Penyakit bronkitis merupakan penyakit yang diakibatkan oleh bakteri sehingga menginfeksi atau meradang kebagian bronkus atau saluran paru-paru. Bronkus sendiri merupakan alat bentuk pipa sempit yang berasal dari trakea dan bisa dihubungkan dengan saluran pernafasan atas yaitu hidung, tenggorokan juga sinus ke paru. Gejala dan Penyebab Penyakit Bronkitis akan dijabarkan pada artikel ini.

Ketika seseorang mengalami penyakit bronkitis, iritasi yang timbul dan peradangan sehingga membuat dinding bronkus memproduksi lebih banyak lendir dari biasanya.

Gejala dan Penyebab Penyakit Bronkitis

  • Gejala Penyakit Bronkitis

Tanda-tanda utama yang terjadi pada seseorang saat mengalami penyakit bronkitis yaitu terjadinya batuk yang terjadi secara terus-menerus, produktif mengeluarkan lendir yang berwarna kuning keabu-abuan atau berwarna kehijau-hijauan. Selain itu ada beberapa tanda-tanda yang timbul saat seseorang terkena penyakit bronkitis, diantaranya sebagai berikut:

  1. Mengalami batuk yang lebih parah dari sebelumnya dan bertahan lebih lama melebihi 3 minggu,
  2. Penyakit demam yang tidak terlalu tinggi lebih dari 3 hari,
  3. Batuk berdahak yang disertai keluarnya darah,
  4. Sakit pada tenggorokan,
  5. Sakit pada kepala,
  6. Hidung tersumbat atau berair,
  7. Penyakit jantung atau paru-paru secara tiba-tiba,
  8. Rasa kelelahan dan lemas secara berlebihan,
  9. Napas yang pendek dan rasanya berat,
  10. Perubahan nada yang menjadi cukup keras,
  11. Pasa nyeri dibagian dada,
  12. Gangguan pada sehingga terganggunya aktifitas sehari-hari.
  • Penyebab Penyakit Bronkitis

Batuk Gejala dan Penyebab Penyakit Bronkitis

Ada perbedaan antara penyebab terjadinya penyakit bronkitis akut dan bronkitis kronis. Jika penyebab bronkitis akut adalah karena adanya virus yang menyebabkan flu, sedangkan penyebab dari bronkitis kronis adalah karena merokok.

Namun ada beberapa hal yang menyebabkan seseorang terkena penyakit bronkitis secara umumnya, antara lain sebagai berikut:

  1. Karena pengaruh lingkungan hidup yang tidak sehat, akan sangat memicu timbulnya penyakit bronkitis,
  2. Adanya virus, bakteri, organisme yang menyerupai seperti bakteri, yang masuk dalam tubuh sehingga timbul penyakit bronkitis,
  3. Disebabkan pola makan yang tidak sehat, faktor ini sangat memicu munculnya beberapa penyakit lainnya, jadi kita harus memperhatikan asupan makanan yang sehat pada tubuh kita,
  4. Dikarenakan kurangnya air putih yang dikonsumsi oleh tubuh, akan sangat berdampak buruk pada kesehatan terutama pada bagian sendi, dan tulang, sehingga menyebabkan timbulnya penyakit bronkitis,
  5. Akibat dari perokok yang aktif, akan sangat berpengaruh buruk pada kesehatan dan memicu timbulnya penyakit,
  6. Pengaruh banyaknya debu, akibat dari banyaknya debu yang masuk pada tubuh akan menganggu kesehatan terutama akan menganggu pada pernafasan,
  7. Dan juga pengaruh udara yang kotor, sama halnya seperti banyaknya debu yang masuk akan menganggu kesehatan terutama pada pernafasan.

Itulah Gejala dan Penyebab Penyakit Bronkitis, Semoga bermanfaat, dengan mengetahuinya kita bisa mencegah Penyakit Bronkitis.

  1. Beranda
  2. /
  3. Artikel
  4. /
  5. Gejala dan Penyebab Penyakit Bronkitis