Tbk sebanyak 800 per lembar saham dengan nilai nominal sebesar Rp800 juta (20%).

PT Mahaka Media Melakukan Right Issue

Pada Juli 2021 lalu, emiten perusahaan ABBA berencana menambah modal melalui hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD) atau rights issue. Hal ini dilakukan untuk berinvestasi di sektor teknologi digital.

Saat pengumuman rencana rights issue pada 19 Juli 2021, harga saham Mahaka Media melesat hingga 17,52% menjadi Rp322. Sedangkan pada hari ini 1 September 2021, harga saham ABBA sudah ada di angka Rp655 per lembar saham.

Mengutip dari keterbukaan informasi Mahaka Media, perseroan berencana menerbitkan maksimal 1,2 miliar saham baru dengan nilai nominal sebesar Rp100 per saham. Namun, harga pelaksanaan rights issue belum ditentukan. Perusahaan ini berencana menggunakan dana bersih yang diperoleh untuk modal kerja dan anak-anak perusahaan. Sedangkan untuk investasi di sektor teknologi digital dengan berbagai inisiatif yang dilakukan oleh Mahaka Media.

Manajemen Mahaka Media menilai bahwa rights issue mampu memperkuat struktur permodalan perusahaan, mengembangkan kegiatan usaha, dan meningkatkan kinerja. Selain itu, aksi ini juga mampu meningkatkan dan memperluas investasi dan mendukung pertumbuhan bisnis, sehingga berpengaruh positif terhadap kondisi keuangan.

Dari penjelasan di atas, apakah kamu tertarik untuk membeli saham ABBA? Kinerjanya yang terus membaik bisa jadi lampu hijau buat kamu yang ingin menanamkan dana di perusahaan tersebut.

Nah, kamu bisa coba mulai membeli saham ABBA melalui aplikasi AJAIB. Melalui Ajaib, kamu bisa memulai investasi kapan dan di mana saja secara online. Dengan modal mulai dari Rp100 ribu, kamu sudah bisa membeli saham ABBA atau saham dari emiten lainnya. Jadi tunggu apalagi? Yuk mulai investasi sekarang di Ajaib!

via ajaib