Investasi, JAKARTA – Bursa Efek Indonesia mengumumkan perdagangan saham PT Repower Asia Indonesia (IDX: REAl) masuk dalam daftar Unusual Market Activity (UMA). Hal ini disebabkan adanya peningkatan harga REAl yang tidak biasa. 

“Pengumuman UMA tidak serta merta menunjukkan adanya pelanggaran terhadap peraturan perundangundangan di bidang Pasar Moda,” jelas Kepala Divisi Pengawasan Transaksi  BEI Lidia M. Panjaitan Irvan Susandy, seperti dikutip Jumat, 20 Agustus 2021. 

Menurut BEI, sehubungan dengan adanya Unusual Market Activity atas saham REAL tersebut, para investor harus lebih bijak dalam bertransaksi. BEI meminta investor lebih memperhatikan jawaban Perusahaan Tercatat atas permintaan konfirmasi Bursa. 

BACA JUGA: Direksi REAL Tak Tahu Yusuf Mansur Borong Saham, Begini Pengakuannya

Investor juga diminta mencermati kinerja perusahaan tercatat dan keterbukaan informasi yang disampaikan. BEI juga meminta investor lebih mengkaji kembali rencana corporate action Perusahaan Tercatat apabila rencana tersebut belum mendapatkan persetujuan RUPS. 

“(Investor perlu) Mempertimbangkan berbagai kemungkinan yang dapat timbul di kemudian hari sebelum melakukan pengambilan keputusan investasi,” tulis BEI. 

Sebelumnya, Jajaran direksi  PT Repower Asia Indonesia Tbk  (IDX: REAL) menyebut tak mengetahui adanya transaksi pembelian saham REAL dari Yusuf Mansur seperti yang ramai diberitakan media. Hal itu seperti disampaikan dalam keterbukaan informasi kepada BEI, Kamis, 19 Agustus 2021 malam. 

BACA JUGA: IPO Global Sukses Solusi (IDX: RUNS), Begini Prospek dan Bidang Usaha

“Manajemen Perseroan tidak mengetahui aktivitas perdagangan saham yang terjadi di pasar sekunder,” ujar Direktur REAL, Rully Muliarto menjawab pertanyaan dari Bursa seperti dikutip, Jumat, 20 Agustus 2021. 

Menurut Rully, sampai dengan saat ini manajemen perseroan secara regular berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait. Di antaranya dengan pihak Biro Administrasi Efek, yang menjadi dasar dalam hal pelaporan pemegang saham yang secara rutin kami laporkan.

Lewat akun instagram @yusufmansurnew, Yusuf Mansur menyebut telah memborong Rp 30 miliar saham REAL atau setara dengan  9 persen dari jumlah modal disetor Perseroan. Yusuf Mansur memborong saham REAL dari UOB Kay Han. UOB Kay Han merupakan penjamin pelaksana efek dari IPO REAL  pada akhir 2019 lalu.

Keluarnya UMA dari BEI ini rupanya membuat saham REAL di pasar anjlok. Pada pembukaan perdagangan saham REAl bertengger di harga Rp 110 turun 6,78 persen dibanding penutupan perdagangan Kamis, 19 Agustus 2021 pada harga  Rp 121. 

Sebelum dibeli Yusuf Mansur, saham REAL sudah tertidur di harga Rp 50. Saat ini banyak investor yang sudah mengantri untuk keluar dari REAL. 

via tempias