Oxygen concentrator adalah peralatan medis yang mengambil udara sekitar kemudian memproses dan memberikan oksigen yang siap di hirup oleh pasien. Hal ini memungkinkan orang yang membutuhkan oksigen tambahan, seperti mereka yang memiliki masalah gangguan pernapasan seperti asma, pneumonia, PPOK, fibrosis sistik, apnea tidur, ini akan mendapatkan apa yang mereka butuhkan tanpa harus menggunakan tangki oksigen kecuali sebagai cadangan darurat.

Oxygen concentrator dihubungkan ke melalui sumber daya listrik, biasanya dapat digunakan tanpa henti, meskipun harus diperiksa secara berkala untuk pengoperasian yang benar. Adapun aksesoris lain pada oxygen concentrator seperti botol pelembab udara atau humidifier yang digunakan untuk mencegah saluran udara pada tenggorokan pasien menjadi terlalu kering saat menghirup udara langsung dari konsentrator.

Alat ini menggunakan metode cerdas untuk menghilangkan nitrogen dari udara dan menghasilkan oksigen murni hingga 95 persen. Sebagai referensi, udara ruangan mengandung 80 persen nitrogen dan 20 persen oksigen. Oksigen konsentrator akan mengubah udara di sekitar menggunakan satu atau dua filter saringan untuk mengambil udara dari luar lalu di proses dari mesin yang nantinya akan menjadikan oksigen murni dan siap di hirup oleh pasien.

oxygen concentrator mungkin disertai atu tidak disertai botol pelembab udara pada saat pembelian. Untuk menggunakannya tergantung pada berbagai faktor, seperti kondisi penggunaan dan preferensi pribadi Anda. Anda mungkin telah membeli oxygen concentrator tanpa botol humidifier saluran hidung dan tenggorokan Anda menjadi sangat kering saat Anda menggunakannya. Hal ini dapat menyebabkan banyak ketidaknyamanan dan bahkan merusak saluran hidung Anda.

Sebagian besar oxygen concentrator yang lebih besar di desain memiliki pelembab udara karena mereka memiliki pengaturan aliran oksigen yang lebih tinggi yang biasanya untuk mengeringkan saluran hidung lebih dari dosis rendah yang biasanya ditemukan dalam model portabel kecil.

Baca artikel lainnya

Kegunaan Botol Humidifier Untuk Oxygen Concentrator

Botol Humidifier adalah aksesoris perlengkapan medis yang digunakan untuk melembabkan oksigen serta mengurangi kekeringan pada saluran hidung selama terapi dan keadaan darurat dengan sistem suplai oksigen. Ini sering dikenal sebagai botol humidifier oksigen.

Botol humidifier umumnya digunakan untuk mencegah saluran udara pasien menjadi terlalu kering saat menghirup udara langsung dari oxygen concentrator. Hal ini akan memberikan kelembaban tahan lama pada saluran pernapasan seperti tenggorokan, untuk kenyamanan pasien sepenuhnya selama terapi oksigen.

Anda tidak boleh menggunakan air keran atau jenis air lainnya selain air sulingan atau air distilasi dalam botol humidifier. Bahkan air keran yang disaring masih dapat memiliki kotoran kecil yang mungkin tidak berbahaya bagi Anda tetapi dapat menyebabkan penumpukan dan kegagalan fungsi pada oxygen concentrator.

Memasang botol humidifier ke oxygen concentrator sangat mudah. Pastikan Anda memiliki botol humidifier yang kompatibel dengan model oxygen concentrator yang Anda beli. Anda akan melihat dua garis pada botol, yaitu garis pengisian maksimum, dan garis pengisian minimum.

Kegunaan Botol Humidifier Untuk Oxygen Concentrator

Cara Pemasangan Botol Humidifier ke Oxygen Concentrator

  • Isi botol pelembab udara dengan air suling atau distilasi hingga garis pengisian maksimum. Jangan mengisi berlebihan.
  • Pasang tutup botol humidifier. Kencangkan dengan hati-hati, pastikan untuk memasang tutup dan botol dengan pas. Hindari cross threading karena ini akan menyebabkan kebocoran.
  • Hubungkan botol humidifier (pelembab) ke outlet atau keluarnya oksigen.
  • Setelah botol humidifier (pelembab) terpasang dengan benar, sambungkan selang kanula Anda ke outlet botol humidifier, dan putar laju aliran ke tingkat yang ditentukan.

via galerimedika