JAKARTA, – Kucing suka merawat diri dengan cara menjilati bulunya secara rutin. Namun, bagaimana jika kucing melakukan hal ini pada Anda sebagai pemiliknya, yakni dengan menjilati rambut Anda?

Kenapa beberapa kucing menjilati rambut pemiliknya beberapa kali atau secara rutin? Apakah ini merupakan tanda perhatian dan kasih sayang, atau ada makna lainnya?

Menurut Mikel Delgado, ahli perilaku hewan gerapan profesional, Anda harus mengetahui dahulu dasar-dasar perawatan diri kucing. Delgado menjelaskan, kucing sudah merawat dirinya sendiri selama ribuan tahun agar tetap sehat.

Baca juga: Jenis-jenis Tanaman Sukulen yang Beracun untuk Kucing

“Perawatan memiliki beberapa fungsi penting bagi kucing Anda. Ini membantu menjaga bulu mereka tetap bersih dan kering, serta dilembabka oleh minyak alami di kulit mereka,” kata Delgado seperti dikutip dari Pure Wow, Selasa (27/4/2021).

Praktik tersebut juga telah dikenal untuk mencegah parasit eksternal menyelinap ke dalam bulu dan kulit. Saat cuaca panas di luar, perawatan ekstra membantu kucing tetap dingin.

“Karena mereka tidak bisa berkeringat, kelembaban di kulit mereka menguap untuk mendinginkannya,” jelas Delgado.

Jika Anda memiliki banyak kucing, Anda mungkin melihat mereka saling merawat diri atau saling menjilat. Ini disebut allogrooming, sering disebut sebagai perawatan sosial.

Baca juga: Kepemilikan Kucing yang Bertanggung Jawab di Indonesia Makin Disadari

Banyak spesies mempraktikkan allogrooming. Penelitian telah menunjukkan bahwa kucing domestik lebih mungkin merawat kucing anggota keluarganya sendiri, dan kucing yang mereka kenal atau hidup bersama, daripada kucing asing.

Ini terwujud dalam kondisi satu kucing yang menjilati kepala, leher, dan telinga kucing lain.

“Grooming (merawat diri) membantu kucing mempertahankan ciri khas aroma pribadinya, dan juga membantu menciptakan kohesi kelompok saat kucing saling merawat,” terang Delgado.

Pada dasarnya, jika kita semua memiliki bau yang sama, kita tahu bahwa kita semua adalah bagian dari kelompok yang sama.

Itu juga digunakan sebagai metode menjaga perdamaian. Kucing yang tinggal serumah tetapi bukan teman serasah mungkin tidak selalu akur.

via Kompas