Windows 11 mulai diluncurkan pada musim gugur 2021, tetapi waktu untuk dapat melakukan upgrade dari setiap negara berbeda-beda. Jika Anda menjalankan Windows 10, dan ingin melakukan upgrade ke windows 11, mungkin nanti Anda akan mendapatkannya secara gratis melalui Update atau Pembaruan Windows.

Tetapi sebelum melakukan upgrade, Anda harus memenuhi persyaratan sistem minimum untuk Windows 11 untuk dapat mengunduh dan menginstalnya, meskipun Anda berhak mendapatkan salinan gratis.

Pada artikel ini, saya akan memberikan penjelasan yang sangat lengkap tentang bagaimana cara Anda dapat mengupgrade perangkat Windows 10 Anda ke Windows 11 dan berbagai macam penyelesaian jika terjadi kendala atau problem ketika melakukan upgrade ke windows 11.

Daftar Isi

Apakah Windows 11 Gratis?

Loading…

Iya, jika Anda adalah konsumen atau pengguna dengan salinan Windows 10 yang diperoleh secara resmi atau legal, Anda dapat melakukan upgrade ke Windows 11 secara gratis jika Anda memenuhi persyaratan sistem minimum.

Ketika Windows 11 telah siap untuk diluncurkan kepada semua pengguna, Microsoft secara resmi akan meluncurkannya melalui  Windows Update pada Windows 10.

Jika Anda belum memiliki salinan Windows 10 yang terinstall di laptop atau perangkat komputer Anda. Anda bisa membeli lisensi Windows 11 yang akan tersedia untuk dibeli seperti halnya Windows 10.

Fitur-Fitur Windows 11

Diluncurkan pada tahun 2015, Windows 10 akhirnya digantikan oleh sistem operasi baru dari Microsoft yaitu: Windows 11.

Selain merombak tampilan Windows, masih banyak hal menarik yang bisa kita nikmati ketika menggunakan Windows terbaru ini. Artikel ini menjelaskan fitur-fitur eksklusif Windows 11 teratas sehingga Anda dapat membuat keputusan yang tepat apakah melakukan upgrade ke windows 11 adalah pilihan tepat untuk Anda atau tidak.

Menu Start

Cara Upgrade Dari Windows 10 ke Windows 11 [Terlengkap]

Cara Upgrade Dari Windows 10 ke Windows 11 [Terlengkap]

Menu Start dirombak total dengan letak berada di tengah yang sebelumnya di sebelah kiri, dimana bagian atas menu ini menampilkan aplikasi yang disematkan dengan tautan untuk akses mudah ke semua aplikasi yang Anda instal. Bagian bawah telah merekomendasikan file, folder, dan aplikasi yang biasa atau sering Anda gunakan. Log out, Lock, Shutdown, Restart dan tindakan terkait lainnya juga dapat diakses di bagian ini.

Tata Letak Snap

windows 11 snap groups

windows 11 snap groups

Loading…

Di Windows 10, Anda dapat dengan mudah mengubah ukuran jendela untuk mengambil setengah dari layar komputer Anda. Di Windows 11 dengan Snap Layouts, Anda dapat dengan mudah mengubah ukuran dan memposisikan jendela di kuadran mana pun di layar Anda dan mengaturnya sesuka Anda.

Di antara tombol ‘Close’ dan ‘Minimize’ di kanan atas jendela di Windows 11 adalah tombol tata letak yang sekarang dapat Anda klik untuk menyesuaikan kembali dan memposisikan ulang jendela Anda dengan lebih mudah.

Update Windows

windows 11 settings

windows 11 settings

Untuk sebagian besar pengguna Windows 10, banyak pengguna mengkritik cara Windows Updates yang lambat dan mengganggu. Di Windows 11, Microsoft mengambil langkah besar lainnya untuk mengatasi hal ini dengan menjanjikan pembaruan Windows 11 akan menjadi 40% lebih kecil dan dengan demikian akan dikirimkan lebih cepat juga.

Selain itu, Microsoft menjanjikan instalasi Windows Update di background, sehingga pengguna yang merasa terganggu ketika terdapat update, mulai di Windows 11 semua itu tidak akan terjadi, Jadi Anda tetap bisa bekerja dengan komputer Anda ketika sedang proses update.

Widget

windows 11 widgets

windows 11 widgets

Widget, dan fitur serupa lainnya seperti Minat pada taskbar, telah lama menjadi bagian dari Windows, tetapi Windows 10 memilih untuk tidak menggunakan widget itu sendiri dan malah memusatkan fitur semacam itu ke dalam aplikasi yang diluncurkan ke Microsoft Store.

Widget ini kembali di Windows 11: Dalam sekejap, Anda dapat mengakses Widget, yang mencakup berbagai alat dan utilitas berguna yang sering kali khusus untuk Anda dan lokasi Anda, mulai dari cuaca di luar hingga kalender mingguan dan banyak lagi.

Aplikasi Android

windows 11 android apps

windows 11 android apps

Di Windows 11, Anda dapat menjalankan aplikasi Android secara native di perangkat Windows Anda. Di Windows 11, Anda tidak perlu virtual machine Android atau versi lain yang dirancang khusus untuk Windows.

Punya game atau aplikasi tertentu yang hanya tersedia di Android dan ingin Anda gunakan di laptop, tablet, atau desktop? Di Windows 11, hanya perlu beberapa klik di Microsoft Store untuk memulai dan menjalankan aplikasi tersebut.

HDR Otomatis

Jika Anda memiliki konsol game modern dan layar HDR, Anda dapat mengaktifkan HDR pada tingkat sistem, yang secara otomatis mengubah konten SDR tradisional menjadi HDR.

Sekarang, HDR jenis ini hampir tidak sebagus konten yang hadir dengan implementasi HDR-nya sendiri, tetapi bagi pengguna dengan tampilan HDR, kemampuan untuk benar-benar menggunakan konten harian pilihan mereka dalam HDR adalah peningkatan yang bagus.

Kapan Windows 11 Diluncurkan?

Microsoft bermaksud untuk mulai mengirimkan notifikasi update Windows 11 pada PC di musim gugur 2021 dan juga bermaksud untuk memulai peluncuran update Windows 11 melalui Windows Update pada Windows 10 pada waktu yang hampir bersamaan, ini berarti sekitar bulan september sampai desember. Namun, tanggal untuk ini masih belum di tentukan secara terbuka dan kemungkinan besar kita semua bisa menggunakan Windows 11 pada tingkat peluncuran berikutnya yang dijadwalkan pada tahun 2022.

Ketika Windows 11 benar-benar diluncurkan, perangkat komputer Anda harus memenuhi persyaratan sistem minimum sistem operasi, dan meskipun perangkat Anda sudah memenuhi persyaratan sistem minimum tapi tidak ingin melakukan upgrade ke Windows 11, Anda juga tidak akan dipaksa upgrade seperti ketika ada update windows 10 sebelumnya, hal ini dikarenakan Microsoft akan masih terus mendukung secara penuh Windows 10 hingga setidaknya sampai tahun 2025 .

Jika Anda tidak sabar menantikan kehadiran windows 11, Anda bisa mencoba untuk melihat preview windows 11 di perangkat komputer Anda. Silahkan unduh dan instal Windows 11 Insider Preview. Namun, Windows 11 Insider Preview itu juga hanya bisa Anda install jika perangkat Anda memenuhi persyaratan sistem minimum.

Persyaratan Sistem Minimum untuk Windows 11

Berikut ini adalah persyaratan minimum untuk menjalankan Windows 11 di PC, tablet, atau laptop. Untungnya, sebagian besar persyaratan minimum untuk menjalankan Windows 11 ini sangat mirip dengan persyaratan sistem minimum Windows 10.

Namun, satu-satunya perubahan serius pada persyaratan minimum di Windows 11 adalah beberapa fitur khusus yang perlu didukung oleh CPU dan motherboard Anda.

Persyaratan Sistem Minimum Dasar Windows 11

  • CPU: Prosesor 1+ gigahertz dengan dua atau lebih core yang kompatibel dengan sistem operasi 64-bit
  • Memori: 4 gigabyte atau lebih
  • Penyimpanan: 64 gigabyte atau lebih
  • Graphic: GPU yang kompatibel dengan DirectX 12 atau lebih baru dengan dukungan untuk Windows Display Driver Model 2.0
  • TPM : TPM Versi 2.0
  • Resolusi Layar: 720p atau lebih besar
  • Koneksi Internet: Diperlukan untuk penyiapan dan update bersama akun Microsoft

Persyaratan Sistem Minimum Baru untuk Windows 11

Sementara sebagian besar persyaratan sistem minimum untuk Windows 11 tidak jauh berbeda dari Windows 10, ada beberapa persyaratan minimum yang lebih khusus untuk menjalankan sistem operasi baru Microsoft: TPM 2.0, UEFI, dan Safe Boot.

  • TPM 2.0: Trusted Platform Module 2.0 (atau TPM 2.0) adalah chip yang terletak di motherboard yang didukung oleh prosesor tertentu. Jika Anda memiliki prosesor yang didukung, Anda masih harus mengaktifkan TPM (yang terkadang disebut PTT) pada motherboard Anda. Jika Anda memiliki CPU dan motherboard yang relatif modern, kemungkinan perangkat Anda akan mendukung TPM 2.0, dan Anda dapat memeriksa, di dalam Windows 10, untuk melihat apakah Anda sudah mengaktifkan TPM.
  • UEFI: Motherboard lama menggunakan BIOS selama tahap awal booting, sementara UEFI adalah alternatif modern untuk BIOS yang sudah digunakan pada kebanyakan komputer. Namun, BIOS tidak selalu diganti secara penuh, karena ada beberapa motherboard yang masih menggunakan beberapa jenis fungsi BIOS bersama dengan dukungan UEFI.
  • Secure Boot: Secure boot adalah fitur UEFI yang dapat Anda aktifkan sebelum memuat ke Windows untuk keamanan tambahan. Meskipun opsional di Windows 10, Windows 11 membutuhkan Secure Boot. Sekali lagi, dengan perangkat yang relatif modern yang mendukung UEFI, Secure Boot kemungkinan sudah ada di perangkat Anda. Namun, meskipun perangkat Anda sudah mendukung Secure Boot, Anda mungkin harus mengaktifkannya.

Persyaratan CPU Windows 11

Untuk menjalankan Windows 11, Anda memerlukan CPU yang berjalan setidaknya pada 1 GHz dengan dual core atau lebih core. Untungnya, sebagian besar perangkat komputer yang digunakan saat ini sudah memenuhi spesifikasi ini.

Namun, selain persyaratan di atas, CPU Anda juga harus merupakan prosesor 64-bit yang kompatibel yang didukung oleh Microsoft. Meskipun sebagian besar prosesor modern sudah memenuhi spesifikasi ini, pastikan untuk memeriksa daftar prosesor yang didukung Microsoft untuk Windows 11.

Persyaratan Memori Windows 11

Windows 11 membutuhkan minimal 4 gigabyte RAM untuk dijalankan. Ini sering ditulis sebagai Ram 4GB.

Loading…

Namun, RAM 4GB sepertinya tidak cukup karena ini adalah persyaratan minimal. Pastikan Anda memiliki RAM yang lebih besar agar bisa menjalankan Windows 11 secara mulus dan tidak menyiksa kinerja memori Anda..

Persyaratan Penyimpanan Windows 11

Windows 11 membutuhkan setidaknya 64GB ruang kosong. Namun, sebaiknya Anda memiliki lebih ruang kosong yang lebih besar dari persyaratan minimal tersebut, karena seperti yang kita semua ketahui bahwa game dan aplikasi sekarang ini berukuran cukup besar.

Selain itu, meskipun Anda dapat menjalankan Windows 11 pada hard disk drive atau HDD, sangat disarankan untuk menginstal Windows pada solid-state drive atau SSD, yang menawarkan peningkatan kecepatan dan stabilitas yang signifikan.

Persyaratan Grafis Windows 11

Windows 11 memerlukan kartu grafis atau GPU yang kompatibel dengan DirectX 12 dan WDDM 2.0 (Windows Display Driver Model).

DirectX 12 dan WDDM 2.0 diperkenalkan bersama Windows 10 pada tahun 2015, jadi ada banyak dukungan untuk teknologi ini selama lebih dari setengah dekade. Jika Anda dapat menjalankan Windows 10, kemungkinan pengaturan grafis Anda akan menjalankan Windows 11.

Persyaratan Resolusi Tampilan Windows 11

Windows 11 membutuhkan resolusi minimal 720p.

Sebagian besar perangkat dan tampilan komputasi modern mendukung resolusi 720p, jadi kemungkinan besar Anda dapat melakukannya pada perangkat keras yang sudah Anda miliki. 720p pertama kali menjadi populer mulai sekitar tahun 2005, jadi perangkat Anda sudah pasti memenuhinya.

Baca : 5 Cara Memeriksa Kesehatan Hard Disk di Windows 10

Cara Meng-upgrade ke Windows 11

Jika upgrade Windows 11 sudah tersedia, upgrade Windows 10 ke Windows 11 bisa Anda temukan di Windows Update. Saat memenuhi syarat untuk upgrade, periksa update Windows Anda.

Untuk upgrade Windows paling mudah menggunakan layanan Windows Update. Meskipun Anda dapat mendownload pembaruan secara manual dari server Microsoft, melakukan update melalui Windows Update jauh lebih mudah dilakukan.

Caranya, pilih menu Start, diikuti oleh ikon roda gigi/Settings di sebelah kiri. Di sana, pilih Update & Security dan kemudian Windows Update di sebelah kiri.

windows 10 update

windows 10 update

Periksa pembaruan Windows 10 baru dengan memilih Check for Update.

Di Windows 10, pengunduhan dan penginstalan pembaruan dilakukan secara otomatis dan akan segera dilakukan setelah pemeriksaan atau, dengan beberapa pembaruan, pada saat Anda tidak menggunakan komputer.

Setelah file upgrade selesai diunduh, temukan di drive Anda (kemungkinan besar di folder “Download” kecuali Anda mengarahkannya ke tempat lain) dan klik dua kali file untuk memulai instalasi.

Anda akan diminta untuk menyetujui Persyaratan Lisensi. Pastikan untuk mengklik I Agree.

Baca perjanjian lisensi secara menyeluruh sebelum Anda menyetujuinya sehingga Anda akan mengetahui tanggung jawab Anda dan bagaimana Microsoft berencana untuk menggunakan data apa pun yang dikumpulkannya dari PC Anda.

Anda mungkin akan diminta untuk mengklik Install lagi. Lakukan dan ikuti petunjuknya saat muncul.

Anda harus memilih data dan file mana yang ingin Anda simpan. Pastikan untuk memperhatikan di sini agar Anda tidak kehilangan sesuatu yang penting.

Sebaiknya backup semua file dan gambar Anda sebelum Anda mulai mengupgrade komputer Anda, jadi jika terjadi kesalahan, Anda tidak akan kehilangan file data yang penting. Anda mungkin juga ingin menuliskan aplikasi apa yang telah Anda instal bersama dengan kunci akses atau kata sandi dan informasi nama pengguna yang Anda perlukan untuk menginstal ulang aplikasi tersebut jika perlu.

Setelah instalasi selesai, Anda mungkin diminta untuk memasukkan Windows Key Anda. Jika iya, masukkan dan kemudian klik OK atau pilihan afirmatif lainnya yang mungkin muncul.

Dan selesai. Anda sudah menginstal Windows 11 di perangkat Anda dan dapat mulai mengaturnya dengan cara yang paling sesuai untuk Anda.

Cara Memperbaiki Windows 11 Tidak Dapat Diinstal

Jika Anda mencoba menginstal Windows 11 sebagai Insider Program, Anda mungkin mengalami masalah dengan kompatibilitas. Karena Windows 11 memiliki tuntutan yang sedikit lebih ketat untuk sistem hostnya daripada versi Windows sebelumnya, termasuk membutuhkan lebih banyak RAM, lebih banyak ruang penyimpanan khusus, dan prosesor generasi yang jauh lebih baru.

Jika Anda menemui hambatan saat mencoba menginstal Windows 11, ada kemungkinan PC Anda tidak kompatibel. Silahkan baca kembali persyaratan minimum sistem yang sudah saya jelaskan diatas apakah sudah sesuai dengan perangkat komputer Anda.

Bagaimana Cara Memperbaiki Windows Tidak Menginstal?

Ikuti di bawah ini untuk melihat apakah Anda dapat mengetahui bagaimana Windows 11 tidak terinstal dan bagaimana cara menjalankannya kembali:

Periksa spesifikasi Anda. Cari tahu spesifikasi PC Anda dan lihat perbandingannya dengan permintaan resmi. Sangat penting untuk memastikan bahwa Anda memiliki cukup RAM, ruang penyimpanan, dan apakah prosesor Anda cukup modern untuk menjalankannya. Jika Anda menemukan sesuatu yang tidak cocok atau melebihi persyaratan perangkat keras, Anda harus menyesuaikan PC Anda atau menggantinya sebelum dapat menginstal Windows 11.

  • Aktifkan Secure Boot. Jika Secure Boot Dinonaktifkan di UEFI Anda, aktifkan lagi, karena Windows 11 tidak akan menginstal tanpa pengaturan tersebut.
  • Aktifkan TMP 2.0. Jika PC Anda mendukung TMP 2.0, Anda mungkin perlu mengaktifkannya di UEFI/BIOS. Untuk melakukannya, akses UEFI dan cari opsi Trusted Platform Technology. Ini terkadang disebut opsi Intel Platform Trust Technology. Ubah opsinya menjadi Diaktifkan. Kemudian simpan dan keluar.
  • Buat media instalasi baru. Anda juga dapat mencoba menggunakan media instalasi yang berbeda, jika yang asli yang Anda buat rusak. Unduh ISO Windows 11 baru dari sumber resmi dan buat drive atau disk instalasi baru sebelum memulai kembali proses instalasi.
  • Gunakan drive baru. Jika Anda mencoba meningkatkan penginstalan Windows 10, coba instal Windows 11 dari awal di drive baru atau tempat yang berbeda. Atau, format sepenuhnya drive Anda yang ada terlebih dahulu sebelum mencoba menginstalnya.

Sebelum memformat drive apa pun, pastikan untuk membackup semua file data dan informasi penting, atau simpan di drive atau layanan cloud yang berbeda terlebih dahulu.

Mengapa Windows 11 Tidak Mau Menginstal?

Salah satu alasan paling umum Windows 11 tidak dapat diinstal, adalah karena PC Anda tidak memenuhi persyaratan perangkat keras minimum dan tidak kompatibel. Atau, Anda mungkin memiliki media instalasi yang salah.

Mengapa PC Saya Tidak Kompatibel dengan Windows 11?

Windows 11 memiliki persyaratan perangkat keras yang lebih ketat daripada Windows 10, jadi jika PC Anda tidak mengizinkan Anda menginstalnya, Anda mungkin tidak memiliki PC yang memiliki spesifikasi minimum, atau cukup modern untuk menjalankannya.

Jika PC Anda tidak memenuhi spesifikasi seperti yang sudah saya sebutkan diatas, Anda mungkin mengalami kesulitan saat mencoba menginstal Windows 11.

Baca : 12 Cara Mempercepat Windows 10 Anti Lemot

Dan itulah panduan lengkap tentang sistem operasi terbaru dari Microsoft yaitu Windows 11. Mari kita nantikan kedatangannya dan semoga membuat pekerjaan kita menjadi lebih mudah dengan sistem yang terbaru.

Loading…

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

via centerklik