Investasi, JAKARTA – PT Prima Andalan Mandiri Tbk (IDX: MCOL) resmi mencatatkan sahamnya pada hari ini, Selasa, 7 September 2021. 

MCOL dengan bidang usaha holding perusahaan batu bara itu melepas 355,56 juta lembar saham dengan harga pelaksanaan Rp 1.420. 

Sebelum IPO, pemegang saham MCOL terdiri dari PT Edika Agung Mandiri (EAM) dengan 2.1 miliar saham atau setara 68 persen. Selanjutnya, PT Prima Andalan Utama (PAU) dengan 992 juta saham atau 31 persen dan 1 persen dipegang oleh Handy Glivirgo.

BACA JUGA: IPO Prima Andalan (IDX: MCOL), Ini 10 Hal yang Perlu Diketahui

Prospektus perusahaan menjelaskan PAU dimiliki oleh Eka Rosita Kasih (40 persen), Arief Sugianto (20 persen) dan Diah A. Sugianto (20 persen) yang juga komisaris perusahaan. 

Terdapat hubungan keluarga antara Eddy Sugianto selaku Komisaris Utama dengan Diah Asriningpuri Sugianto selaku Komisaris, dengan Handy Glivirgo selaku Direktur Utama, dengan Erita Kasih Tjia selaku Direktur dan dengan Liu Chen Zhi selaku Direktur. 

IPO Prima Andalan Mandiri (IDX: MCOL), Ini Profil Eddy Sugianto Pemegang Saham Pengendali
Pemegang saham MCOL 2021 sebelum IPO./Prospektus

Sedangkan EAM sebagian besar dimiliki oleh Eddy Sugianto (92,43 persen) yang juga komisaris utama perusahaan. Lalu bagaimana sepak terjang Eddy? 

Dilihat dari sejumlah sumber, Eddy merupakan  Chairman Grup Mandiri. Alumnus Tjheng Qiang Chinese School pada tahun 1963, saat ini berusia 75 tahun. 

Eddy mendirikan Grup Mandiri pada 1981 dan menempatkan diri sebagai chairman. Sejak 2005 dia juga didapuk sebagai komisaris utama MCOL. 

Pria kelahiran Pontianak, 11 Februari 1946 itu juga memimpin konglomerasi Mandiri yang juga menjalankan bisnis kontraktor tambang batu bara, hingga bisnis kapal tongkang untuk mengangkut batu bara hingga tanker berkapasitas 5 juta liter serta tangki penyimpanan LPG sebanyak 3 unit masing masing 415 ton.

via tempias