Terungkap Khasiat Belut banyak manfaatnya untuk kesehatan


Belut adalah predator ganas di lingkungan rawa dan sawah. Makanannya ikan kecil, cacing, krustasea. Ia aktif di malam hari. Hewan ini dapat mengambil oksigen langsung dari udara dan mampu hidup berbulan-bulan tanpa air, asalkan lingkungannya tetap basah. Ternyata Khasiat Belut banyak manfaatnya untuk kesehatan. Saat ini belut tidak hanya menjadi sumber kebutuhan pakan hewani saja, namun dibalik itu belut memiliki kandungan gizi dan vitamin yang bagus untuk menunjang kesehatan tubuh.

Berbagai macam khasiat daging belut bagi kesehatan salah satunya adalah untuk kesehatan jantung. Dengan mengkonsumsi daging belut maka dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung, termasuk penyempitan pembuluh darah ke jantung.

Khasiat Belut banyak manfaatnya untuk kesehatan

Penyempitan pembuluh darah jantung tentunya menjadi salah satu hal yang menakutkan bagi kita semua, terutama bagi seseorang yang telah memiliki faktor risiko penyakit tersebut.

Terungkap Khasiat Belut banyak manfaatnya untuk kesehatan

Selain untuk kesehatan jantung, daging belut juga berkhasiat untuk kesehatan penglihatan, perkembangan fungsi syaraf pusat, serta menormalkan tekanan darah diotak. Tidak mengherankan mengapa bila kini banyak dijual kapsul suplemen makanan dengan bahan baku utama belut.

Di luar itu, belut juga ternyata memiliki kandungan protein yang tinggi. Kandungan protein belut sebesar 18,4 g/ 100 gr daging, itu setara dengan protein daging sapi (18,8 g/ 100gr), protein belut lebih tinggi dari protein telur yang hanya sebesar(12,8 g/100 gr).

Seperti yang kita ketahui, protein sangat baik untuk membantu membangun kembali sel-sel yang rusak. Oleh karena itu belut bermanfaat sebagai sumber protein berlimpah yang aman dikonsumsi semua umur.

Baca Juga :

Belut juga kaya akan kandungan arginin (asam amino nonesensial) yaitu hormon yang berpengaruh terhadap pertumbuhan manusia, atau biasa disebut dengan human growth hormone (HGH). HGH inilah yang mampu meningkatkan kesehatan otot dan mengurangi penumpukan lemak di dalam tubuh. Beberapa uji laboratorium menunjukkan bahwa arganin dapat menghambat perkembangan sel-sel kanker payudara.

Masih banyak manfaat lainnya yang terkandung dalam tubuh belut seperti menambah stamina, membuat tulang menjadi kuat dan bisa mencegah anemia syaratnya dengan mengkonsumsi 125 gram belut setiap hari, persyaratan tersebut sudah mencukupi kebutuhan zat besi bagi tubuh, yaitu sebesar 25 mg per hari. Zat besi sangat bermanfaat untuk pencegahan penyakit anemia.

Itulah Khasiat Belut banyak manfaatnya untuk kesehatan. Selamat mecoba ya sobat.


Pastikan Komentar