Investasi, JAKARTA- Jajaran direksi  PT Repower Asia Indonesia Tbk  (IDX: REAL) menyebut tak mengetahui adanya transaksi pembelian saham REAL dari Yusuf Mansur seperti yang ramai diberitakan media. Hal itu seperti disampaikan dalam keterbukaan informasi kepada BEI, Kamis, 19 Agustus 2021 malam. 

“Manajemen Perseroan tidak mengetahui aktivitas perdagangan saham yang terjadi di pasar sekunder,” ujar Direktur REAL, Rully Muliarto menjawab pertanyaan dari Bursa seperti dikutip, Jumat, 20 Agustus 2021. 

Menurut Rully, sampai dengan saat ini manajemen perseroan secara regular berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait. Di antaranya dengan pihak Biro Administrasi Efek, yang menjadi dasar dalam hal pelaporan pemegang saham yang secara rutin kami laporkan.

Lebih lanjut Rully juga menyebutkan bahwa perusahaan tidak mengetahui adanya transaksi  Rp30 miliar dengan harga Rp50,  seperti yang diberitakan. Sebelumnya, lewat akun instagramnya, Yusuf Mansur menyebut telah memborong 600 juta saham REAL atau setara dengan  9 persen dari jumlah modal disetor Perseroan. 

Bila merujuk Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No. 11/POJK.04/2017 tentang Laporan Kepemilikan atau Setiap Perubahan Kepemilikan Saham Perusahaan Terbuka, maka setiap kepemilikan di atas 5 persen harus disampaikan secara terbuka pada BEI. 

“Sampai dengan saat ini Manajemen Perseroan tidak menerima informasi kepemilikan saham yang melebihi ketentuan pelaporan dari pihak Biro Administrasi Efek.” 

Sebelumnya, merujuk pada publikasi di instagram, Yusuf Mansur memborong saham REAL dari UOB Kay Han. UOB Kay Han merupakan penjamin pelaksana efek dari IPO REAL  pada akhir 2019 lalu.

BACA JUGA: Yusuf Mansur Borong Saham REAL, Ini Prospek & Bidang Usaha Repower Asia

Bedasarkan data yang dipublikasikan KSEI, per 19 Agustus 2021, pemegang saham REAL di atas 5 persen baru ada nama UOB Kay Hian dengan kepemilikan 20,17 persen. Kepemilikan ini dibagi menjadi dalam 7 rekening terpisah dengan penamaan berbeda.

Sedangkan berdasarkan registrasi efek per Juli 2021 yang dilaporkan oleh Biro Administrasi Efek PT Bima Registra 4 Agustus 2021, pemegang saham REAL bulan lalu adalah PT Enam Berlian Sinergi (46,72 persen) dan PT Harmoni Harum Propertindo (15,58

via tempias