Gelato dan Es Krim adalah makanan penutup paling populer dikalangan masyarakat. Kebanyakan Orang indonesia tahunya Es Krim. Tapi Gelato dan Eskrim memiliki perbedaan loh sobat.

Gelato dan es krim sama-sama terbuat dari bahan-bahan termasuk susu dan gula. Gelato adalah Es Krim khas dari Negara Italia. Istilah Gelato berasal dari bahasa Italia yang berarti “beku”. 

Perbedaan Gelato dan Es Krim

Gelato dibuat dengan menggunakan bahan utama seperti susu, krim, dan gula. Lalu ditambakan variasi rasa seperti dari buah-buahan dan bahan perasa lainnya. Jika dibandingkan dengan es krim biasa, Gelato mengadung lemak yang lebih rendah. Gelato pada umumnya mengandung sedikit udara dan memiliki lebih banyak varian rasa daripada yang lainnya.

Perbedaan Gelato dan Es Krim

Perbedaan Gelato dan Es Krim

Sedangkan Es krim merupakan makanan beku yang terbuat dari susu seperti krim (atau sejenisnya), dicampur dengan perasa dan pemanis. Campuran ini kemudian didinginkan dan sambil diaduk menurunkan suhu agar mencegah pembentukan es yang besar dan keras. Cara Tradisional, menurunkan suhu dengan meletakkan campuran es krim ke sebuah wadah dan dicampur dengan es pecah beserta garam. Garam akan membuat air cair bisa berada di bawah titik beku air.

Itulah Perbedaan Gelato dan Es Krim dari segi pembuatan dan rasanya. Selanjutnya dilihat dari nutrisinya.

Perbedaan Nutrisi antara es krim dan gelato

Inilah Perbedaan Es Krim dan Gelato

Inilah Perbedaan Es Krim dan Gelato

Food and Drug Administration (FDA) di Amerika mendefinisikan es krim adalah  produk susu dengan setidaknya 10% kalori berasal dari lemak.

Di sisi lain, gelato pada umumnya mengandung lemak yang jauh lebih rendah, sekitar 4-9% lemak.


Baca Juga :


Tapi, perlu diingat bahwa keduanya mengandung banyak gula. Satu porsi es krim vanilla 1/2-cup (78 gram) dapat mengandung 210 kalori dan 16 gram gula total. Sedangkan satu porsi gelato yang setara (88 gram) mengandung sekitar 160 kalori dan 17 gram gula

Mengingat bahwa Es krim dan gelato tinggi gula dan kalori, disarankan untuk dikonsumsi sesekali. Apalagi pengidap diabetes. Harus sangat dibatasi makan makanan beku ini.

Perbedaan Tekstur Gelato dan Es Krim

Gelato memiliki tekstur lebih lembut dan sedikit lebih padat daripada es krim. Kepadatan ini membuat gelato bisa memiliki lebih banyak rasa daripada es krim tradisional. Gelato juga biasanya menggunakan perasa dari sumber alami.

Es krim mengandung udara yang biasanya lebih tinggi yang membuat teksturnya lembut dan ringan. Butterfat pada es krim melapisi lidah, sehingga dibutuhkan waktu sedikit lebih lama untuk mendeteksi rasa es krim pada lidah.

Es krim dan gelato mengandung banyak kalori dan gula, jadi sobat harus membatasi asupan kedua cemilan makanan beku ini.

Itulah Perbedaan Gelato dan Es Krim. Kalau diet jangan mengkonsumsi eskrim dan gelato. Karena dapat menyebabkan diet sobat gatot alias gagal total.