Menjadi montir alias mekanik merupakan pekerjaan yang keren. Karena secara langsung kita mengerti kinerja mesin dan komponen mobil.

Montir alias mekanik, merupakan pekerjaan yang cukup banyak pelakunya di dunia otomotif Tanah Air. Hal ini karena pekerjaan tersebut berbanding dengan pertumbuhan industri otomotif Indonesia yang senantiasa bertumbuh setiap tahunnya. Dengan banyaknya pertumbuhan industri otomotif, otomatis pembelian mobil pun semakin banyak. Sehingga akan semakin banyak mobil yang perlu jasa perawatan dan perbaikan. Sehingga pekerjaan montir selalu banyak dibutuhkan orang.

Namun untuk menjadi montir yang handal dan terpercaya bukanlah pekerjaan gampang. Karena di lapangan, cukup banyak ditemukan montir-montir yang tidak bertanggungjawab. Misalkan seperti hasil pekerjaannya yang tidak berkualitas, sehingga malah menimbulkan kerusakan lebih parah pada mobil. Ada juga yang langsung tembak harga perbaikan sebelum memeriksa dengan detail kerusakan yang terdapat pada mobil. Bahkan ada juga yang menipu calon pelanggan sehingga membuat pelanggan trauma dengan perawatan dan perbaikan mobil.

Lalu bagaimana langkah menjadi montir yang handal dan bisa dipercaya konsumen? Nah ini cara mudahnya!

–> Temukan mobil bekas bersertifikasi hanya di Official Store CARRO Automall Tokopedia

1.Wajib Menyukai Otomotif

Hal pertama yang paling mendasar adalah kamu wajib memiliki passion di bidang otomotif, baik itu mobil atau motor. Karena ketika kamu memiliki ketertarikan yang kuat, maka kamu akan lebih mendalami bidang tersebut dengan senang hati. Sehingga ke depannya akan menambah ilmu teknis kamu.  Selain itu dengan bekerja sesuai passion, maka kamu akan merasa senang mengerjakan semua pekerjaan, tanpa menganggap pekerjaan tersebut adalah hambatan.

2. Belajar Ilmu Otomotif

Ingin Menjadi Montir Yang Handal dan Terpercaya? Ini Caranya!

Sedikit banyak, kamu harus belajar ilmu dasar teknis otomotif. Mulai dari prinsip kerja mesin, prinsip mesin mobil, prinsip kerja kaki-kaki mobil dan bagaimana cara bongkar pasangnya. Untuk awal-awal, bisa mulai praktik dengan mobil tua terlebih dahulu. Karena biasanya mobil tua memiliki sistem mekanis yang lebih sederhana, dan tanpa diribetkan akan integrasi dnegan komputer mobil. Sehingga membuat kamu bisa lebih paham cara kerja sistem peralatan di mobil.

3. Ikut Kursus Atau Pelatihan Montir

Agar lebih luwes dan semakin menguasai, maka sebaiknya kamu mengikuti kursus atau pelatihan mekanik. Karena di dalam pelatihan tersebut, dijamin banyak ilmu baru yang bisa kamu serap dengan baik. Selain itu jadi lebih mengetahui cara membongkar suatu komponen mobil tanpa harus mengorbankan suku cadang tertentu.

-> Mobil Sport di Indonesia Penyakitan, Apa Saja Sebabnya?

4. Menimba Ilmu di Bengkel Resmi Atau Spesialis

montir bengkel resmi

Langkah yang tidak kalah penting adalah sebaiknya kamu menimba pengalaman di dunia kerja, agar lebih paham dan mendalami. Kamu bisa ikut magang di bengkel resmi atau spesialias. Atau lebih baik lagi kalau kamu bisa sekalian bekerja di bengkel tersebut. Jadi selain belajar lebih dalam, kamu juga bisa mendapatkan penghasilan dari passion kamu. Sehingga menjadi win-win solution bagi kamu. Dengan semakin bertambahnya jam terbang, maka kamu akan semakin paham cara memperbaiki kerusakan mobil.

5. Jaga Kepercayaan Konsumen

Hal yang paling mewah bagi seorang mekanik adalah mendapatkan kepercayaan dari konsumen. Sebaiknya, jaga hal ini dengan sebaik mungkin. Karena kastemer yang sudah percaya dengan kapabilitas kamu, kastemer tersebut akan merekomendasikan kamu ke teman-teman lainnya. Sehingga nama kamu akan semakin terkenal dan terpercaya. Jadi, sebisa mungkin jagalah kualitas kerjamu, dan pada saat yang bersamaan jaga kepercayaan konsumen. Jangan pernah sekalipun mengecewakan konsumen.

–> Sedang cari mobil yang Anda inginkan? Silakan cek website Carro

via CARRO