Intel hingga saat ini masih belum tertarik untuk mengganti desain pendingin CPU mereka. Kemungkinan besar, mereka melakukan hal ini bukan hanya untuk menghemat budget, tapi tahu kalau sebagian besar pengguna prosesor mereka akan menggunakan pendingin pihak ketiga.

Tapi, ada yang menarik dari peluncuran CPU desktop terbaru mereka, yakni Alder Lake. Kabarnya, mereka telah mendesain sebuah pendingin baru untuk CPU tersebut yang akan disebut sebagai LAMINAR Series.

Dan ternyata, bocoran terkait dengan pendingin baru tersebut sudah mencuat di internet. Kabarnya, mereka akan menghadirkan tiga tipe pendingin baru untuk digunakan sesuai dengan TDP CPU yang digunakan pengguna.

Namun yang bocor kali ini adalah pendingin Intel LAMINAR untuk jajaran CPU Alder Lake dengan TDP 65W. Desain dari pendingin CPU ini terlihat lebih modern dan hadir dengan tiga tipe.

Dari bocoran tersebut, sepertinya dua pendingin akan mendapatkan desain yang sama, meski satu hadir dengan LED ring dan satu lagi tidak mendapatkan dukungan tersebut. Sementara satu lagi menggunakan RGB LED ring dan memiliki desain yang sedikit berbeda.

Seperti diketahui, Intel menggunakan soket baru untuk jajaran CPU Alder Lake ini. Mereka akan menggunakan soket LGA 1700, dimana dikabarkan sedikit berbeda dari desain prosesor Intel sebelumnya.

Untuk tipe paling standar mereka sebut sebagai RS1, dimana hadir untuk chip Pentium dan Celeron. Lalu, yang kedua adalah varian RM1 yang hadir dengan LED yang ditujukan untuk chip Core i7/Core i5/Core i3.

Sedangkan untuk varian yang hadir dengan sirip pendinginan lebih tinggi dan RGB LED, yakni RH1, ditujukan untuk chip Core i9.

Ketiga pendingin ini memiliki kipas di tengah. Mereka juga menggunakan warna hitam untuk pendingin mereka, serta hadir dengan mekanisme penguncian menggunakan sekrup, bukan model pin seperti pendingin lama mereka.

Pengguna pun dapat mengharapkan untuk mendapatkan pendingin ini saat mereka membeli prosesor Alder Lake desktop seri non-K. Sedangkan SKU seri-K akan datang tanpa pendingin seperti chip generasi saat ini.

via Pemmzchannel