Investasi, JAKARTA- PT Bank Pembangunan Daerah Banten (ID: BEKS) mengakui tengah menjajaki kerjasama dengan grup bisnis Amazon.com. Kerjasama akan diarahkan untuk pengembangan perbankan digital. 

Adapun langkah menuju transformasi digital yang dilakukan Bank Banten diantaranya penjajakan terhadap beberapa partner potensial, salah satu di antaranya adalah Amazon Web Service (AWS), yang merupakan anak usaha dari Amazon.com,” ujar Sekretaris Perusahaan Bank Banten, David Aryanto Dwi Saputro, dalam keterbukaan informasi, Jumat, 13 Agustus 2021. 

Penjelasan dari manajemen BEKS merupakan jawaban atas permintaan penjelasan dari Bursa Efek Indonesia. Sebelumnya, Bank Banten disebut-sebut menjadi bank mini mitra potensial gurita bisnis Amazon di Indonesia. 

Potensi kerjasama antara BEKS dan Amazon.com ini sebenarnya bukan hal baru di Tanah Air. Sebagai salah satu penyedia layanan server kelas dunia, Amazon.com memang telah lama melakukan penetrasi pasar Indonesia.

Sejumlah korporasi di Indonesia pun telah memanfaatkan layanan server dari Amazon Web Service (AWS), termasuk di sektor keuangan. Saat ini Amazon memang tengah mengembangkan bisnis server untuk lembaga keuangan. Salah satu fokusnya adalah adanya keamanan layanan data. 

Menurut David, penjajakan kerjasama BEKS dengan Amazon.com merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan pelayanan terhadap seluruh nasabah. Saat ini, Bank Banten berencana untuk melakukan transformasi digital dengan memberikan layanan berbasis digital kepada nasabah. 

“Diharapkan dengan adanya transformasi digital yang dilakukan oleh Bank Banten dapat kian mempermudah nasabah serta masyarakat pada umumnya dalam melakukan transaksi sehingga dengan demikian akan semakin menumbuhkan kepercayaan nasabah, masyarakat dan juga para stakeholder terhadap Bank Banten.”

Sebelumnya, kabar kerjasama antara BEKS dan Amazon dalam beberapa hari terakhir telah mendongkrak saham BEKS hingga menyentuh level Rp 120. Padahal pada awal Agustus 2021 saham BEKS masih di kisaran Rp 92.

Pada penutupan perdagangan Jumat, 13 Agustus 2021, saham BEKS ditutup pada harga Rp 106. Nilai ini turun 3,64 persen dari pembukaan perdagangan pada harga Rp 110. 

via tempias