Yogyakarta merupakan kota yang berkesan bagi banyak orang. Kota ini menjadi destinasi utama para wisatawan, termasuk turis mancanegara.

Wisata pantai merupakan hal menarik dan tidak boleh dilewatkan ketika Anda berlibur ke Yogyakarta. Salah satu pantai yang memiliki pemandangan indah adalah Pantai Kesirat.

Lokasi Pantai

Ketika menelusuri daerah selatan Yogyakarta, kita akan menyaksikan indahnya berbagai pantai, seperti Kesirat. Pantai ini terletak di desa Girikato, Kecamatan Panggang, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai yang terletak di desa kecil ini seringkali disebut orang ‘Surga yang Tersembunyi’.

Akses Menuju Wisata Pantai

Akses menuju wisata pantai ini cukup mudah. Ada dua rute atau jalur perjalanan yang bisa ditempuh untuk berkunjung ke Pantai Kesirat. Pertama, Anda dapat melewati Jalan Raya Wonosari. Jalur Wonosari merupakan rute utama yang sering digunakan oleh masyarakat setempat dan wisatawan untuk sampai ke Gunungkidul.

Rute kedua yang bisa Sweet Couple akses untuk menuju pantai tersebut adalah jalur Imogiri – Panggang. Dari arah Imogiri, Anda akan menuju Jalan Raya Panggang – Saptosari. Selanjutnya, Anda akan menemukan jalan kecil dan papan petunjuk yang mengantarkan Anda sampai ke pantai tujuan.

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai

Harga tiket masuk ke pantai ini sangat terjangkau. Anda hanya perlu mengeluarkan uang Rp5.000 untuk menikmati keindahan berbagai panorama alam di pantai tersebut.

Objek Wisata Pantai Kesirat Yogyakarta yang Tidak Boleh Terlewatkan

Pantai Kesirat dapat menjadi rekomendasi bagi Sweet Couple yang ingin mengeksplorasi keindahan wisata Jogja. Berikut ini terdapat beberapa objek atau fasilitas wisata yang tidak boleh Anda lewatkan.

1. Keindahan Air Pantai yang Jernih

Keindahan Wisata Pantai Kesirat Yogyakarta yang Murah Meriah
Gambar diambil dari instagram.com/by.sn1995/

Bukan hanya Bali saja yang memiliki pantai dengan pemandangan indah. Pantai di Gunungkidul ini juga memperlihatkan air jernih yang membentak di sekeliling kita ditambah pasir putih bak mutiara.

Sweet Couple dapat mengabadikan setiap momen indah di sini dengan foto yang estetik. Tak lupa juga dengan pepohonan di sekitar pantai yang menambah panorama alam menakjubkan.

2. Spot Foto Terbaik dari Tebing

Gambar diambil dari instagram.com/myswpictures/

Terdapat tebing tinggi di sekitar pantai. Sweet Couple dapat menyusuri tebing tersebut. Anda dapat menyaksikan seluruh keindahan pantai dari tebing. Selain itu, tempat ini merupakan spot foto terbaik bagi Sweet Couple yang mau mengabadikan momen wisata Jogja ini.

3. Menyaksikan Sunset

Gambar diambil dari instagram.com/danix_saputra/

Saat sore hari, Sweet Couple dapat menyaksikan matahari terbenam seolah-olah ditelan lautan. Kalau mau menikmati sunset dengan sempurna, Anda bisa menuju tebing dan menyaksikan detik-detik matahari terbenam. Air laut dan pasir pantai akan terlihat seperti berlian.

4. Berkemah di Sekitar Pantai

Pada area tebing, terdapat sebuah pohon yang sering disebut orang “Pohon Abadi”. Area sekitar pohon ini sering menjadi tempat berkemah bagi para pengunjung. Banyak wisatawan yang mendirikan tenda pada malam hari untuk menginap.

Berkemah di sekitar pantai merupakan kegiatan yang paling dinantikan oleh para pengunjung, terutama keluarga yang sedang berlibur. Menjelang tahun baru atau saat libur panjang, banyak orang yang berkemah di sekitar pantai.

5. Memancing di Rock Fishing

Sebuah tebing tinggi (sekitar 15 hingga 30 m) menjadi pusat perhatian para pelancong di Pantai Gunungkidul ini. Tebing tersebut dijadikan sebagai tempat rock fishing oleh para pemancing, baik dari warga lokal maupun pengunjung dari luar daerah.

Anda dapat ikut menyaksikan warga yang sedang memancing dan mendapat hasil pancingan-nya atau ikut serta memancing dan mengumpulkan banyak ikan. Wisata Jogja dengan memancing merupakan kegiatan unik yang tidak boleh Anda lewatkan.

Itulah kelima objek dan fasilitas wisata pantai yang tidak boleh Anda lewatkan. Wisata Jogja ini merupakan pilihan terbaik untuk Anda, terutama bagi Sweet Couple yang ingin liburan bersama keluarga atau teman.

via sweetrip