Keluarga berencana (disingkat KB) adalah gerakan untuk membentuk keluarga yang sehat dan sejahtera dengan membatasi kelahiran. Kali ini sopasti akan menginformasikan Efek Samping KB Suntik 3 Bulan. Berbagai macam alat kontrasepsi bisa jadi pilihan bagi wanita yang ingin merencanakan kehamilan bersama pasangannya. Salah satunya lewat KB suntik 3 bulan.

KB suntik adalah salah satu metode kontrasepsi. Umumnya, cara kerja kontrasepsi yaitu mencegah terjadinya proses pembuahan dengan menjaga sel sperma dan sel telur agar tidak bertemu. Ada juga cara lainnya yaitu menghentikan produksi sel telur.

Melansir alodokter.com (12/03/18), KB jenis ini mampu mencegah kehamilan dengan cara menebalkan cairan vagina sehingga sperma sulit mencapai sel telur. Maka proses pembuahan bisa dihindarkan.

Keuntungan suntik KB 3 bulan diantaranya efektif mencegah kehamilan tanpa harus mengganggu produksi ASI bagi ibu yang menyusui. Selain itu tak perlu harus ke dokter dulu ketika ingin menghentikan KB. Cukup menghentikan pemakaiannya saja.

Efek Samping KB Suntik 3 Bulan

Meski demikian, KB suntik 3 bulan juga mempunyai efek samping seperti berikut ini.

Efek Samping KB Suntik 3 Bulan

erva-doce.info

1. Gemuk

Efek samping inilah yang sering jadi momok mengerikan para ibu. Setelah mengikuti KB suntik 3 bulan, badan jadi ‘mekar’.

2. Gangguan menstruasi

Salah satu kerugian memilih KB suntik 3 bulan adalah menstruasi terganggu seperti haid jadi tidak teratur, volume darah haid tidak tentu, kadang sedikit kadang banyak.

3. Sakit kepala

Bagi penderita migrain sebaiknya tidak memilih KB suntik 3 bulan karena memiliki efek samping menimbulkan sakit kepala. Selain itu yang memiliki riwayat penyakit jantung serta berisiko tinggi terkena osteoporosis juga tidak dianjurkan memilih KB suntik 3 bulan.


Baca Juga :


4. Masa tunggu subur lama

Bisa membutuhkan waktu hingga 1 tahun untuk kembali ke masa subur. Karena itulah bagi yang ingin punya anak cepat-cepat jenis KB ini tidak direkomendasikan.

5. Tulang rapuh

KB suntik 3 bulan bisa mengurangi kepadatan tulang. Tapi hal tersebut berlaku selama pemakaian. Jadi sebaiknya jangan gunakan untuk waktu lama. Varasikan dengan jenis kontrasepsi lainnya.

Itulah Efek Samping KB Suntik 3 Bulan, Bila ragu memilih KB bisa konsultasikan dengan dokter ya sobat. Semoga Bermanfaat.

 

  1. Beranda
  2. /
  3. Artikel, Kesehatan
  4. /
  5. Inilah Efek Samping KB Suntik...