Sebelumnya sopasti menginformasikan Gejala Penyakit Jantung yang Perlu diketahui. Sekarang kita juga harus baca Gejala Kanker yang harus diketahui. Dikarenakan penyakit kanker sering terdeteksi pada stadium lebih lanjut bahkan banyak terdeteksi pada stadium akhir. Penyakit Kanker merupakan salah satu penyakit yang menyebabkan kematian.

Dalam upaya untuk meningkatkan diagnosis dini berbagai kanker pria dan wanita, para ilmuwan Inggris melihat gejala apa yang paling mungkin mengindikasikan kanker pada orang di berbagai kelompok risiko termasuk usia dan jenis kelamin.

Untuk penelitian, yang diterbitkan dalam British Journal of General Practice (BJGP), para peneliti dari Keele University di Inggris menganalisis 25 studi sebelumnya dari Inggris, AS, Belanda, Belgia, Australia, Denmark, dan Jerman. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi gejala yang memiliki kemungkinan satu dari 20 atau lebih tinggi untuk berubah menjadi kanker.

Sementara mungkin masih ada kemungkinan yang relatif rendah dari pasien dengan gejala-gejala ini untuk benar-benar memiliki penyakit ini, ketua peneliti Dr. Mark Shapley mengatakan bahwa tanda-tanda ini sangat terkait dengan berbagai jenis kanker – dan merekomendasikan agar dokter segera menindaklanjuti untuk mengetahui penyebabnya.

Gejala Kanker yang harus diketahui

Meskipun faktanya sering ada penyebab jinak untuk gejala-gejala ini, para peneliti mengatakan gejala atau tanda-tanda kanker ini harus segera diselidiki untuk menyingkirkan kemungkinan kanker:

1. Anemia / Kekurangan zat besi

Gejala Kanker yang harus diketahui

Westchester Health

Kekurangan zat besi dapat disebabkan oleh sejumlah kondisi termasuk periode menstruasi yang berat, bisul, dan diet yang terlalu rendah zat besi. Tetapi juga bisa menjadi indikasi kanker usus besar. Dalam editorial yang menyertai penelitian di BJGP, Dr. Kevin Barraclough, seorang dokter dari Stroud, menekankan pentingnya memperhitungkan usia pasien ketika mengevaluasi gejala apa pun. Sebagai contoh, “Anemia pada wanita berusia 21 tahun sangat tidak mungkin disebabkan oleh kanker kolorektal, sedangkan pada pria berusia 60 tahun, kanker kemungkinan besar,” katanya.

2. Air Kencing Berdarah

Kencing Berdarah Gejala Kanker yang harus diketahui

mybestmedicine.com

Sementara kehadiran darah dalam urin dapat mengindikasikan kanker urologis, itu juga dapat dijelaskan oleh penyebab yang lebih jinak, seperti olahraga. Seperti halnya gejala potensial kanker lainnya, dokter perlu menindaklanjuti untuk mengidentifikasi penyebabnya.

3. Batuk berdarah

Batuk Gejala dan Penyebab Penyakit Bronkitis

Buoy Health

Ini bisa menjadi tanda kanker paru-paru, tetapi batuk darah (hemoptisis) juga bisa menjadi akibat sederhana dari batuk yang hebat atau hidung berdarah.

4. Kesulitan menelan

Jika Anda kesulitan menelan, itu bisa berarti kanker kepala, leher, atau kerongkongan. Penyebab lain yang mungkin termasuk refluks asam atau penyakit refluks gastroesofageal (GERD), atau bisa sesederhana sakit tenggorokan yang parah.

5. Benjolan payudara

Benjolan Payudara Gejala Kanker yang harus diketahui

Healthline

Benjolan di payudara adalah tanda kanker payudara, oleh karena itu penting untuk mencari evaluasi medis segera jika benjolan terdeteksi. Untungnya, bagaimanapun, sebagian besar benjolan payudara akibat dari kondisi non-kanker seperti berbagai jenis kista atau cedera, menurut Mayo Clinic.

6. Pendarahan pasca-menopause

Pendarahan yang terjadi setelah menopause dapat terjadi karena berbagai alasan, banyak dari mereka benar-benar tidak berbahaya. Tapi itu bisa menjadi tanda kanker serviks, indung telur, rahim, atau vagina. Dokter dapat mengetahui akar masalahnya dengan melakukan tes seperti ultrasonografi dan biopsi.


Baca Juga :


7. Prostat abnormal

Deteksi prostat yang membesar atau benjolan selama pemeriksaan medis bisa berarti kanker prostat, itulah sebabnya diperlukan tes tambahan. Kelainan apa pun juga dapat menunjukkan kondisi jinak yang dikenal sebagai benign prostatic hyperplasia (pembesaran prostat).

8. Dubur Berdarah

Ini bisa menjadi tanda peringatan kanker usus besar, terutama pada kelompok usia yang lebih tua. Sebagian besar orang yang mengalami pendarahan dubur, memiliki wasir atau kondisi lain selain kanker.

Itulah Gejala Kanker yang harus diketahui. Pencegahan dini lebih baik daripada mengobati.

via