Gejala Penyakit Jantung yang Perlu diketahui


SoPasti.Com – Jantung berfungsi mengedarkan darah keseluruh tubuh. Jika ada yang tidak beres dengan jantung sobat, maukah sobat mengetahuinya? Tidak semua masalah jantung datang dengan tanda-tanda yang jelas. Beberapa gejala jantung bahkan tidak terjadi di dada. Inilah Gejala Penyakit Jantung yang Perlu diketahui oleh semua orang.

Jika berusia 60 tahun atau lebih, kelebihan berat badan, atau menderita diabetes, kolesterol tinggi, atau tekanan darah tinggi, kata Vincent Bufalino, MD, juru bicara American Heart Association. “Semakin banyak faktor risiko yang sobat miliki,” katanya, ” Sobat semakin harus khawatir tentang apa pun yang mungkin berhubungan dengan jantung.

Gejala Penyakit Jantung yang Perlu diketahui

Inilah Beberapa gejala awal penyakit jantung :

1. Nyeri dada

Nyeri dada Gejala Penyakit Jantung yang Perlu diketahui
TheHealthSite.com

Ini adalah tanda bahaya jantung yang paling umum. Jika sobat memiliki arteri yang tersumbat atau mengalami serangan jantung, Sobat mungkin merasakan sakit, sesak, atau tekanan di dada. Tidak hanya sakit pada dada, nyeri yang dirasakan juga bisa menjalar hingga ke leher, bahu, rahang, punggung hingga lengan. Nyeri ini bisa berlangsung selama beberapa hari atau beberapa minggu. Namun, tingkat sakit nyeri bisa berbeda-beda tergantung seberapa banyak plak yang menumpuk di arteri koroner jantung. Lansung ke dokter ya sobat bila nyeri tak tertahankan.

2. Aritmia

Aritmia Gejala Penyakit Jantung yang Perlu diketahui
Virtual Medical Centre

Aritmia adalah kelainan jantung yang ditandai dengan detak dan ritme jantung yang tidak teratur.  Banyak orang yang mengalami Aritmia merasakan bahwa detak jantungnya berhenti sebentar, tapi kemudian dilanjutkan kembali dengan irama yang kencang. Aritmia terjadi ketika aliran listrik / sinyal syaraf yang mengatur detak jantung tidak berfungsi dengan baik.

3. Pingsan

Pingsan Gejala Penyakit Jantung yang Perlu diketahui
NetDoctor

Pingsan adalah salah satu gejala penyakit jantung yang sering terjadi. Pada umumnya, pingsan tidak menandakan adanya masalah kesehatan yang serius. Sangat penting mencari tahu penyebab pingsan bisa jadi itu adalah serangan jantung. Langsung periksakan diri sobat ke dokter ya.

4. Cepat Lelah

Cepat Lelah Gejala Penyakit Jantung yang Perlu diketahui
limaohio.com

Gejala peyakit jantung yang harus disadari yakni ketika sobat merasa cepat lelah tanpa disadari. Bahkan saat kegiatan yang dilakukan cukup sederhana dan tidak memerlukan banyak usaha. Sobat mungkin akan merasakan tanda umum berupa tubuh lemas dan sering gemetar. Sobat juga ingin selalu merebahkan diri jika merasa lelah. “Selama 25 tahun praktik, saya melihat orang-orang yang mengalami serangan jantung melaporkan mereka mengalami kelelahan dan tidak bisa beraktivitas normal,” ujar Dr. Rosen


Baca juga:


5. Pusing

Pusing Gejala Penyakit Jantung yang Perlu diketahui

Pusing adalah kondisi yang dirasakan seseorang saat diserang sensasi seperti akan pingsan, kepala terasa berat (atau justru melayang), badan lemas, dan penglihatan yang semakin kabur. “Ini bisa berarti tekanan darah Anda turun karena jantung Anda tidak mampu memompa seperti seharusnya,” kata Bufalino. Duduk dan berbaringlah sejenak.  Jangan lupa periksakan diri sobat ke dokter.

6. Sesak Nafas

Sesak Nafas Gejala Penyakit Jantung yang Perlu diketahui
The Active Times

Sesak napas adalah gejala penyakit jantung umumnya mungkin terjadi bersamaan dengan nyeri dada. Sobat bisa mengalami kesulitan bernapas kapan pun, misalnya saat sedang berbaring tapi kemudian akan mulai membaik ketika duduk dengan posisi tegak. Jadi bisa dikatakan bahwa sesak napas adalah salah satu pertanda medis yang tidak bisa dianggap sepele dan langsung periksakan kondisi kesehatan sobat ke dokter ya.

Itulah Gejala Penyakit Jantung yang Perlu diketahui. Jangan sepelekan setiap tanda-tanda penyakit atau gejala penyakit jantung maupu gejala penyakit lainnya. Segera periksakan kesehatan sobat ke dokter atau langsung ke rumah sakit.

via 1, 2, 3


Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.

Pastikan Komentar