Botak diawali dengan kerontokan rambut. Penyebab Botak pada Pria biasanya dianggap sebagai domain pria lanjut usia. Tetapi kondisi ini memiliki banyak penyebab dan dapat mempengaruhi hampir semua orang.

Setiap dapat orang kehilangan rambut setiap saat, mungkin hingga 100 helai perhari. Rambut rontok, kemudian tumbuh kembali. Tetapi pada akhirnya, kebanyakan pria akan mulai menyadari bahwa mereka kehilangan lebih banyak dari sebelumnya dan rambut tidak tumbuh kembali.

Kerontokan rambut herediter seiring bertambahnya usia adalah penyebab kebotakan yang paling umum. Beberapa orang lebih suka membiarkan rambut rontok dibiarkan tanpa pencegahan dan tanpa perawatan. Orang lain mungkin menutupinya dengan gaya rambut, rias wajah, topi atau syal. Ada juga memilih salah satu perawatan yang tersedia untuk mencegah kerontokan rambut lebih lanjut dan untuk mengembalikan pertumbuhan.

Inilah Penyebab Botak pada Pria

Penyebab Botak pada Pria

NYU Langone

Berikut ini beberapa faktor yang dapat menyebabkan kebotakan:

1. Keturunan

Penyebab paling umum dari kerontokan rambut adalah kondisi turun-temurun yang disebut kebotakan pola pria atau kebotakan pola wanita. Biasanya terjadi secara bertahap dengan penuaan dan dalam pola yang dapat diprediksi dari garis rambut surut dan botak pada pria dan penipisan rambut pada wanita.

2. Hormon

Berbagai kondisi dapat menyebabkan kerontokan rambut permanen atau sementara, termasuk perubahan hormon karena kehamilan, persalinan, menopause, dan masalah tiroid. Kondisi medis termasuk alopecia areata (al-o-PEE-she-uh ar-eA-tuh), yang menyebabkan kerontokan rambut yang merata, infeksi kulit kepala seperti kurap dan gangguan penarik rambut yang disebut trichotillomania (trik-o-til-o- MEI-nee-uh).

3. Obat dan suplemen.

Rambut rontok dapat menjadi efek samping dari obat-obatan tertentu, seperti yang digunakan untuk kanker, radang sendi, depresi, masalah jantung, asam urat dan tekanan darah tinggi.

4. Terapi radiasi di kepala

Rambut mungkin tidak tumbuh kembali sama seperti sebelumnya. Karena terlalu sering terkena sinar X dari alat-alat radiasi.


Baca Juga :


5. Stress karena Musibah / Shock

Stress dikarenakan dilanda musibah dapat menyebabkan rambut rontok. Banyak orang mengalami penipisan rambut secara umum beberapa bulan setelah guncangan fisik atau emosional. Jenis rambut rontok ini bersifat sementara.

6. Salah Shampo

Kesalahan dalam pemilihan dan penggunaan shampo dapat juga menyebabkan rambut jadi rontok. Gunakanlah Shampo yang sesuai dengan rambut sobat.

Itulah Penyebab Botak pada Pria yang harus sobat ketahui. Masih banyak lagi faktor lain yang dapat menyebabkan kerontokan pada rambut. Semoga rambut sobat tetap lebat dan tetap mendukung ketampanan. via