Intel mungkin akan merilis kartu grafis diskrit baru mereka untuk penggemar game lebih cepat daripada nanti, setidaknya menurut posting pekerjaan yang di-tweet oleh seorang karyawan Intel.

Pete Brubaker, spesialis hubungan pengembangan game dari Intel, men-tweet posting pekerjaan di situs Intel untuk Insinyur Hubungan Pengembang Game Senior, mengatakan bahwa “DG2 sudah dekat, ini akan menjadi menarik.”

Menurut postingan tersebut, peran tersebut membutuhkan kerja sama dengan pengembang game untuk mengoptimalkan game mereka agar dapat berjalan di perangkat keras Intel, yang dalam hal ini tampaknya terkait dengan kartu grafis HPG Xe mereka yang akan datang.

Tidak banyak yang kami ketahui tentang gpu ini, tetapi beberapa spesifikasi telah bocor sejauh ini, dan menurut Digital Trends, Intel Xe HPG dapat mencapai kinerja di suatu tempat antara RTX 3070 dan RTX 3080, yang akan menjadi kudeta besar untuk Tim Biru.

Kartu baru ini dikatakan memiliki fitur ray tracing dan akan menampilkan jenis teknologi super sampling yang mirip seperti Nvidia DLSS (Deep Learning Super Sampling). Ini memiliki efek meningkatkan frekuensi gambar secara dramatis, terutama saat ray tracing diaktifkan, dan sangat penting untuk mendapatkan game 4K/60 FPS pada judul AAA modern.

Kami telah menunggu beberapa saat sekarang untuk mendengar sesuatu tentang jawaban AMD untuk DLSS Nvidia, tetapi AMD sangat tidak berkomitmen tentang tanggal rilis fitur untuk kartu grafis Big Navi mereka.

Ini adalah masalah berkelanjutan bagi AMD, karena tanpa teknologi supersampling, kartu grafis baru mereka seperti Radeon RX 6800 XT berkinerja lebih buruk dari kartu RTX 3080 saingan Nvidia dalam hal kinerja penelusuran sinar 4K. Karena di sinilah pasar yang antusias benar-benar bergerak, satu-satunya cara untuk benar-benar mendapatkan kinerja semacam itu adalah dengan sesuatu seperti DLSS.

Jika Intel akhirnya membawa GPU gaming diskrit baru mereka ke pasar dengan ray tracing dan supersampling, maka akan ada lebih banyak tekanan pada AMD untuk mengeluarkan teknologi supersampling mereka.

via Pemmzchannel