Depresi merupakan salah satu gangguan kesehatan mental yang paling banyak ditemui di muka Bumi. Berdasarkan catatan WHO, penyakit ini telah berdampak pada lebih dari 300 juta orang di dunia. Depresi atau dalam istilah medis disebut gangguan depresi mayor adalah gangguan suasana hati (mood) yang dapat memengaruhi pola pikir, perasaan, dan cara menghadapi aktivitas sehari-hari. Kali ini Sopasti menginformasikan Tanda-tanda Orang Depresi.

Depresi berbeda dari fluktuasi suasana hati yang biasa atau pun respons emosional jangka pendek terhadap tantangan dalam kehidupan sehari-hari. Dalalm kurun waktu panjang dengan intensitas sedang atau berat, depresi dapat menjadi kondisi kesehatan yang serius.

Konsekuensi dari penyakit ini dapat menyebabkan orang yang terkena depresi sangat menderita dan sama sekali terasing di tempat kerja, sekolah dan keluarga. Paling buruk, depresi dapat menyebabkan bunuh diri. Hampir 800.000 orang meninggal karena bunuh diri setiap tahun. Bunuh diri adalah penyebab kematian kedua di usia 15-29 tahun.

Tanda-tanda Orang Depresi

Walau punya dampak cukup mengerikan, keganasan yang bisa ditimbulkan depresi nyatanya belum mampu mencuri perhatian banyak pihak. Tak sedikit orang yang menganggap depresi sebagai sesuatu yang biasa lantaran mereka menganggap penderitanya bertingkah mendramatisasi, meromantisasi, atau melebih-lebihkan persoalan.

Inilah Tanda-tanda Orang Depresi

Kungkungan stigma negatif terhadap mereka yang terjangkit gangguan kesehatan mental membuat segalanya berpotensi menjadi lebih buruk bagi penderita depresi. Karena itu, menerima dan mengenali ciri-ciri orang depresi menjadi pekerjaan rumah bagi siapa pun yang ingin memberikan bantuan. Berikut ciri pengidap depresi dari berbagai sisi dilansir dari pijarpsikologi.org:

Pikiran

Orang-orang yang mengalami depresi biasanya mengalami kelambatan dalam proses berpikir. Hal ini terjadi dikarenakan terlalu banyak hal yang dipikirkan dalam kepala seseorang saat ia mengalami depresi. Hal-hal tersebut bersifat macam-macam bisa jadi bayangan-bayangan ketakutan akan masa depan ataupun momen-momen masa lalu yang disesali. Orang-orang depresi juga tidak dapat mengambil keputusan yang tegas karena banyaknya ketidakseimbangan dalam pikirannya. Kondisi terparah ialah sampai seseorang terpikir untuk mengakhir hidupnya.

Fisik

Dari segi fisik, depresi juga dapat diketahui dari beberapa gejala seperti munculnya gangguan tidur. Seseorang dengan depresi juga menjadi pasif,mudah lelah dan tak berenergi. Selain itu, nafsu makan seseorang juga terpengaruhi saat mengalami depresi. Ada yang nafsu makannya bertambah besar, ada yang justru malah tidak ingin makan sama sekali. Hal ini tergantung dari reaksi tubuh seseorang. Pada orang yang sudah berumah tangga, depresi juga dapat dilihat dari berkurangnya gairah seksual.


Baca Juga


Seseorang yang mengalami depresi juga bisa dilihat dari gangguan-gangguan fisik seperti sakit kepala, sakit tulang belakang, atau gangguan pencernaan yang sebenarnya berakar dari gangguan psikologis. Pada perempuan, perubahan pada siklus menstruasi juga dapat menjadi salah satu gejala.

Emosi

Emosi seseorang ketika mengalami sangat tidak stabil. Mungkin Anda, atau kerabat Anda, yang biasanya tidak begitu reaktif mendadak mejadi mudah marah. Ciri-ciri lain dari orang yang mengalami depresi adalah seseorang selalu terlihat murung, memiliki banyak perasaan bersalah, pesimis, merasa tidak berharga dan merasa kosong. Orang-orang dengan depresi merasa bahwa sudah tidak ada harapan lagi di dunia ini yang mampu membuat hidupnya lebih baik.

 

Sosial

Terakhir, depresi juga dapat dilihat dari peubahan hubungan sosial seseorang. Seseorang yang dahulunya bersikap riang dan aktif bisa jadi tiba-tiba menarik diri (social withdrawal). Orang tersebut akan seperti hilang ditelan bumi dan tidak ada yang mengetahui kabarnya. Seseorang yang mengalami depresi juga biasanya memiliki masalah dalam hubungan sosial dalam berbagai konteks seperti keluarga, teman sekolah, ataupun dunia kerja. Ia pun kehilangan minat pada hal-hal yang dahulu ia sukai seperti misalkan hobi atau sesuatu yang digemari.

Itulah Tanda-tanda Orang Depresi. Cegah agar tak semakin parah ya sobat.