GPU adalah salah satu komponen PC yang paling dicari di pasar saat ini. Para pengguna dengan putus asa mencari GPU terbaik dari NVIDIA dan AMD, untuk menemani mereka selama pandemi ini.

Saking tingginya, pasar GPU di kuartal kedua 2021 ini mengalami peningkatan drastis. Hal ini terbukti dengan hasil riset Jon Peddie Research terbaru, dimana pasar GPU telah mengalami pertumbuhan substansial dengan lebih dari 120 juta unit terjual.

Dalam laporan tersebut, mereka mengatakan bahwa jumlah total GPU yang terjual di Q2 mencapai 123 juta unit. Dibandingkan dengan periode yang sama pada Q2 2020, di kuartal ini jumlah penjualannya mengalami peningkatan sebesar 37% dari Tahun ke Tahun (YoY).

Secara keseluruhan, diperkirakan tingkat perakitan GPU tahunan akan tumbuh 3,5% selama 2020-2025 untuk mencapai jumlah total 3.318 juta unit yang dikirimkan pada periode tersebut.

Jika berbicara mengenai pangsa pasar, untuk AMD pangsa pasarnya turun 0,2%, sementara Intel mengalami tumbuh 0,1%, Sedangkan Nvidia juga disebut mengalami pertumbuhan sebesar 0,06%.

Untuk jumlah unit yang dikirim, pasar secara keseluruhan menunjukkan pertumbuhan 3,4%. AMD meningkatkan pengirimannya sebesar 2,3%, pengiriman Intel naik 3,6%, dan Nvidia melonjak tertinggi dengan peningkatan 3,8%.

Karena hampir semua desktop dan laptop Intel menyertakan grafis prosesor, hal itu membuat Intel mendapat banyak keuntungan. Pada tabel di bawah, Anda dapat menemukan perbandingan pasar GPU diskrit, di mana hanya AMD dan Nvidia yang bersaing untuk saat ini.

Akan menarik untuk melihat bagaimana Intel melakukannya di area ini setelah GPU Arc-nya mulai dikirimkan tahun depan.

Sejauh menyangkut CPU PC, penelitian menunjukkan pertumbuhan 42% dari tahun ke tahun. Namun, tidak ada data lebih lanjut yang diberikan, karena laporan ini sebagian besar berfokus pada sisi GPU. GPU itu sendiri mewakili pasar dengan permintaan tinggi, tanpa tanda-tanda melambat.

via Pemmzchannel