Sumber: Pexels

Website – Di era modern saat ini, dunia kerja semakin kompetitif. Tak semua bisa mendapatkan pekerjaan tetap, maka cara lainnya adalah menjadi pekerja lepas atau freelancer. Memang, freelancer bukan profesi yang di idamkan banyak orang. Namun, bila kamu ingin mencari kerja online dibayar jutaan rupiah, ada beberapa situs yang bisa kamu coba.

Apalagi dengan adanya internet, kerja secara online semakin banyak diminati karena bisa dikerjakan di mana saja dan akses yang mudah. Internet bisa jadi penghubung antara pekerja online dengan client. Bahkan tak mereka yang bekerja di kantoran masih ingin mencari penghasilan tambahan dengan menjadi freelancer.

Sementara soal penghasilan, upah yang diterima pekerja freelance tidak sama dengan pekerja tetap. Namun, para freelancer yang sifatnya tidak terikat memiliki kans tidak terikat pula, penghasilan yang didapat bisa lebih kecil atau lebih besar daripada pekerja tetap.

Banyaknya situs dan portal yang ada saat ini memudahkan para freelancer mencari peluang kerja tanpa perlu datang langsung ke kantor calon client. Situs-itus tersebut menawarkan berbagai profesi dan gaji berdasarkan skillyang kamu punya.

Sejumlah situs freelance memberikan kemudahan bagi kamu yang mencari kerja online dibayar jutaan rupiah.

Bagaimana Situs Freelance Bisa Membantu Menghasilkan Uang?

Situs freelance adalah platform untuk para pencari kerja dan pencari jasa saling bernegosiasi memberikan tawaran mereka. Menjadi pekerja lepas tidaklah buruk, justru ini adalah cara cerdas dalam mencari uang melalui hobi dan bidang yang kamu sukai. Kamu memiliki kebebasan melamar pada proyek-proyek yang disukai dan mampu dikerjakan dengan cepat, serta menegosiasikan upahmu.

Melalui website ini, kamu akan dibantu dalam membangun karir sebagai pekerja lepas. Menariknya lagi, situs-situs tersebut juga akan membantu menuntun kamu menemukan calon klien dan memperoleh kepercayaan dari para pencari jasa.

Kamu pun bisa mengambil beberapa proyek berbeda untuk mengasah skill dari klien yang berbeda juga. Dengan begitu, portfolio kamu pun akan terbangun yang akan mendatangkan banyak tawaran proyek.

Rekomendasi Situs Freelance Untuk Mencari Uang

Berikut ini beberapa ulasan situs terbaik untuk para pencari kerja online dibayar jutaan rupiah bahkan dollar.

  • Freelancer

Freelancer merupakan crowdsourcing terbesar dunia dan juga sebagai platform marketplace untuk para freelancing berdasarkan jumlah penggunanya. Disana ada ribuan proyek yang ditawarkan dengan kategori sangat beragam dari seluruh penjuru dunia.

Perusahaan atau pencari jasa bisa memposting proyek yang sedang dijalankan dan bisa dikerjakan oleh freelancer. Di sisi lain, para freelancer diharuskan memasukkan proposal mereka kepada pemilik proyek atau bisnis untuk bisa dipekerjakan.

Besaran bayaran tiap proyek yang diterima tentu tidak sama tergantung kesulitan, kuantitas, dan ketepatan waktu menyelesaikan proyek, Namun, di situs ini kamu yang kerja online dibayar menggunakan dollar AS.

Jika bergabung dengan situs ini, para freelancer bisa menampilkan hasil proyek yang sudah pernah dikerjakan agar bisa menarik perhatian dari calon klien. Fitur semacam ini jadi alternatif terbaik bagi para pencari jasa sehingga tidak harus mengontak satu per satu freelancer.

Keunggulan lainnya dari Fiverr adalah dengan menyediakan pelatihan gratis untuk mengembangkan kemampuanmu dan diajarkan bagaimana cara yang tepat mendapatkan klien. Selain mendapat kerja online dibayar dollar, kamu pun mendapat ilmu.

Upwork dinilai sebagai salah satu situs freelance terbaik karena layanan berkualitas tinggi yang disediakan. Upwork banyak digunakan para pebisnis dari berbagai level di seluruh dunia dan pekerja lepas dengan tingkat kemampuan berbeda.

Tak hanya itu, disini juga kamu dapat memanfaatkan berbagai tool untuk mendukung kelancaran pekerjaanmu, seperti proses rekrutmen yang transparan, pembuat invoice, dan collaborative space.

Beberapa perusahaan terkenal juga menawarkan lowongan di situs ini, seperti Airbnb, Dropbox, Microsoft, dan lain-lain. Sangat cocok bagi kamu yang menginginkan fleksibilitas dalam bekerja.

  • PeoplePerHour

Sampai saat ini pengguna situs ini sudah mencapai sekitar 1,5 juta freelancer dari seluruh dunia. Setiap freelancer akan mendapat rating berdasarkan proyek yang sudah dikerjakan dan penilaian dari klien. Ini sangat berguna untuk membantu meningkatkan personal branding.

Pendaftaran di PeoplePerHour tidak dipungut biaya, namun persaingan di dalam platform ini sangat menantang. Perbedaannya dengan situs lain yaitu adanya fitur dengan menargetkan pencari kerja berbasis lokasi. Fitur ini memungkinkan klien merekrut freelancer dari area lokal di sekitar mereka. Hal yang sama juga berlaku bagi pekerja lepas.

Agak berbeda dengan situs freelancer lainnya, Glints menyediakan lowongan kerja untuk fulltime hingga freelance sehingga cocok bagi mahasiswa yang masih kuliah maupun baru lulus. Tak hanya itu, di Glints kamu bisa mengerjakan proyek-proyek dari klien luar negeri. Sangat bagus untuk memperluas wawasan, koneksi, dan membangun portfolio.

Di Glints juga tak hanya menawarkan kerja online dibayar tetapi disediakan juga layanan kursus online. Bagi para mahasiswa yang mendaftar di situs ini akan mendapatkan lebih banyak manfaat.

  • Writer Access

Jika kamu tertarik dengan pekerjaan di bidang penulisan kreatif, maka Writer Access jadi platform yang tepat. Dalam situs ini tersedia berbagai macam proyek yang berhubungan dengan menulis, mulai dari content writer, artikel online, laporan ilmiah, studi kasus, dan lain-lain.

Keunggulan lain yang ditawarkan adalah adanya tool seperti keyword optimization, content analytics, serta content planner yang membantu pekerjaanmu jadi lebih efisien. Dengan begitu kerja online dibayar itu akan jadi menyenangkan.

Menjadi freelancer yang kerja online dibayar sesuai skill memiliki kelebihan tersendiri, seperti jam kerja yang fleksibel, kebebasan mengerjakan di mana saja. Meski bukan pekerjaan idaman, kamu tetap bisa menjadi profesional sama seperti pekerja tetap dan berpotensi mendapat penghasilan lebih besar karena kamu bisa menegosiasikan gaji sesuai skill yang dimiliki.

via ajaib