INCIDAL Obat Alergi


SoPasti.Com – INCIDAL Obat Alergi, Incidal-OD caplet 10 mg adalah obat yang digunakan untuk mengobati berbagai kondisi alergi (Rhinitis perennial, rhinitis alergi musiman dan kronis, atau urtikaria idiopatik). Incidal-OD caplet 10 mg mengandung Cetirizine, obat antihistamin generasi kedua yang merupakan antagonis kuat dan sangat selektif terhadap histamin perifer H1-reseptor.

Berikut ini adalah informasi lengkap obat Incidal-OD caplet 10 mg yang disertai tautan merk-merk obat lain dengan nama generik yang sama.

PABRIKINCIDAL Obat Alergi

Bayer Indonesia

GOLONGAN

Harus dengan resep dokter

KEMASAN

Incidal-OD caplet 10 mg dipasarkan dengan kemasan sebagai berikut :

  • Dos 5 x 10 caplet 10 mg

KANDUNGAN

Incidal-OD caplet 10 mg mengandung zat aktif (nama generik) sebagai berikut :

  • Cetirizine HCl 10 mg/caplet

Cetirizine adalah obat yang digunakan untuk mengobati berbagai jenis alergi seperti rinitis menahun, rinitis alergi seasonal, konjungtivitis, pruritus, dan urtikaria idiopati kronis. Cetirizine adalah obat yang termasuk golongan antihistamin generasi kedua, yang merupakan antagonis kuat dan sangat selektif terhadap histamin perifer H1-reseptor pada sel-sel efektor di saluran pencernaan, pembuluh darah dan saluran pernafasan.

INDIKASI

Kegunaan Incidal-OD caplet 10 mg (Cetirizine) adalah untuk pengobatan kondisi-kondisi berikut :

  • Obat ini digunakan untuk mengobati rhinitis alergi (hay fever), efektif untuk mengurangi gejala baik pada mata maupun hidung seperti : bersin, hidung meler, rasa gatal atau terbakar pada mata.
  • Obat pilihan untuk mengobati urtikaria akut maupun kronis. Obat yang mengandung Cetirizine diketahui lebih efisien daripada antihistamin generasi kedua lainnya. Obat ini juga lebih dipilih daripada diphenhydramine karena Cetirizine mempunyai efek samping yang lebih kecil terhadap sistem saraf pusat.
  • Seperti loratadine, Obat yang mengandung  Cetirizine bisa digunakan untuk mengurangi gejala-gejala pada penyakit Kimura (kimura’s disease). Kimura’s disease adalah suatu penyakit yang mempengaruhi kelenjar getah bening dan jaringan lunak pada kepala dan leher dalam bentuk lesi seperti tumor.

KONTRAINDIKASI

  • Jangan menggunakan obat ini untuk pasien yang memiliki riwayat hipersensitif pada Cetirizine.

EFEK SAMPING INCIDAL-OD CAPLET 10 MG

Berikut adalah beberapa efek samping Incidal-OD caplet 10 mg (Cetirizine) :

  • Efek samping yang paling umum dari obat golongan anti histamin adalah sedasi dan retardasi psikomotor. Namun karena obat ini termasuk golongan anti histamin non sedatif, efek samping ini relatif jarang namun tetap harus diwaspadai.
  • Efek samping yang lain misalnya mengantuk, insomnia, kelelahan, pusing, sakit kepala, faringitis, sakit perut, batuk, diare, epistaksis, bronkospasme, mual, muntah, dan mulut kering.

PERHATIAN

Hal-hal yang perlu diperhatikan pasien selama menggunakan obat Incidal-OD caplet 10 mg adalah sebagai berikut :

  • Meskipun efek sedasinya relatif jarang, namun tetap harus diwaspadai. Sebaiknya anda tidak mengemudi atau menyalakan mesin selama menggunakan obat ini. Penggunaan alkohol akan meningkatkan efek sedasi obat ini.
  • Pemakaian antihistamin harus dihentikan sekitar 48 jam sebelum menjalani tes alergi kulit, karena dapat mengganggu hasil tes.
  • Penggunaan obat anti histamin untuk ibu menyusui, sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan dosis terendahnya.
  • Penggunaan Incidal-OD caplet 10 mg untuk pasien epilepsi dan pasien dengan risiko kejang, pasien dengan penurunan fungsi hati dan ginjal, usia tua, wanita hamil dan ibu menyusui harus dilakukan dengan hati-hati.

DOSIS INCIDAL-OD CAPLET 10 MG

Incidal-OD caplet 10 mg (Cetirizine) diberikan dengan dosis sebagai berikut :

  • Dewasa dan anak usia > 12 tahun : 1 x sehari 1 tablet (10 mg). Diberikan saat makan malam.
  • Anak 6-12 tahun : 10 mg setiap hari baik sebagai dosis tunggal atau sebagai dosis terbagi 5 mg (½ tablet) di pagi hari dan di malam hari.

Note :

  • Dosis untuk orang lanjut usia/ pasien dengan penurunan fungsi hati atau ginjal : kurangi dosis menjadi ½ dosis yang dianjurkan.

Aturan pakai :

  • Bisa diminum dengan atau tanpa makanan.

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.

Pastikan Komentar