Batuk atau pilek membuat sobat kesal? Direktur Nutrisi Rick Hay mengungkapkan lima cara kita dapat secara alami meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Ada beberapa alasan mengapa orang lebih rentan terserang flu sepanjang tahun ini. Seperti bepergian dengan kereta pengap, berinteraksi dengan teman yang sakit atau hanya lupa untuk mencuci tangan sebelum makan siang. Oleh karena itu simak Cara Meningkatkan Kekebalan Tubuh Secara Alami tanpa obat maupun suntik ke dokter.

Apa pun penyebab batuk atau pilek. Alangkah baiknya jika kita dapat menggabungkan beberapa cara alami yang sehat untuk meningkatkan ketahanan sistem kekebalan tubuh kita.

Cara Meningkatkan Kekebalan Tubuh Secara Alami

Direktur Nutrisi Rick Hay mengungkapkan lima cara alami kita dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita.

Cara Meningkatkan Kekebalan Tubuh Secara Alami

HealthHub

Cara Meningkatkan Kekebalan Tubuh dengan Makan makanan yang berwarna

Makanan berwarna cerah seperti buah beri, sayuran berdaun hijau tua, tomat, ubi jalar, jeruk, ubi jalar, bit, semangka, terong dan kunyit. Semuanya mengandung vitamin dan mineral utama untuk membantu sistem kekebalan tubuh melawan infeksi.

Makanan berwarna juga mengandung fitonutrien. Ini adalah bahan kimia alami yang ditemukan pada tanaman yang dapat membantu mempertahankan fungsi kekebalan tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa mereka juga dapat berperan dalam membantu mencegah penyakit yang berhubungan dengan gaya hidup seperti penyakit jantung dan bahkan kanker.

Dan tidak butuh waktu lama untuk melihat manfaatnya. Sebuah studi meneliti efek suplemen ekstrak buah dan sayuran selama empat minggu. Suplemen buah mengandung buah kering dari jeruk, apel, nanas, cranberry dan buah persik dan sayuran yang berisi wortel, peterseli, bit, brokoli, kale, kubis dan bayam. Hasil menunjukkan bahwa fitonutrien dalam suplemen ini meningkatkan kadar antioksidan dalam minggu pertama.

Cara Meningkatkan Kekebalan Tubuh dengan Sup sayur mengandung rempah-rempah

Makan sup Cara Meningkatkan Kekebalan Tubuh Secara Alami

healthista

Sup tidak hanya bermanfaat dalam menghangatkan sobat selama bulan-bulan yang lebih dingin, tetapi sup juga merupakan cara terbaik untuk meningkatkan asupan gizi sobat. Mengisi sup dengan banyak sayuran kaya nutrisi juga akan meningkatkan konsumsi fitonutrien, membantu menjaga fungsi kekebalan tubuh.

Untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh ekstra, tambahkan bumbu dan rempah-rempah seperti bawang putih, oregano, jahe dan kunyit karena ini memiliki sifat antibakteri dan antivirus. Rempah-rempah ini juga memiliki sifat termogenik yang berarti dapat membantu meningkatkan metabolisme, sirkulasi, dan pembakaran lemak.

Ramuan oregano mengandung dua senyawa yang disebut thymol dan carvacrol yang bertanggung jawab atas efek anti mikroba dan anti jamur. Kunyit rempah-rempah mengandung senyawa safranal yang dapat memberikan kelegaan dari suasana hati yang rendah.

Menambahkan bawang putih tidak hanya akan menambah rasa tetapi juga akan memberikan sifat antibakteri untuk mendukung kesehatan kekebalan tubuh dan menjaga pilek terus-menerus di teluk. Beberapa penelitian bahkan menunjukkan bahwa bawang putih dapat meningkatkan aktivitas sel-sel pembunuh alami. Yang merupakan sel-sel kekebalan yang terlibat dalam mengendalikan dan mengendalikan infeksi virus.

Cara Meningkatkan Kekebalan Tubuh dengan Jus buah atau sayuran segar

Jus Wortel Cara Meningkatkan Kekebalan Tubuh Secara Alami

Merdeka.com

Jus buah dan sayuran segar juga akan membantu meningkatkan asupan antioksidan.

Manfaat kesehatan dari pigmen berwarna yang ditemukan dalam makanan seperti bit, paprika, dan sayuran hijau berdaun membantu produksi oksida nitrat yang telah terbukti membantu kinerja olahraga dan kesehatan jantung. Sayuran hijau juga mengandung magnesium yang membantu sistem saraf dan pada gilirannya, mengarah pada sistem kekebalan tubuh yang lebih sehat.

Nitric oxide (NO) adalah molekul yang memainkan peran penting dalam banyak fungsi dalam tubuh seperti aliran darah, respirasi mitokondria, dan fungsi trombosit.  Trombosit adalah sel darah kecil yang membantu tubuh membentuk gumpalan untuk menghentikan pendarahan. Mitokondria adalah pembangkit tenaga di sel di mana energi dibuat.


Baca Juga :


Telah disarankan bahwa peningkatan produksi oksida nitrat dapat meningkatkan pengiriman oksigen dan nutrisi ke otot aktif. Sehingga meningkatkan toleransi terhadap latihan fisik sehingga meningkatkan kesehatan sistem kekebalan tubuh.

“Membuat jus wortel adalah cara yang bagus untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh ,” kata Hay. Wortel kaya akan beta karoten (antioksidan) yang diubah dalam tubuh menjadi vitamin A. Vitamin pada wortel dapat memperkuat selaput lendir dan meningkatkan kesehatan sistem pernapasan.

Selain itu serat yang ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran juga akan membantu kesehatan usus dan usus yang sehat telah terbukti meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

Buah dan sayuran kaya serat dan juga bertindak sebagai prebiotik yang seperti pupuk bagi bakteri baik di usus , mendorong mereka untuk tumbuh dan berkembang biak. Semakin banyak bakteri baik di usus, semakin baik untuk sistem kekebalan tubuh.