Sakit kepala yang secara medis dikenal sebagai cephalalgia atau dilafalkan cephalgia adalah suatu kondisi terdapatnya rasa sakit di dalam kepala: kadang sakit di belakang leher atau punggung bagian atas, disebut juga sebagai sakit kepala. Sakit kepala bisa menyerang siapa saja, Hal Sepele Penyebab Sakit Kepala. Namun, pernahkah Anda bertanya-tanya, apa sih penyebab sakit kepala? Ternyata sakit kepala bukan hanya karena stres atau gangguan pada otak yang dapat memicu sakit kepala, tapi adapula hal-hal sederhana yang bisa menyebabkan sakit kepala.

Rasa nyeri ini pada daerah kepala dan leher yang disebabkan oleh berbagai  macam penyebab. Sakit kepala merupakan akibat dari gangguan pada struktur-struktur sensitif yang sensitif terhadap nyeri di daerah kepala dan leher, yaitu kulit kepala, jaringan bawah lemak kepala, otot-otot kepala dan leher, pembuluh darah, mata, telinga, gigi, sinus, tenggorok bagian atas, serta saraf – saraf di kepala.

Sakit kepala dibagi menjadi sakit kepala primer (tanpa penyebab khusus lain) dan sakit kepala sekunder(disebabkan kelainan lain di kepala/leher). Primer terdiri dari migren, nyeri kepala tipe tegang, nyeri kepala tipe klaster, dan nyeri kepala akibat gangguan saraf pada wajah. Sakit kepala tipe tegang adalah sakit kepala primer yang paling sering ditemui. Sekunder dibagi berdasarkan penyebabnya, yaitu sakit kepala yang berkaitan dengan cedera kepala/leher, gangguan peredaran darah, penggunaan obat-obatan, infeksi, kelainan darah, kelainan kejiwaan, dan gangguan struktur sensitif nyeri lainnya.

Inilah Hal Sepele Penyebab Sakit Kepala

1. Aroma yang menyengat

Aroma yang menyengat seperti aroma cat, minyak wangi dan beberapa jenis bunga bisa memicu sakit kepala lho. Sebenarnya pemicu sakit kepala bukan wangi aromanya melainkan bahan-bahan kimia yang terdapat di dalamnya.

Pada sebagian orang, bahan-bahan kimia tersebut dapat menyebabkan pelebaran pembuluh darah secara tiba-tiba sehingga suplai darah dan oksigen berkurang, sehingga memicu sakit kepala.

2. Gerakan atau postur tubuh yang salah

Inilah Hal Sepele Penyebab Sakit Kepala

www.methodisthospitals.org

Seringkali kita melakukan aktivitas dengan postur tubuh yang salah, misalnya menjepit telepon di antara telinga dan pundak. Duduk dengan kursi tanpa penyangga punggung serta jarak pandang yang terlalu dekat atau terlalu jauh misalnya pada monitor atau TV juga bisa memicu sakit kepala.

3. Melewatkan makan

Jangan sekali-kali melewatkan jam makan ya! Hal ini menyebabkan kadar gula dalam darah menurun. Saat perut kosong, hindari mengkonsumsi makanan manis, terutama permen, karena akan memperparah kadar gula darah. Belum lagi pada penderita gastritis, terlambat makan dapat memicu naiknya asam lambung dan dapat memberikan efek sakit kepala.


Baca Juga:


4. Ikatan rambut

Kepangan atau penggunaan headband yang terlalu kencang dapat menyebabkan penghubung jaringan dikulit kepala menegang sehingga memicu sakit kepala.

5. Aktivitas seks dan latihan fisik yang berlebihan

Tahukah Anda, aktivitas seks dan latihan fisik seperti olahraga yang berlebihan juga bisa menyebabkan sakit kepala. Walaupun hal ini memang jarang terjadi, namun keduanya terbukti dapat menjadi penyebab sakit kepala, terutama bagi penderita migrain dapat membuat rasa sakit kepala meningkat karena suplai oksigen dan darah berkurang.

Itulah Hal Sepele Penyebab Sakit Kepala. Yang sering sakit kepala perhatikan hal-hal diatas ya.