Smartphone atau ponsel sekarang menjadi bagian dari telekomunikasi modern dalam setiap kehidupan sesorang. Di banyak negara, lebih dari setengah populasi menggunakan telepon seluler dan pasar smartphone tumbuh dengan cepat. Arab Saudi menempati peringkat pertama di antara negara-negara di wilayah teluk dengan proporsi pengguna smarphone tertinggi. Inilah Dampak Radiasi Smartphone pada Tubuh yang harus sobat tahu.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Konferensi PBB tentang Perdagangan dan Pembangunan (UNCTAD). Di negara-negara teluk, Oman menduduki peringkat kedua, diikuti oleh Kuwait dan UEA. Karena milyaran orang menggunakan smartphone secara global, peningkatan kecil dalam dampak terhadap kesehatan dapat memiliki implikasi kesehatan masyarakat yang besar dalam jangka panjang. Selain jumlah panggilan telepon seluler per hari. Lamanya setiap panggilan telepon dan jumlah waktu orang menggunakan telepon seluler merupakan faktor penting yang meningkatkan risiko terkait kesehatan.

Dampak Radiasi Smartphone pada Tubuh

Smartphone memancarkan energi frekuensi radio, suatu bentuk radiasi elektromagnetik non-pengion, yang dapat diserap oleh jaringan yang dekat dengan telepon. Jumlah energi frekuensi radio yang diekspos pengguna smartphone tergantung pada banyak faktor seperti teknologi ponsel, jarak antara ponsel dan pengguna, tingkat dan jenis penggunaan ponsel serta jarak pengguna dari menara ponsel.

Akibat Radiasi Handphone

bbs.tecno-mobile.com

Akibat Radiasi Handphone

  • Penelitian kohort  secara nasional, 355.701 pengguna handphone di Denmark dari tahun 1987 hingga 2007 ditindaklanjuti. Setelah periode setidaknya 20 tahun, sedikit bukti risiko kanker kulit diamati di antara para pengguna handphone.
  • Dalam studi cross-sectional yang dilakukan pada tahun 2008 pada 2000 remaja Swedia berusia 15-19 tahun, sebagian besar peserta menilai, mereka memiliki keluhan kulit seperti ruam dan dermatitis.
  • Sebuah penelitian cross-sectional dimulai pada tahun 1995 termasuk 11982 pengguna GSM dan NMT di Swedia dan 2500 di Norwegia, para penulis mengamati kehangatan risiko rendah di bagian belakang dan sekitar telinga .
  • Sebuah studi cross-sectional pada 17.000 orang di Norwegia dan Swedia menunjukkan 31% pengguna handphone di Norwegia, dan 13% dari mereka di Swedia pernah mengalami setidaknya satu gejala yang mencakup sensasi kehangatan di telinga dan di belakang / di sekitar. telinga, sensasi terbakar di kulit wajah. Sebagian besar gejala kulit biasanya mulai selama atau setelah panggilan dan berlangsung hingga 2 jam tetapi hasil ini menunjukkan kesadaran akan gejala, tetapi tidak selalu merupakan masalah kesehatan yang serius.
  • Survei dilakukan di antara total 330 mahasiswa kedokteran di Universitas King Saud. Studi ini menyajikan gambaran tentang dampak gelombang frekuensi radio pada kesehatan mahasiswa kedokteran di Arab Saudi. Sebagian besar gejala kulit dilaporkan termasuk dermatitis wajah.

Baca Juga :


Para ilmuwan telah melaporkan efek kesehatan yang merugikan dari penggunaan handphone termasuk perubahan aktivitas otak, waktu reaksi, dan pola tidur. Lebih banyak penelitian sedang dilakukan untuk mencoba mengkonfirmasi temuan ini. Ketika handphone digunakan sangat dekat dengan beberapa perangkat medis (termasuk alat pacu jantung, defibrilator implan, dan alat bantu dengar tertentu) ada kemungkinan menyebabkan gangguan pada saat alat tersebut digunakan. Ada juga potensi gangguan antara sinyal ponsel dan elektronik pesawat terbang. Beberapa negara memiliki lisensi penggunaan ponsel di pesawat selama penerbangan menggunakan sistem yang mengontrol daya output ponsel.

Itulah Dampak Radiasi Smartphone pada Tubuh. Jangan berlebihan menggunakan smartphone atau handphone. Jangan pulang tidur disamping smartphone. Sobat sudah tahu loh Akibat Radiasi Handphone. Via 1, 2.