JAKARTA, – Saat musim atau cuaca panas, setiap rumah akan lebih sering menggunakan AC untuk mendinginkan ruangan.

Penggunaan AC yang terlalu sering ini membuat tumpukan es pada bagian luar unit. Hal ini mungkin tampak aneh karena AC yang berfungsi mendinginkan ruangan atau bagian dalam rumah justru menjadi membeku. 

Baca juga: 4 Cara Alami Mendinginkan Rumah Tanpa AC Saat Cuaca Panas

Anda mungkin mengira bahwa kondisi ini adalah tanda AC rusak sehingga perlu diganti, tetapi ternyata tidak selalu benar. Beberapa perawatan sederhana sebetulnya dapat mengatasi masalah tersebut tanpa perlu memperbaiki AC. Bahkan mungkin hanya perlu menyesuaikan kontrol pada alat.

AC yang membeku ini bisa disebabkan sejumlah faktor. Melansir dari laman The Spruce, Jumat (13/8/2021), berikut adalah lima penyebab AC membeku selama pengoperasian. 

Baca juga: Pengaruh AC pada Kesehatan dan Siklus Tidur Menurut Ahli 

Aliran udara buruk

AC bergantung pada aliran udara bebas yang melewati kumparan untuk bekerja dengan baik. Apabila debu, kotoran, atau hambatan lain menumpuk pada kumparan, zat pendingin yang didinginkandalam kumparan tidak dapat menyerap panas dengan baik dari ruangan dan sebaliknya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Akibatnya, AC menyerapnya dari kelembapan pada kumparan sehingga menyebabkan AC membeku. 

Baca juga: 6 Cara Menghemat Energi Saat Menggunakan AC di Rumah

Demikian pula, aliran udara dapat tersumbat jika filter udara yang digunakan untuk sirkulasi udara tersumbat oleh debu, kotoran, atau kotoran seperti bulu hewan peliharaan.

Pastikan membersihkan filter di bagian depan unit. Filter membantu menjaga kumparan tetap bersih. Periksa filter dan bersihkan setiap bulan selama musim dingin.

Terakhir, aliran udara AC dapat terhambat jika furnitur atau gorden menghalangi ventilasi pada AC. Pastikan udara dapat mengalir masuk dan keluar dengan bebas dari AC. 

Baca juga: Cara Mengatur Suhu AC agar Lebih Dingin dan Hemat Energi 

Sistem drain tidak bekerja dengan benar

Proses kumparan evaporator dalam ruangan menyerap panas sehingga menyebabkan uap air mengembun ke kumparan.

via Kompas