JAKARTA, – Mengingat segala sesuatunya saat ini terasa begitu mahal, banyak orang mulai berpikir tentang bagaimana cara menekan pengeluaran alias berhemat agar kantong tidak jebol.

Salah satu langkah berhemat bisa diwujudkan dalam bentuk menumbuhkan bahan makanan di rumah, ketimbang harus membelinya.

Perlu diketahui bahwa ada cukup banyak bahan makanan yang bisa ditumbuhkan kembali di rumah, sehingga tidak hanya membuat hemat, tapi juga mendapatkan yang lebih segar.

Baca juga: 4 Pilihan Pot untuk Tanaman Sayuran

Dilansir dari Asia One, Jumat (7/5/2021), berikut ini beberapa bahan makanan yang bisa kamu tumbuhkan kembali dengan mudah di rumahmu.

Daun bawang bisa layu dengan lebih sangat cepat apabila terus disimpan di kulkas. Solusi sederhana untuk ini adalah menumbuhkannya sendiri.

Yang harus dilakukan adalah memotong ujung akar daun bawang, menyisakan sekitar 3 cm, dan menempatkannya dalam semangkuk air.

Setelah daun bawang mencapai tinggi kira-kira 10 cm, pindahkan ke dalam panci. Siram setiap hari dan nikmati panen setelah 5-7 hari.

Baca juga: Cara Mudah Menanam Sayuran di Dalam Pot

Seledri adalah salah satu sayuran dengan perawatan paling rendah yang dapat ditanam siapa pun. Potong akar bagian bawah seledri (sekitar 5-7 cm) dan letakkan tegak di dalam mangkuk berisi air.

Tanam kembali di tanah setelah tampak muncul tunas baru. Ini akan memakan waktu sekitar 3-5 hari. Panen setelah batang seledri mencapai tinggi minimal 15 cm (kurang lebih 3 bulan).

Potong sekitar 2 hingga 3 cm dari bagian atas serai dan masukkan ke dalam stoples berisi air selama kurang lebih 2 minggu.

Ganti air setiap hari. Setelah akarnya mulai mengeras, pindahkan batangnya ke dalam pot. Panen saat batang tumbuh mencapai 30cm.

via Kompas