Buat kamu yang sering memakai laptop atau PC, pasti sudah tidak asing lagi dengan SSD kan? Sebagai media penyimpanan yang sama seperti halnya HDD, SSD bisa menjadi alternatif untuk meningkatkan kinerja perangkatmu.

SSD atau Solid State Drive adalah salah satu jenis media penyimpanan yang memiliki beragam ukuran dan kapasitas. Tapi, ada kelebihan dan kekurangan SSD yang perlu kamu tahu sebelum menggunakannya di PC maupun laptop.

Kalau dulu hanya disediakan kapasitas hingga 128 GB saja, sekarang ini berbagai merk SSD terbaik menghadirkan kapasitas sampai 2 TB. Nah, sebelum menggunakannya, coba kamu pertimbangkan dahulu beberapa kelebihan maupun kekurangan yang ada di SSD seperti di bawah ini.

Ini Kelebihan dan Kekurangan SSD
SSD memiliki keunggulan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan sebelum membelinya.

Desain lebih kecil dan tipis tapi harga mahal

Berbeda dengan HDD, SSD dibuat tanpa ada komponen yang bergerak di dalamnya. Tidak heran kalau media penyimpanan ini desainnya lebih kecil dan tipis. Kalau kamu membeli laptop yang tipis, SSD yang terpasang pasti lebih tipis lagi. Tapi jangan salah, kemampuannya tetap lebih baik dibandingkan HDD, loh.

Meski desainnya yang tipis, ternyata harganya dibanderol lebih mahal dibandingkan HDD. SSD menggunakan teknologi yang lebih mutakhir dengan fiturnya yang mendukung untuk mempercepat kinerja perangkat.

Dengan memasangkan teknologi dan fitur yang lebih bagus, harga yang dibanderol juga akan semakin mahal. Kelebihan dan kekurangan SSD inilah yang membuat sebagian pengguna berpikir ulang untuk membelinya.

Memiliki speed lebih cepat tapi kapasitas lebih sedikit

Di poin sebelumnya sempat dijelaskan kalau SSD memakai teknologi yang lebih bagus daripada HDD. Itulah kenapa media penyimpanan tersebut memiliki performa yang jauh lebih kencang dibandingkan jenis penyimpanan lainnya.

Kamu bisa melihatnya dari saat mulai booting sampai membuka beberapa aplikasi sekaligus atau melakukan multitasking. Kecepatan performa tersebut dikarenakan SSD dapat membaca sekaligus menulis data jauh lebih cepat daripada HDD.

Sayangnya, kapasitas yang disediakan oleh SSD justru jauh lebih sedikit dibandingkan HDD. Balik lagi, kalau menginginkan kapasitas yang lebih besar, kamu harus merogoh kocek lebih banyak, karena harganya yang mahal.

Sampai saat ini, beberapa merk SSD menghadirkan kapasitas hingga 4 TB. Pastinya kapasitas tersebut dibanderol harga mahal sampai belasan juta. Berbeda dengan HDD yang menawarkan kapasitas 4 TB masih di bawah Rp 5 juta.

Kamu wajib banget mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan SSD ini, khususnya kamu yang memiliki budget terbatas untuk memiliki kapasitas yang besar.

Daya tahan yang bagus tapi masa pakai ditentukan

SSD memiliki beberapa jenis dengan ukuran yang berbeda. Ada yang seukuran dengan HDD pada umumnya, ada juga yang lebih kecil seperti ukuran RAM.

Tapi, apapun jenis SSD, desainnya tetap cukup ringan dan ramping. Tidak heran dengan desain tersebut daya tahannya lebih kuat, apalagi tidak ada komponen penggerak di dalamnya seperti HDD. Mulai dari benturan, terjatuh, sampai suhu yang ekstrim membuat ketahanan SSD tetap bagus.

Di faktor lainnya, masa pakai SSD lebih lama dibandingkan HDD yang di dalamnya memiliki komponen bergerak. SSD yang tidak mengeluarkan suara dan sedikit mengkonsumsi daya baterai juga membuat waktu pakainya semakin lama dengan suhu yang tidak cepat panas.

Hanya saja, meski masa pakainya lama, umur pemakaian SSD sudah ditentukan. Artinya, umur pakai SSD bergantung pada pemakaian write atau berapa banyak daya yang ditulis.

Contohnya pada SSD 120 Gb memiliki maksimal menulis data hingga 300 TB. Kalau sudah mencapai 300 TB, SSD tersebut akan rusak dan tidak dapat digunakan lagi.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan SSD yang perlu kamu pertimbangkan sebelum menambahkannya ke perangkatmu. Ada baiknya kamu menyesuaikannya dengan kebutuhan, terutama budget. Kalau memang belum membutuhkannya, sebaiknya gunakan HDD dulu saja, apalagi kapasitasnya lebih banyak dengan harga yang lebih terjangkau.

via Pemmzchannel