Diare adalah suatu kondisi yang menyebabkan tinja berair. Jika berlangsung terlalu lama, penderita diare dapat mengalami dehidrasi atau memiliki masalah elektrolit. Kita harus tahu Cara Mengobati Diare dengan Mudah.

Dalam kebanyakan kasus diare mendadak, perawatan yang tepat hanya menunggu saja. Tubuh hampir selalu bereaksi terhadap infeksi atau menelan sesuatu yang buruk dengan membersihkan dirinya sendiri dari racun atau bakteri dan setelah selesai, pergerakan usus akan kembali normal. Ketika diare berlangsung lebih dari dua hari atau sering datang, itu mungkin masalah yang lebih besar dan perlu dirawat oleh penyedia layanan kesehatan.

Hindari obat diare, kecuali dokter menyarankan untuk meminumnya. Fungsi diare adalah untuk membersihkan tubuh dari bakteri jahat. Seringkali satu-satunya cara untuk menjadi lebih baik adalah menderita melalui kotoran yang encer.

Cara Mengobati Diare dengan Mudah

Cara Mengobati Diare dengan Mudah

Dr. Axe

1. Tetap terhidrasi

Tubuh dapat kehilangan banyak cairan dan garam saat mengalami diare, menjadikan dehidrasi menjadi perhatian utama. Kotoran yang sering encer dan berair dapat dengan cepat menyebabkan kehilangan cairan. Minumlah banyak cairan bening, tanpa alkohol atau kafein. Susu biasanya akan memperpanjang diare, tetapi mungkin membantu menyediakan nutrisi untuk orang-orang dengan kasus yang sangat ringan. Untuk kasus sedang hingga berat, gunakan larutan elektrolit seperti Gatorade atau Pedialyte.

2. Makan probiotik

Kultur bakteri aktif dalam beberapa yogurt dapat meredakan gejala beberapa jenis diare dan mempersingkat durasinya. Para peneliti tidak yakin persis bagaimana budaya ini membantu dan mereka juga tidak yakin budaya probiotik mana yang efektif.

Ada makanan lain yang mengandung probiotik dan bahkan beberapa bentuk pil di pasaran. Namun, ada jauh lebih sedikit data yang tersedia tentang makanan probiotik selain yogurt. Penelitian yang tersedia difokuskan hampir seluruhnya pada kasus diare ringan, menggunakannya 3 hari sebagai cutoff. Sedikit data yang tersedia pada kasus-kasus yang lebih parah menunjukkan bahwa yogurt probiotik dapat membantu dalam kasus-kasus itu juga, setidaknya dalam memperpendek penyakit satu hari.


Baca Juga :


3. Coba Diet BRAT

Saat berhadapan dengan diare, kita ingin diet tetap lembut. Kita mungkin menemukan yang terbaik adalah hanya memiliki cairan bening selama 24 jam pertama. Kemudian bisa perlahan-lahan menambahkan makanan hambar ke dalam makanan . Beberapa makanan hambar termasuk pisang, nasi, saus apel, dan roti panggang atau dikenal sebagai diet BRAT. Versi terbaru dari diet yang termasuk teh disebut sebagai BRAT. Penelitian menunjukkan tidak ada banyak bukti untuk mendukung manfaat mengikuti diet ini, tetapi mungkin tidak ada salahnya. Pada saat yang sama, walaupun pisang boleh saja untuk orang dewasa, pisang tidak disarankan untuk anak-anak yang muntah. Kerupuk dan kentang yang ditumbuk, dikurangi mentega, dapat menawarkan alternatif yang lebih baik untuk orang dewasa dan anak-anak.

Itulah Cara Mengobati Diare dengan Mudah. Cara Mengatasi Diare untuk anak biasanya menggunakan lacto-b. Jaga selalu kebersihan makanan yang kita makan. Bila sudah beberapa hari tidak sembuh, segera hubungi dokter untuk mendapat perawatan medis.

  1. Beranda
  2. /
  3. Artikel, Kesehatan
  4. /
  5. Cara Mengobati Diare dengan Mudah