Industri Cloud Gaming telah mendapatkan traksi yang sangat tinggi akhir-akhir ini. Berbagai layanan, seperti Xbox Cloud Gaming atau GeForce Now menjadi hidup saat ini menjadi layanan yang banyak digunakan pengguna, menandakan format ini telah diterima oleh komunitas game.

Newzoo telah mengkonfirmasi dalam laporan terbaru mereka bahwa pasar cloud gaming terus tumbuh dengan stabil. Tidak hanya itu, mereka memperkirakan bahwa pasar akan mencapai $6,5 miliar dalam pendapatan tahunan global pada tahun 2024.

Beberapa faktor paling berpengaruh di balik pertumbuhan cloud gaming. Mereka mengatakan bahwa lockdown COVID-19 yang terjadi di seluruh dunia yang telah berlangsung hingga tahun 2021 menjadi salah satu pendorong.

Tak ketinggalan, kelangkaan part komputer, seperti CPU dan GPU serta kelangkaan konsol seperti PS5 juga menjadi pendorong. Selain itu, diversifikasi model bisnis cloud gaming, dengan beberapa layanan (seperti Facebook Cloud Gaming) memilih untuk menyediakan game melalui cloud tanpa disadari oleh pengguna.

Peningkatan berikutnya dalam kesadaran konsumen tentang Cloud Gaming berkat peningkatan upaya pemasaran dan layanan yang diluncurkan di seluruh dunia juga menjadi salah satu alasan.

Laporan selanjutnya berbicara tentang Serviceable Obtainable Market (SOM). Pemain di pasar negara berkembang mendapat skor lebih tinggi dalam kesadaran game cloud daripada di pasar Barat.

Hal ini karena perangkat keras game menjadi lebih mahal di wilayah tersebut. Dengan demikian, para pemain ini melihat nilai tambah yang lebih tinggi di Cloud Gaming daripada di jenis perangkat keras lainnya.

Tentu saja, semuanya tidak hanya berkisar pada minat. Streaming game secara keseluruhan menjadi kurang ketat dalam hal persyaratan koneksi. Koneksi internet juga meningkat di seluruh dunia, sehingga kendala teknis tidak lagi menjadi masalah.

Dengan pemikiran ini, SOM sekarang diwakili menjadi 42%, tumbuh hampir 48% pada tahun 2024. Jadi, apa yang akan membuat pasar tetap tumbuh mulai sekarang?

Nah, ada beberapa hal yang membuat Newzoo tetap yakin dengan ramalannya. Newzoo berpendapat bahwa pertumbuhan yang kuat untuk Cloud Gaming harus diharapkan tahun ini dan menjelang 2024 karena alasan berikut:

  • Penerbit telah menggunakan cloud gaming sebagai opsi distribusi alternatif.
  • Layanan cloud baru terus diluncurkan sementara yang sudah ada terus berkembang.
  • Kemajuan teknologi dan rencana bisnis yang lebih halus memungkinkan pengalaman pengguna yang semakin lancar.
  • Efek COVID-19 berlanjut ketika wabah baru dan penguncian terjadi.
  • Mengamankan perangkat keras akan terus menjadi tantangan hingga setidaknya 2022.

Mengenai poin terakhir itu, Anda mungkin telah melihat bahwa kelangkaan chip global terus berlanjut di seluruh industri di luar game. Produsen di seluruh dunia di pasar produk otomotif dan elektronik konsumen telah menderita kekeringan.

Terlepas dari semua pertumbuhan positif ini, masih akan memakan waktu beberapa tahun sebelum orang yang membayar layanan cloud gaming akan melihatnya sebagai cara utama mereka untuk bermain video game.

Sementara cloud gaming adalah alternatif yang bagus untuk orang-orang di pasar negara berkembang, itu masih perlu mengatasi masalah terkait kecepatan internet.

via Pemmzchannel