Investasi Reksa Dana UNION – Ada Peluang Profit Dari Obligasi Rupiah dan Dolar Sekaligus!

Pernahkah kamu berpikir untuk berkesempatan dapat berinvestasi pada obligasi terbitan Pemerintah Indonesia dalam mata uang USD dan IDR sekaligus?

PT UOB Asset Management Indonesia (UOBAMI) meluncurkan reksa dana anyar bertajuk “UOBAM Inovasi Obligasi Nasional (UNION)” pada 24 Juni 2021. Produk investasi ini memungkinkan kita untuk berinvestasi secara mudah dan murah pada obligasi dolar dan rupiah yang diperdagangkan di dalam dan luar negeri.

Ini dia review reksa dana berkonsep unik tersebut.

Profil Reksa Dana UNION

UOBAM Inovasi Obligasi Nasional (UNION) termasuk tipe reksa dana pendapatan tetap (fixed income fund). Kebijakan investasinya mengalokasikan sebanyak 80 – 100% dana pada surat utang yang diperdagangkan di dalam dan luar negeri, serta 0 – 20% pada instrumen pasar uang yang memiliki jatuh tempo maksimal 1 tahun dan/atau deposito.

Dana yang terhimpun dalam UOBAM Inovasi Obligasi Nasional (UNION) akan difokuskan pada obligasi terbitan Pemerintah Indonesia dalam denominasi USD. Selain itu, Manajer Investasi juga dapat mengalokasikan dana pada obligasi Pemerintah Indonesia dalam denominasi IDR, dan obligasi korporat dalam denominasi USD dan IDR dengan minimum peringkat idAA.

Potensi Keuntungan Reksa Dana UNION

Manajer investasi menetapkan strategi portofolio UNION berdasarkan alokasi dinamis dengan acuan 80% Barclays INDON Index ditambah 20% AVG 1-M Time Deposit Rate. Jadi ekspektasi performa reksa dana UNION dapat diperbandingkan dengan Barclays INDON Index, yaitu indeks besutan Barclays yang mengukur kinerja obligasi pemerintah Indonesia yang berdenominasi USD.

Data menunjukkan bahwa Barclays INDON Index menampilkan kinerja cukup baik dengan rerata return tahunan 6,4% (dalam USD) selama 10 tahun terakhir. Kinerja ini lebih unggul daripada rerata bunga deposito USD bertenor 12 bulan yang hanya 1-2% per tahun.

Apabila terjadi penguatan tahunan USD seperti yang terjadi pada 8 dari 10 tahun terakhir (secara rerata tahunan sekitar 4% selama 10 tahun terakhir), UNION juga berpotensi menghasilkan return tambahan dari hal ini.

Risiko Reksa Dana UNION

Risiko investasi pada produk UOBAM Inovasi Obligasi Nasional (UNION) serupa dengan reksa dana pendapatan tetap lainnya, ditambah dengan risiko kurs. Berikut ini rinciannya:

  1. Risiko penurunan nilai unit penyertaan, misalnya akibat turunnya harga, wanprestasi dari penerbit obligasi, serta keadaan kahar (force majeure).
  2. Risiko ekonomi dan politik.
  3. Risiko likuiditas.
  4. Risiko perubahan peraturan.
  5. Risiko pembubaran dan likuidasi.
  6. Risiko fluktuasi kurs mata uang.

Profil Manajer Investasi

PT UOB Asset Management Indonesia (UOBAMI) merupakan anak usaha dari UOBAM Ltd (Singapura), salah satu perusahaan manajemen aset terdepan di Asia. UOBAMI hadir sejak Agustus 2019 setelah UOBAM Ltd (Singapura) melakukan akuisisi terhadap Manajer Investasi lokal. 

UOBAM Ltd memiliki lebih dari 30 tahun pengalaman dan mengelola asset lebih dari 37 miliar SGD. UOBAM Ltd saat ini memiliki salah satu jaringan terluas di Asia yang hadir di 10 negara termasuk Singapura, Indonesia, Vietnam, Malaysia, Thailand, Taiwan,  dan Jepang. Sejak 1986 grup UOBAM telah meraih lebih dari 206 penghargaan.

UOBAMI sendiri telah memiliki izin Manajer Investasi sejak tahun 2011. Beberapa produk reksa dana yang dikelolanya antara lain UOBAM Indeks

Bisnis-27, UOBAM Pasar Uang Indonesia. Menurut data Bareksa, UOBAMI telah memiliki dana kelolaan (Asset Under Management) sebesar Rp398,67 miliar per Juni 2021.

Kesimpulan

UOBAM Inovasi Obligasi Nasional (UNION) membuka kesempatan diversifikasi investasi yang simpel untuk siapa saja. Kita dapat memperoleh potensi keuntungan dari kelas aset obligasi termasuk dari obligasi USD terbitan Pemerintah Indonesia tanpa perlu bingung mencari sendiri. Kita juga dapat memperoleh akses ke tipe obligasi seperti INDON dengan modal rupiah yang lebih terjangkau, tanpa perlu tukar mata uang.

Singkatnya, UOBAM Inovasi Obligasi Nasional (UNION) cocok kalau kamu termasuk salah satu golongan investor ini:

  • Ingin memiliki alokasi ke aset dalam mata uang USD, seperti obligasi USD yang diterbitkan Pemerintah Indonesia (INDON)
  • Menginginkan portofolio Obligasi yang terdiversifikasi, dari berbagi seri yang bervariasi durasinya.
  • Ingin punya aset USD tapi tidak ingin repot. Repot untuk mengurus pembukaan rekening USD, atau konversi mata uang sendiri.
  • Tidak cukup modal atau ingin alokasi yang tidak terlalu besar ke Obligasi USD seperti INDON. Apabila ingin membeli seri INDON langsung, minimum pembelian sebesar adalah sebesar USD 200,000 atau sekitar 3 miliar Rupiah.
  • Tidak punya waktu maupun energi untuk mencari momen yang tepat guna berinvestasi obligasi USD.

Nah, apakah kamu tertarik untuk berinvestasi pada produk reksa dana ini? Buka akun pada aplikasi Ajaib, lalu pilih reksa dana UOBAM Inovasi Obligasi Nasional (UNION). Proses pendaftaran dan investasi dapat dilakukan secara online melalui gadget favorit kamu.

Disclaimer: Investasi melalui reksa dana mengandung risiko. Calon Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksa dana. Kinerja masa lalu tidak menjamin/mencerminkan indikasi kinerja di masa yang akan datang. Informasi ini disajikan oleh Ajaib melalui riset internal perusahaan, tidak dipengaruhi pihak manapun dan tidak dimaksudkan sebagai rekomendasi, ajakan, usulan ataupun paksaan untuk melakukan transaksi jual/beli reksa dana. Setiap keputusan investasi haruslah merupakan keputusan individu, sehingga tanggung jawabnya ada pada masing-masing individu yang membuat keputusan investasi tersebut.

via ajaib