Website – Daftar 10 orang terkaya di dunia kembali diperbarui di tahun 2021 ini. Sosok orang paling kaya tersebut ada yang masih berada di posisi yang sama, ada juga wajah-wajah baru yang kekayaannya berhasil bertambah di tahun ini.

Pandemi yang terjadi sejak akhir tahun 2019 lalu ini rupanya tidak membuat orang-orang ini menyerah. Bisnis yang mereka miliki tetap berjalan dengan menyesuaikan keadaan.

Forbes telah memperbarui daftar orang terkaya di tahun 2021 ini. Mereka pun memiliki jumlah kekayaan yang memang fantastis.

1.   Jeff Bezos

Pendiri Amazon ini masih betah berada di posisi yang sama sebagai orang terkaya di dunia selama empat tahun berturut-turut. Kekayaannya tahun ini bernilai USD117 miliar, naik sebesar USD64 miliar jika dibandingkan tahun sebelumnya. Pandemi yang merontokkan banyak perusaahaan ternyata tidak berlaku pada Amazon.

Basis usaha Amazon yang mengandalkan internet membuatnya semakin diandalkan di masa pandemi ini. Hal itu pula yang membuat harga saham Amazon pun naik.

Perlu kamu ketahui Amazon dulu didirikan Jeff Bezos dimulai dari menjual buku di tahun 1993. Hingga akhirnya usaha itu merambah ke produk yang lebih bervariasi.

2.   Elon Musk

Sepak terjang Elon Musk akhir-akhir ini memang sering disorot oleh media. Ia pun di tahun ini berhasil berada di posisi kedua sebagai orang terkaya di dunia. Pemimpin perusahaan Tesla ini berhasil membawa nilai saham perusahaannya jadi naik sebesar 705%.

Kekayaannya naik sebanyak US126,4 miliar menjadi USD151 miliar di tahun ini. Kenaikan yang sangat fantastis.

Tesla dikenal sebagai perusahaan yang memproduksi mobil listrik yang saat ini persebarannya sudah berada di seluruh dunia. Perusahaan ini juga memiliki lini usaha lain yang masih berkaitan dengan teknologi.

Perusahaan ini berdiri pada tahun 2003, dan berhasil naik menjadi salah satu perusahaan terkemuka di dunia.

3.   Bernard Arnault

Bernard Arnault berhasil menduduki posisi ketiga orang terkaya di dunia pada tahun ini dari bisnis barang mewah yang menjadi favorit banyak orang seperti Louis Vuitton dan Christian Dior. Walaun produk-produknya hanya dibeli oleh kalangan tertentu, ternyata tidak menghalanginya menjadi orang paling kaya di dunia.

Dibandingkan tahun lalu, kekayaannya naik sebesar USD76 miliar menjadi USD150 miliar. Hal ini karena naiknya nilai saham LVMH yang membawahi beberapa perusahaan barang branded di dunia.

4.   Bill Gates

Bill Gates adalah sosok yang paling betah berada di daftar 10 orang terkaya di dunia. Pendiri Microsoft ini memiliki kekayaan sebesar USD124 miliar di tahun ini. Walaupun sudah pensiun, tapi hasil dari transaksi saham Microsoft masih ia dapatkan hingga sekarang.

Kamu pasti sudah tahu bahwa Microsoft adalah perusahaan berbasis teknologi yang selalu melahirkan produk teknologi yang dibutuhkan oleh masyarakat di dunia.

5.   Mark Zuckerberg

Sosok muda di daftar orang paling kaya di dunia ini adalah pendiri Facebook, Mark Zuckerberg. Kekayaannya mencapai USD97 miliar, naik USD42,3 miliar dari tahun sebelumnya. Ternyata hal itu karena kenaikan harga saham Facebook yang mencapai 80%.

Berdiri sejak tahun 2004, Facebook memang masih menjadi salah satu media sosial yang diandalkan oleh banyak orang. Jumlah penggunanya sudah lebih dari 1 miliar pengguna dari seluruh dunia.

6.   Warren Buffett

Orang terkaya di dunia selanjutnya adalah Warren Buffett. Kekayaannya di tahun ini mencapai USD96 miliar. Kamu pasti sudah mengenalnya sebagai investor paling sukses di dunia. Ia sangat ahli dalam memilih saham yang menghasilkan pundi-pundi banyak di masa depan.

Semua kekayaannya itu dari hasil investasinya di perusahaan-perusahaan besar dunia. Kamu yang ingin berhasil di dunia pasar modal bisa menjadikannya sebagai role model.

7.   Larry Ellison

Larry Ellison berhasil menjadi 10 orang paling kaya di dunia dengan jumlah kekayaan USD93 miliar.

Ia adalah pendiri perusahaan teknologi berbasis database yang bernama Oracle. Sama seperti Microsoft, produk-produk Oracle pun digunakan di seluruh dunia.

8.   Larry Page

Larry Page dikenal sebagai salah satu pendiri Google, raksasa teknologi dunia yang produknya sudah tidak asing lagi bagi kita. Kekayaannya di tahun ini mencapai USD91,5 miliar.

Google adalah salah satu perusahaan teknologi yang terus berkembang. Tidak hanya mengandalkan produk mesin pencariannya, penghasilannya pun berasal dari Youtube yang menghasilkan banyak keuntungan untuk perusahaan ini.

9.   Sergey Brin

Sergey Brin adalah rekan Larry Page yang sama-sama mendirikan Google dengannya. Kekayaannya di tahun ini ditaksir sebesar USD89 miliar.

Google didirikan pada tahun 1998, dan dulu tidak sebesar Yahoo. Google kemudian mulai merambah proyek bisnisnya ke produk teknologi lain seperti membeli Youtube, menyediakan software untuk ponsel pintar, dan banyak inovasi lain yang membuatnya menjadi besar seperti sekarang.

10. Mukesh Ambani

Mukesh Ambani adalah satu-satunya orang Asia yang masuk daftar ini. Ia berasal dari India. Memiliki kekayaan sebesar USD84,5 miliar. Usaha yang didirikannya bergerak di bidang teknologi, telekom, pertambangan, dan retail di bawah perusahaan bernama Reliance.

Perusahaan ini adalah warisan dari ayahnya, lalu dibagi dua bersama saudara kandungnya. Namun, ia berhasil membuat perusahaan itu semakin maju hingga mengantarkannya menjadi orang terkaya di dunia.

Itulah daftar 10 orang terkaya di dunia tahun 2021 yang disusun oleh Forbes. Mereka semua adalah pengusaha yang berhasil mengembangkan produk-produk yang digunakan di seluruh dunia. Kebanyakan di antaranya bergerak di bidang teknologi, tapi ternyata ada juga yang bergerak di bidang investasi.

via ajaib