Website – Salah satu komponen penting pada mobil ada pada bagian ban. Komponen ini memegang peran vital lantaran bersentuhan langsung dengan permukaan jalan. Jika pemilik mobil terlalu abai pada perawatan komponen yang satu ini, bukan tidak mungkin ban mobil bisa lebih cepat botak dari usia pemakaian normal.

Ban mobil memiliki usia pakai. Jika digunakan terus menerus, ban akan botak pada waktunya. Pada kondisi ini, performa ban sudah tidak optimal dan harus segera diganti dengan yang baru. Jika kamu memaksakan mengendarai ban yang sudah botak, hal ini justru sangat berbahaya.

Namun perlu diingat, ada sejumlah faktor yang menyebabkan ban mobil bisa lebih cepat botak dari usia normalnya. Seperti dilansir laman Nissan, berikut beberapa hal yang mempercepat botaknya ban mobil.

Tekanan angin

Tekanan angin yang tidak sesuai bisa menyebabkan ban cepat botak. Performa ban mobil tentunya dipengaruhi oleh tekanan angin di dalamnya, itu sebabnya setiap mobil sudah memiliki ketentuan tekanan angin masing-masing.

Nah, ketentuan soal tekanan angin perlu diperhatikan setiap kali kamu melakukan perjalanan, apalagi menempuh rute hingga ke luar kota. Soalnya, kelebihan atau kekurangan tekanan angin bisa membahayakan kamu saat berkendara.

Performa mekanisme mobil

Penyebab lain ban mobil cepat botak adalah rotasi ban yang salah. Banyak pengemudi yang kurang memahami mengenai rotasi ban, padahal ini cukup penting dilakukan untuk menghindari kebotakan pada ban di satu sisi saja.

Penyebab ban mobil botak di satu sisi sering terjadi karena pengemudi kerap kali membuang setir ke satu arah yang sama terus-menerus. Untuk menghindari hal ini, kamu bisa melakukan spooring agar ban memiliki kualitas yang baik.

Kesalahan penggunaan ban

Saat ingin membeli ban baru, usahakan kamu menggunakan komposisi ban yang sesuai dengan mobil. Jangan sampai asal pilih dan tidak tahu apakah ban yang akand ibeli sesuai atau tidak.

Baca juga: Ganti Busi Mobil Sebaiknya Sekaligus dan Tidak Ketengan, Ini Sebabnya

Usahakan juga membeli ban yang punya kualitas bagus dari produsen ternama. Harga murah memang kerap kali menggiurkan, namun jangan sampai ban mobil yang dibeli memiliki kualitas rendah. Alhasil, ban jadi cepat botak dan tidak awet saat digunakan.

Perhatikan juga kode-kode huruf pada ban, kode tersebut memiliki makna penting. Adanya kode pada masing-masing ban bertujuan untuk menunjukan kecepatan maksimal yang bisa kamu capai saat berkendara di jalan raya.

Cara mengemudi

Mengendarai mobil dengan kencang secara tiba-tiba lalu mengerem mendadak adalah salah satu teknik mengemudi yang perlu kamu hindari.

Selain itu, usahakan menghindari jalanan yang rusak, bergelombang, dan berlubang. Jika terpaksa melewati jalan tersebut, melaju lah secara perlahan dan jangan sampai ban terbentur keras dengan lubang.

via momobil