Berencana untuk beli mobil klasik & retro? Jangan langsung bernafsu untuk membeli, namun perhatikan terlebih dahulu hal penting berikut ini

Punya hobi mobil klasik memang menyenangkan. Selain dapat mengurangi stress, mobil klasik juga bisa menjadi investasi yang sangat menguntungkan. Namun jika belum pengalaman dalam beli mobil klasik atau retro, perlu kehati-hatian dalam memulai hobi baru Anda tersebut. Karena jika salah pilih, justru bisa membawa kerugian yang tak kalah besar.

Untuk memudahkan Anda dalam membeli mobil klasik & retro, CARRO Indonesia akan berikan beberapa tips jitu. Namun harap diingat, beli mobil klasik tidaklah sama seperti membeli mobil bekas pada umumnya. Namun jangan kuatir, simak saja tipsnya berikut ini.

1. Tentukan tujuan utama Anda beli mobil klasik

<div>Ingin Beli Mobil Klasik & Retro? Perhatikan Hal Berikut Ini</div>

Sebagai langkah awal, tentunya tujuan utama Anda dalam beli mobil klasik, apakah mau dijadikan investasi, hobi atau sekedar ingin dinikmati sebagai kendaraan harian. Tujuan awal Anda tersebut akan sangat mempengaruhi banyak hal, mulai dari pilihan mobil hingga budget. Pikirkan dengan matang atau banyak-banyak berkonsultasi dengan pelaku atau kolektor mobil klasik.

–> New Honda Civic Type R Hadir Dengan Tampilan Lebih Agresif

2. Pilih mobil yang diinginkan dengan hati-hati

Mobil klasik Mercedes-Benz

Tak semua mobil klasik bisa menjadi investasi atau nyaman digunakan untuk harian

Ada banyak pilihan mobil klasik dan retro, mulai dari buatan Jepang, Eropa atau Amerika. Setiap mobil juga memiliki karakter dan tingkat kesulitan tersendiri dalam merawat atau berburu suku cadangnya. Dan perlu diingat pula, tak semua mobil klasik layak untuk dijadikan investasi. Oleh karena itu sering-seringlah mencari informasi dari berbagai sumber.

3. Tentukan budget

budget mobil

Persiapkan budget dengan teliti agar tak merugi

Hal penting selanjutnya adalah menentukan budget. Selalu siapkan dana tak terduga untuk servis atau rekondisi. Jika dana masih mepet atau belum tersedia, sebaiknya jangan memaksa. Jangan sampai hobi baru Anda ini memberatkan finansial Anda. Bersabar selalu menjadi pilihan bijak dalam berburu mobil klasik atau retro.

–> Kemewahan Paripurna Dengan Mercedes-Benz S-Class Terbaru

4. Bergabung dengan komunitas dan rajin berkonsultasi

komunitas mobil klasik

Ada banyak keuntungan ketika Anda bergabung dengan komunitas mobil klasik

Ada banyak keuntungan dalam bergabung dalam komunitas. Selain bisa konsultasi, umumnya komunitas juga menawarkan banyak hal, mulai dari sharing tips dan trik hingga jual beli mobil atau komponen. Untuk itu, jangan ragu untuk bergabung dengan komunitas, bahkan sebelum Anda membeli mobil klasik atau retro.

5. Teliti dalam memeriksa

pengecekan mobil

Lakukan pengecekan dengan super teliti di setiap bagian mobil

Mirip dengan membeli mobil bekas, dalam berburu mobil klasik juga membutuhkan ketelitian ekstra untuk melihat kondisinya. Jangan hanya tergoda harga murah atau kondisi mulus, namun periksa dengan teliti di semua bagian. Jika tak terlalu mengerti, sebaiknya ajak teman, kerabat atau mekanik kepercayaan untuk menemani Anda saat mengecek kondisi mobil klasik atau retro.

–> Wah! Promo #CARROsalamTHR Hadir di bulan Ramadhan!

6. Pilih bengkel terpercaya

Bengkel mobil klasik

Pilih bengkel yang terpercaya agar proses perbaikan atau rekondisi dapat berjalan lancar

Tahapan krusial lainnya adalah memilih bengkel terpercaya. Karena nantinya Anda akan kerap berurusan dengan bengkel, baik untuk perawatan, rekondisi atau berburu komponen. Maka dari itu, akan sangat membantu dalam memilih bengkel terpercaya. Memang tak mudah, namun Anda bisa memulainya dengan berkonsultasi dengan teman, grup dan komunitas. Semangat ya!

–> Sedang cari mobil yang Anda inginkan? Silakan cek website Carro

via CARRO