JAKARTA, – Keset merupakan salah satu alat pembersih di rumah. Benda ini umumnya terletak di depan pintu masuk maupun pintu kamar mandi.

Terbuat dari beragam bahan, keset digunakan untuk mengeringkan kaki saat keluar dari kamar mandi dan membersihkan kaki sebelum memasuki rumah.

Mengingat perannya selalu bersentuhan dengan kotoran, keset yang jarang dibersihkan apalagi tak pernah diganti mungkin telah menjadi sarang kuman dan bakteri.

Baca juga: Simak, Langkah Membersihkan Keset Kaki

Lantas kapan sebaiknya keset kaki dicuci? Berapa lamakah keset sebaiknya digunakan?

Dikutip dari beberapa sumber, Rabu (12/5/2021), mencuci dan mengganti keset itu perlu dilakukan berdasarkan jenis atau penempatan keset itu sendiri.

Untuk keset yang ada di teras rumah atau tepat depan pintu masuk, itu sebaiknya dicuci setiap 2 minggu sekali.

Jika keset tidak pernah dicuci dan dibersihkan, hal ini justru akan dapat membuat kaki menjadi kotor dan menyebarkan kuman maupun bakteri ke semua permukaan lantai rumah.

Baca juga: Simak, Cara Membersihkan Keset yang Benar

Lalu, keset yang ada di teras rumah perlu diganti apabila usianya telah mencapai 6 bulan pemakaian.

Mengganti keset teras rumah setiap 6 bulan berguna untuk menghindari banyaknya bakteri dan kuman di keset, yang nantinya berisiko masuk ke dalam rumah.

Agar usia pemakaian karpet teras rumah bisa maksimal, disarankan untuk tidak dipakai untuk membersihkan alas sepatu maupun sandal.

Tanda-tanda keset perlu diganti termasuk ketika muncul bintik-bintik berjamur, berlubang, dan merumbai.

via Kompas