Inilah Penyebab Sakit Ginjal


Penyebab Sakit Ginjal. Seperti kita ketahui, penyakit ginjal merupakan penyakit yang tidak bisa disepelekan karena akibat paling fatal ialah kehilangan nyawa. Ginjal adalah organ ekskresi dalam vertebrata yang berbentuk mirip kacang. Sebagai bagian dari sistem urin, ginjal berfungsi menyaring kotoran (terutama urea) dari darah dan membuangnya bersama dengan air dalam bentuk urin. Cabang dari kedokteran yang mempelajari ginjal dan penyakitnya disebut nefrologi.

Semakin tingginya angka kejadian penyakit ini di dunia, terutama di Indonesia membuat kita harus semakin peka terhadap tanda, gejala, dan berbagai penyebabnya.

Inilah Penyebab Sakit Ginjal

Karena tingginya angka kejadian, setiap tanggal 9 Maret ditetapkan sebagai hari ginjal sedunia. Berikut adalah 5 kebiasaan yang menyebabkan penyakit ginjal, menurut Leslie Spry, M.D., FACP, seorang ahli ginjal dari Amerika Serikat, seperti dikutip dari Huffington Post.

1. Menggunakan obat penghilang rasa sakit

Penggunaan yang berisiko ialah untuk jangka waktu yang lama. Penggunaan jangka panjang obat nyeri tertentu, terutama pada dosis tinggi, memiliki efek berbahaya pada jaringan dan struktur ginjal.

Obat penghilang rasa sakit resep dapat merusak dan mengurangi aliran darah ke ginjal. Obat Anti-Inflamasi Non Steroidal (NSAID) adalah penyebab utamanya.

Baca Juga : Penyebab Menstruasi Tidak Teratur

Sebanyak 1 sampai 3 persen kasus baru gagal ginjal kronis setiap tahun mungkin disebabkan oleh penggunaan berlebihan akan obat antinyeri

2. Makan dan minum banyak gula

Inilah Penyebab Sakit Ginjal

Terlalu banyak gula dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti diabetes dan obesitas. Keduanya ini merupakan faktor risiko penyakit ginjal, Oleh karena itu, konsumsi sedikit gula bisa mencegah diri kita dari berbagai penyakit berbahaya tersebut.

3. Merokok

Selama ini merokok diidentikkan dengan kerusakan paru-paru, jantung, dan hati. Tapi ternyata, ginjal pun bisa menjadi kronis akibat kebiasaan buruk ini. Hal ini karena orang yang merokok lebih cenderung memiliki protein dalam urin, yang merupakan tanda kerusakan ginjal. Penyakit yang mempengaruhi ginjal, seperti diabetes dan tekanan darah tinggi, juga diperburuk dengan merokok.

4. Paparan pewarna kontras yang biasa digunakan dalam pencitraan

Sebelum menjalani prosedur radiologi, seperti CT scan, sinar-X dan angiogram tertentu, periksakan fungsi ginjal ya. Pewarna yang harus disuntikkan ke tubuh untuk melakukan tes ini dapat menyebabkan masalah ginjal serius, termasuk cidera ginjal akut. Hal itu menyebabkan penurunan fungsi ginjal secara mendadak dan terjadi pada 20% pasien rawat inap dan lebih dari 45% pasien dalam keadaan kritis.

Baca Juga : Gejala dan Penyebab Bisul

5. Mengkonsumsi makanan tinggi sodium

Sejumlah besar sodium bisa meningkatkan kadar tekanan darah. Tekanan darah tinggi merusak ginjal dari waktu ke waktu dan merupakan penyebab utama gagal ginjal. Mulailah dengan mengurangi makanan olahan maupun makanan yang tinggi garam atau sodium.

Cara lain untuk menurunkan asupan garam diet adalah dengan mengikuti Diet DASH. DASH adalah singkatan dari Dietary Approaches to Stop Hypertension. Asupan garam yang tinggi ditambah dengan obesitas adalah penyebab penyakit berbahaya. Kombinasi dapat menyebabkan komplikasi tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan penyakit ginjal. [Nakita]

Itulah Penyebab Sakit Ginjal. yuk biasakan hidup sehat dengan menghindari 5 hal di atas.


One thought on “Inilah Penyebab Sakit Ginjal

  1. Pingback: Tips Menghindari Penyakit Tulang Belakang Low Back Pain • SoPasti.Com

Pastikan Komentar