Dalam sebuah laporan terbaru, dikabarkan bahwa dua seri PSU Gigabyte mengalami masalah yang besar. Di beberapa laporan, para pengguna PSU GP-P850GM dan GP-P750GM dari Gigabyte mengalami pengalaman penggunaan yang tidak baik.

Seperti diketahui, kedua PSU tersebut diberikan secara gratis kepada para pembeli GPU GeForce RTX 30-series di salah satu perusahaan retail ternama di Amerika Serikat, yakni Newegg. Tapi, para pengguna mengalami hal yang buruk saat menggunakannya.

Mereka mengatakan bahwa PSU tersebut sangat cepat rusak dalam penggunaan harian. Bahkan, beberapa diantaranya mengatakan bahwa PSU tersebut meledak saat mereka gunakan secara intensif.

GP-P850GM maupun GP-P750GM pun kemudian tidak memiliki reputasi yang baik di Newegg. Dari 92 konsumen yang membeli GP-P850GM, 39% dari basis pengguna meninggalkan peringkat satu telur.

Umpan balik untuk GP-P750GM bahkan lebih mengkhawatirkan. Menurut Newegg, 53% dari 305 pembeli meninggalkan peringkat terendah. Dua keluhan yang paling umum adalah unit yang mereka terima rusak pada saat datang dan kegagalan prematur, yang dalam beberapa kesempatan meledak yang para akhirnya merusak komponen lain.

Menurut Gamers Nexus, 50% dari 10 PSU gagal selama atau setelah pengujian perlindungan daya berlebih (OPP). Beberapa unit gagal pada saat diberikan beban 60%, tepat setelah melintasi rail pertama.

Sebuah publikasi juga melakukan survei dengan komunitasnya di mana 16% pengguna mengklaim PSU mereka gagal secara tiba-tiba dan tidak lagi beroperasi.

Gigabyte pun sudah memberikan pernyataan terkait dengan masalah tersebut. Mereka mengatakan bahwa masalah potensial yang dilaporkan penggunanya tampaknya “hanya terjadi setelah periode waktu yang sangat lama dari pengujian beban ekstrim melalui peralatan beban Elektronik DC dan tidak akan menjadi tipikal penggunaan di dunia nyata.”

Gigabyte mengklaim bahwa ambang OPP lama dan baru cocok untuk penggunaan sehari-hari. Meskipun demikian, perusahaan bersedia menawarkan penggantian kepada pemilik kedua PSU tersebut dengan batas OPP yang baru.

GP-P850GM dengan nomor seri antara SN20343G031011 hingga SN20513G022635 dan GP-P750GM dengan nomor seri dari SN20243G001301 hingga SN20453G025430 memenuhi syarat untuk ditukar.

via Pemmzchannel