Ketahui Tips Merawat Ikan Cupang Kesayangan Kamu!
Ikan Cupang Dikenal Karena Keindahanya

Tren ikan hias memang sedang booming dikala pandemi seperti ini, ikan cupang menjadi salah satunya. Ikan yang memiliki warna eksotis dan sirip yang indah ini menjadi daya tarik masyarakat untuk sekedar dipelihara, atau diperjualbelikan.

Kelebihan yang ditawarkan ikan cupang yaitu perawatannya tidak terlalu susah dengan biaya yang relatif murah. Namun, kita perlu waspada karena jika tidak merawatnya dengan baik maka ikan akan sulit untuk berkembang, dan mungkin bisa merusak anggota tubuhnya.

Nah berikut merupakan tips merawat ikan cupang yang sebenarnya tidak susah. Apa saja tipsnya? Yuk disimak!

Jaga Kualitas Air

1. Sumber Air

Tips merawat ikan cupang dengan baik yang pertama dengan menggunakan air yang tepat. Air yang bagus untuk memelihara cupang adalah ikan tawar dari sumur yang jernih.

Air tawar sendiri memiliki sifat dan karakteristik yang tidak jauh berbeda dengan habitat asli ikan cupang, yaitu di rawa atau aliran sungai. Tidak disarankan menggunakan air PDAM karena mengandung kaporit yang berbahaya bagi cupang.

2. Mengganti Air

Ikan Cupang
Rajin Mengganti Air Akuarium Merupakan Langkah Tepat Untuk Memelihara Kesehatan Ikan Cupang Kamu!

Mengganti air merupakan salah satu langkah perawatan ikan cupang agar tetap sehat. Dianjurkan untuk mengganti air tiga hari sekali untuk menjaga kondisi kesehatan ikan.

Apabila kamu telat mengganti air maka akan menyebabkan kotoran dalam air menumpuk dan akan meracuni ikan cupangmu. Namun, kamu harus berhati-hati saat mengganti air.

Disarankan untuk memindahkan ke wadah penyimpanan sementara. Setelah itu lakukan penggantian dengan air bersih.

3. Volume Air Harus Diperhatikan

Apabila volume air terlalu banyak maka akan mengakibatkan ikan melompat keluar dari akuarium. Volume air yang disarankan yaitu 40% dari volume wadah penampungan

Pemilihan Pakan

1. Berilah Pakan yang Tinggi Gizi

tips merawat ikan cupang
Memberi Pakan Dengan Kandungan Nutrisi yang Tinggi Dapat Meningkatkan Kualitas Ikan Cupang

Selanjutnya tips merawat ikan cupang yang dengan memberikan makanan yang bergizi.ini penting dilakukan karena akan mempercepat pertumbuhan ikan cupang. 

Makanan yang bergizi akan berdampak pada pertumbuhan ekor ikan cupang yang memanjang dengan sangat cepat. Selain itu pakan yang bergizi akan membuat warna pada ikan cupang lebih terlihat jelas.

Beberapa jenis makanan yang bergizi merupakan pakan alami, seperti jentik nyamuk, kutu air, dan jenis larva lainya. Untuk memberi makan cukup taburkan ke dalam akuarium. Biasanya, ikan cupang lebih suka mengonsumsi makanan yang mengambang di atas permukaan air.

2. Berikan Daun Ketapang Kering

Ikan cupang
Daun Ketapang Pada Ikan Cupang Akan Membuat Air Menjadi Keruh Sesuai dengan Habitatnya

Berikutnya tips merawat ikan cupang dengan memberikan daun ketapang kering. Fungsi daun ketapang kering yaitu berguna sebagai antibiotik alami yang dapat membantu menyembuhkan luka pada ikan cupang, termasuk ekor ikan cupang yang robek atau patah. 

Daun Ketapang juga dapat menurunkan pH air sesuai dengan habitat ikan cupang. Dengan begitu ikan cupang akan lebih mudah adaptasi dengan lingkungan akuarium

3. Lakukan Penjemuran

Tips merawat ikan cupang selanjutnya melakukan penjemuran yang bertujuan untuk membunuh bakteri dan jamur yang ada di dalam kulit maupun wadah ikan cupang. Kegiatan penjemuran ini juga dapat membuat ikan cupang menjadi lebih responsif dan sehat. 

Lakukan penjemuran selama 2 jam di pagi hari mulai dari pukul 8 hingga 10. Sinar matahari pagi baik untuk kesehatan dan tidak terlalu panas.

Lakukan Tips Merawat Ikan Cupang Dibawah Ini Jika Ikanmu Sakit.

1. Garam

Pemberian garam dilakukan ketika ikan sakit dan terdapat bagian tubuhnya yang terluka. Garam berfungsi sebagai bahan antibakteri untuk mencegah ikan terinfeksi penyakit.

Lakukan penebaran garam dengan volume 1 gr/liter untuk menghindari ikan terinfeksi penyakit.

2. Methylene Blue

Tips merawat ikan cupang yang terakhir adalah dengan memberikan methylene blue. Namun perlu diketahui bahwa methylene blue hanya bisa diberikan ketika ikan kamu sakit dengan gejala bagian tubuh rusak, terluka, atau tidak mau makan.

Methylene blue merupakan senyawa kimia yang berfungsi untuk mematikan bakteri, jamur, dan parasit yang merugikan bagi ikan cupang kamu.

Beli Methylene Blue Murah Cuma di Shopee!

Nah itu tadi tips merawat ikan cupang kesayangan kamu. Jika kamu ingin membeli cupang dengan harga yang murah dan kualitas yang bagus kamu bisa klik link disini. Jangan lupa untuk selalu merawat hewan peliharaan kamu ya!

via shopee